Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

LENGKAP! Soal Conditional Sentence Tipe 0, 1, 2, 3 & Pembahasan

Contoh latihan soal materi conditional sentence tipe 0, 1, 2, 3 dan kunci jawaban beserta pembahasan. Ini adalah artikel soal bahasa inggris mengenai conditional sentence yang kesekian kali. Kita tahu bahwa ada 4 tipe conditional sentence, yakni tipe 0,1,2, dan 3. Dikarenakan ada 4 tipe tersebut, ada pembaca yang menginginkan agar contoh soal dibuat berdasarkan 4 tipe conditional sentence.

Jadi, bagi yang belum tahu tentang conditional sentence (kalimat pengandaian) merupakan jenis kalimat yang menyatakan sebuah situasi yang mungkin atau tidak mungkin terjadi, tergantung pada suatu kondisi tertentu. 4 conditional sentence yang umum digunakan dalam bahasa Inggris, yaitu tipe 0, tipe 1, tipe 2, dan tipe 3. Buka Juga : Kumpulan soal B Inggris tentang Conditional Sentence Tipe 0,1,2,3 & Jawaban + Pembahasan

Soal Conditional Sentence Tipe 0, 1, 2, 3 & Jawaban

Perbedaan pokok antara masing-masing tipe conditional sentence terletak pada kondisi yang dijelaskan dalam klausa kondisional dan hasil yang dijelaskan dalam klausa utama. Tipe 0 mengacu pada fakta umum yang selalu terjadi, sementara tipe 1, 2, dan 3 mengacu pada situasi yang mungkin atau tidak mungkin terjadi, tergantung pada suatu kondisi tertentu. Kondisi dan hasil yang dijelaskan dalam klausa kondisional dan klausa utama juga berbeda antara tipe 0, 1, 2, dan 3, sehingga menghasilkan arti yang berbeda dalam kalimat. Jika masih bingungm berikut adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan pokok antara masing-masing tipe conditional sentence beserta contoh soalnya.

1. Tipe 0 conditional sentence (present real conditional)
Tipe 0 digunakan untuk menyatakan situasi yang selalu terjadi atau fakta umum yang benar pada saat ini. Tipe 0 biasanya menggunakan bentuk simple present tense pada klausa utama dan klausa kondisional.
Contoh: If it rains, the streets get wet.

2. Tipe 1 conditional sentence (present unreal conditional)
Tipe 1 digunakan untuk menyatakan situasi yang mungkin terjadi atau mungkin tidak terjadi di masa depan, tergantung pada kondisi tertentu. Tipe 1 biasanya menggunakan bentuk simple present tense pada klausa kondisional dan bentuk will + base form of verb pada klausa utama.
Contoh: If I have time, I will watch a movie.

3. Tipe 2 conditional sentence (past unreal conditional)
Tipe 2 digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa sekarang atau masa depan, tetapi mungkin terjadi di masa lalu jika suatu kondisi tertentu terpenuhi. Tipe 2 biasanya menggunakan bentuk simple past tense pada klausa kondisional dan bentuk would + base form of verb pada klausa utama.
Contoh: If I had a car, I would drive to work.

4. Tipe 3 conditional sentence (past unreal conditional)
Tipe 3 digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lalu, tetapi mungkin terjadi jika suatu kondisi tertentu terpenuhi di masa lalu. Tipe 3 biasanya menggunakan bentuk past perfect tense pada klausa kondisional dan bentuk would have + past participle pada klausa utama.
Contoh: If I had studied harder, I would have passed the exam.

Semoga penjelasan singkat kami mengenai conditional sentence dan 4 tipenya dapat sedikit memberikan pengetahuan kepada para pembaca. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan jawaban beserta pembahasan tentang tipe-tipe conditional sentence.

Contoh Soal Conditional Sentence Tipe 0 & Jawaban

1. If you mix blue and yellow, what color do you get?
a. Green
b. Orange
c. Purple
d. Brown
Jawaban: a
Pembahasan: Tipe 0 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang selalu benar atau situasi yang dapat terjadi berulang-ulang pada kondisi tertentu. Pada contoh soal ini, jika Anda mencampurkan warna biru dan kuning, warna yang akan dihasilkan selalu hijau.

2. If you turn on the tap, what will happen?
a. Water will come out.
b. Nothing will happen.
c. The tap will turn off.
d. The sink will overflow.
Jawaban: a
Pembahasan: Tipe 0 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang selalu benar atau situasi yang dapat terjadi berulang-ulang pada kondisi tertentu. Pada contoh soal ini, jika Anda menyalakan keran air, air akan keluar.

Buka Juga :
1. 30 Soal dan Pembahasan tentang Conditional Sentence Tipe 1, 2, 3
2. Soal B Inggris Bab Conditional Sentence dan Kunci Jawaban 

3. If you eat too much junk food, what happens to your health?
a. It improves.
b. It stays the same.
c. It deteriorates.
d. It becomes perfect.
Jawaban: c
Pembahasan: Tipe 0 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang selalu benar atau situasi yang dapat terjadi berulang-ulang pada kondisi tertentu. Pada contoh soal ini, jika Anda makan terlalu banyak junk food, kesehatan Anda akan memburuk.


4. If you don't brush your teeth regularly, what happens to your teeth?
a. They become whiter.
b. They become stronger.
c. They become cleaner.
d. They become decayed.
Jawaban: d
Pembahasan: Tipe 0 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang selalu benar atau situasi yang dapat terjadi berulang-ulang pada kondisi tertentu. Pada contoh soal ini, jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, gigi Anda akan menjadi berlubang.

5. If you speak two languages, what are you called?
a. Bilingual
b. Monolingual
c. Trilingual
d. Multilingual
Jawaban: a
Pembahasan: Tipe 0 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang selalu benar atau situasi yang dapat terjadi berulang-ulang pada kondisi tertentu. Pada contoh soal ini, jika Anda bisa berbicara dalam dua bahasa, Anda disebut sebagai bilingual.

Soal Conditional sentence tipe 1 & Jawaban + Pembahasan

1. If I __________ enough money, I will buy a new car.
a. have
b. had
c. will have
d. have had
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 1 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang mungkin terjadi di masa depan. Pada contoh soal ini, "have" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang mungkin terjadi di masa depan

2. If you __________ the train, you will be late for the meeting.
a. miss
b. missed
c. will miss
d. have missed
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 1 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang mungkin terjadi di masa depan. Pada contoh soal ini, "miss" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang mungkin terjadi di masa depan.

3. If it __________ tomorrow, we will go to the beach.
a. rains
b. rained
c. will rain
d. has rained
Jawaban: c
Penjelasan: Tipe 1 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang mungkin terjadi di masa depan. Pada contoh soal ini, "will rain" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang mungkin terjadi di masa depan.

4. If she __________ to study harder, she will fail the test.
a. doesn't start
b. didn't start
c. won't start
d. hasn't started
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 1 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang mungkin terjadi di masa depan. Pada contoh soal ini, "doesn't start" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang mungkin terjadi di masa depan.

5. If you __________ to the party tonight, I will be very disappointed.
a. don't come
b. didn't come
c. won't come
d. haven't come
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 1 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang mungkin terjadi di masa depan. Pada contoh soal ini, "don't come" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang mungkin terjadi di masa depan.

Contoh Conditional sentence tipe 2 & Jawaban

1. If I had more time, I __________ a book.
a. would write
b. will write
c. write
d. wrote
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 2 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini. Pada contoh soal ini, "would write" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini.

2. If I __________ the lottery, I would buy a big house.
a. win
b. won
c. will win
d. have won
Jawaban: b
Penjelasan: Tipe 2 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini. Pada contoh soal ini, "won" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini.

3. If she __________ to bed early, she wouldn't be so tired.
a. goes
b. went
c. will go
d. has gone
Jawaban: b
Penjelasan: Tipe 2 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini. Pada contoh soal ini, "went" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini.

4. If I __________ you, I would apologize to her.
a. was
b. were
c. am
d. have been
Jawaban: b
Penjelasan: Tipe 2 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini. Pada contoh soal ini, "were" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini.

5. If it __________, I would go for a walk.
a. didn't rain
b. doesn't rain
c. won't rain
d. hasn't rained
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 2 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini. Pada contoh soal ini, "didn't rain" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa kini.

Soal Conditional Sentence Tipe 0, 1, 2, 3 & Pembahasan

Soal Conditional sentence tipe 3 dan Jawaban + Pembahasan

1. If I had studied harder, I __________ the test.
a. would have passed
b. will pass
c. passed
d. would pass
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 3 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau. Pada contoh soal ini, "would have passed" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau.

2. If she __________ me, I would have helped her.
a. asked
b. asks
c. will ask
d. had asked
Jawaban: d
Penjelasan: Tipe 3 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau. Pada contoh soal ini, "had asked" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau.

3. If we had left earlier, we __________ the train.
a. would have caught
b. will catch
c. caught
d. would catch
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 3 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau. Pada contoh soal ini, "would have caught" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau.

4. If he had studied more, he __________ a better grade.
a. would have gotten
b. will get
c. got
d. would get
Jawaban: a
Penjelasan: Tipe 3 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau. Pada contoh soal ini, "would have gotten" digunakan dalam klausa pengandaian, yang mengindikasikan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lampau.

5. If I had studied harder, I __________ the exam.
a. would pass
b. will pass
c. would have passed
d. had passed
Jawaban: c
Penjelasan: Tipe 3 conditional sentence digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lalu. Pada contoh soal ini, kalimat tersebut menyatakan bahwa seseorang tidak lulus ujian karena tidak belajar cukup keras. Namun, dalam kondisi yang tidak mungkin terjadi di masa lalu tersebut, seseorang bisa saja lulus ujian jika dia telah belajar dengan lebih keras. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "would have passed", yang menunjukkan kondisi yang mungkin terjadi jika situasi masa lalu berbeda.

Semoga soal beserta jawaban dan pembahasan mapel bahasa inggris tentang conditional sentence dapat bermanfaat kepada pembaca. Contoh soal tersebut cukup ampuh digunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman seseorang dalam memahami conditional sentence dan mengetahui perbedaan dari keempat tipe conditional sentence.

Posting Komentar untuk "LENGKAP! Soal Conditional Sentence Tipe 0, 1, 2, 3 & Pembahasan"