Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi

Download Analisis KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017/2018. Setelah sebelumnya kami membagikan artikel tentang KI KD mata pelajaran C3 TKJ SMK yaitu mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan dan Administrasi Sistem Jaringan, maka kali ini  kami akan membagikan KI KD Teknologi Layanan Jaringan.

Sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa mata pelajaran produktif atau sekarang diganti dengan sebutan mata pelajaran C merupakan mata pelajaran inti yang harus diajarkan oleh guru kepada para siswa. Jika kompetensi keahlian yang dipilih siswa adalah kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), maka mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan masuk dalam mata pelajaran C3.

Sekedar informasi, bahwa dalam kurikulum 2013 revisi, ada 3 jenis mata pelajaran yang disampaikan kepada para siswa, yaitu mata pelajaran muatan nasional (mapel A), mata pelajaran muatan kewilayahan (mapel B), dan mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan (mapel C). Ketiga jenis mata pelajaran ini tidak disampaikan seluruhnya, ada yang hanya kelas X, ada yang kelas XI baru disampaikan. Adapun mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan masuk dalam kategori mata pelajaran C3 (Kompetensi Keahlian). Artinya, mata pelajaran ini mulai di ajarkan kepada para siswa kelas XI dan XII.

KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi

Dasar Hukum KI KD Teknologi Layanan Jaringan K13 SMK TKJ

Berkaitan dengan dasar hukum KI KD mata pelajaran C3 SMK TKJ ini, kami mengacu pada keputusan pemerintah, yaitu melalui Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tentang spektrum SMK Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi informasi tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Dalam surat keputusan tersebut, ditetapkan tanggal pengesahan SK yaitu tanggal 9 Juni 2017. Pemberlakuan SK ini, tentu saja secara otomatis menggantikan peraturan yang lama tentang spektrum SMK. Jika anda penasaran dengan isi dari SK Dirjen tersebut, anda dapat melihat salinan SK pada akhir artikel yang sudah kami siapkan. Namun, jika anda ingin mengetahui tentang sprktrum kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ

Jika anda mengikuti perkembangan kurikulum sekolah, tentu akan sangat asing dengan apa yang ada pada isi spektrum SMK tersebut. Dalam kurikulum 2013 revisi, terdapat istilah baru yaitu adanya istilah KI atau kepanjangan dari Kompetensi Inti. Adanya KI merupakan salah satu implementasi pemerintah dalam pengembangan pendidikan karakter.

Ada 4 KI yang ada pada kurikulum 2013 ini, yaitu KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. Keempat KI ini mempunyai peran yang berbeda-beda, antara lain KI 1 menekankan pada aspek sikap spiritual, KI 2 menekankan aspek sosial, KI 3 menekankan aspek pengetahuan, dan KI 4 menekankan pada aspek keterampilan.

Namun, seiring perkembangan pendidikan, KI 1 dan KI 2 hanya ada pada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn. Untuk mata pelajaran lain yang awalnya mempunyai KI 1 dan KI 2, dihapuskan pada kurikulum 2013 revisi. Nah, untuk KD atau kepenjangan dari Kompetensi Dasar tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya.

KI Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa hanya ada 2 KI yang ada pada mata pelajaran selain pendidikan agama dan PPKn, yaitu KI 3 dan KI 4. Hal ini berarti, mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan mempunyai KI 3 dan KI 4 saja. Untuk kompetensi spiritual dan sosial silahkan dimasukkan dalam penyusunan silabus dan RPP Teknologi layanan jaringan. Berikut ini KI Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi

KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ

KD mata pelajaran teknologi layanan jaringan SMK terdiri dari 18 KD yang sudah ditetapkan pemerintah. Meskipun terbilang banyak, KD ini dipelajari selama 2 tahun, yaitu kelas XI dan kelas XII. Selain itu, jumlah jam pembelajaran yang disediakan pemerintah juga cukup banyak, yaitu 6 jam dikelas XI, dan 8 jam di kelas XII. Jadi, jumlah KD yang berisi 18 KD ini tidak bermasalah.

Sama halnya dengan KI yang dibagi menjadi 2, untuk KD teknologi layanan jaringan juga dibagi menjadi 2 jenis KD, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Hal ini berarti tiap satu unsur dalam kompetensi dasar harus mempunyai 2 komponen tersebut. (Anda dapat melihat KD mapel di bawah ini).

Contohnya KD 3.1 dan KD 4.1, terdapat kata “memahami” dan “menyajikan” aplikasi komunikasi data. 2 kata depan ini memiliki arti yang berbeda, jadi penerapannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ.

3.1 Memahami ragam aplikasi komunikasi data.
4.1 Menyajikan karakteristik ragam aplikasi komunikasi data
3.2 Menganalisis berbagai standar komunikasi data.
4.2 Menyajikan berbagai standar komunikasi data
3.3 Menganalisis proses komunikasi data dalam jaringan.
4.3 Menyajikan hasil analisis proses komunikasi data
3.4 Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara.
4.4 Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
3.5 Menganalisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan.
4.5 Menyajikan hasil analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan
3.6 Menganalisis kebutuhan beban / bandwidth jaringan.
4.6 Menyajikan hasil analisis kebutuhan beban/bandwidth jaringan
3.7 Memahami konsep kerja protokoler Server softswitch.
4.7 Menalar konsep kerja protokoler Server softswitch
3.8 Memahami diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
4.8 Menalar diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
3.9 Memahami bagan dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
4.9 Menyajikan bagan dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
3.10 Menerapkan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch.
4.10 Melakukan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
3.11 Menerapkan prosedur instalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
4.11 Menginstalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
3.12 Memahami konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
4.12 Menyajikan hasil konfigurasi eksistensi dan dial-plan Server softswitch.
3.13 Memahami fungsi firewall pada jaringan VoIP
4.13 Menalar fungsi firewall pada jaringan VoIP
3.14 Memahami prinsip kerja subscriber internet telepon
4.14 Menalar prinsip kerja subscriber internet telepon
3.15 Menerapkan konfigurasi pada subscriber internet telepon
4.15 Membuat konfigurasi subscriber internet telepon.
3.16 Mengevaluasi kerja sistem komunikasi VoIP
4.16 Mengelola kerja sistem komunikasi VoIP
3.17 Mengevaluasi perawatan sistem komunikasi VoIP
4.17 Melakukan perawatan sistem komunikasi VoIP
3.18 Menganalisis permasalahan sistem komunikasi VoIP
4.18 Melakukan perbaikan sistem komunikasi VoIP

Orang lain juga membuka :
1. Download KI KD Administrasi Sistem Jaringan (TKJ SMK) K13 Revisi
2. KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK TKJ K13 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

Analisis KI KD mata pelajaran teknologi layanan jaringan TKJ SMK K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017. Bagi yang penasaran dengan SK tersebut, anda dapat melihat salinan SK dari Dirjen di bawah ini. Adapun bagi teman-teman yang ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak

Link : Download KI KD Teknologi Layanan Jaringan TKJ SMK

Demikian artikel tentang analisis/ download KI KD Teknologi Layanan Jaringan TKJ SMK K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD KI KD sudah tersedia jika ingin menyimpan artikel ini.

Posting Komentar untuk "KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi"