KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK TKJ K13 Revisi

Iklan (Tutup)
Iklan (Tutup)
Loading...
KI KD Administrasi Infrastruktur jaringan SMK TKJ Kurikulum 2013 (K13) revisi 2017 2018. Melanjutkan pembahasan kami, jadi pada kali ini kami akan membagikan KI KD salah satu kompetensi SMK (Teknik Komputer dan Jaringan/ TKJ), yaitu mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Namun, sebalum kami sampaikan KI KD dari mata pelajaran tersebut, perlu kita ketahui tentang apa itu administrasi infrastrukur jaringan.

Jadi, administrasi infrastruktur jaringan yaitu sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan untuk mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar. Secara umum, pekerjaan ini dikerjakan oleh seoarang administrator yang bertugas untuk : instalasi dan konfigurasi server dan aplication software, membuat dan mengelolah user, back up dan restore file, mengkonfigurasi keamanan sistem, menggunakan tool untuk memonitor keamanan jaringan.

Seorang siswa SMK kompetensi keahlian TKJ minimal harus menguasai beberapa keterampilan tersebut. Apa lagi, perkembangan teknologi yang super cepat ini harus disesuaikan dengan pendidikan di Indonesia, oleh karena itu pemerintah melalui kementrian pendidikan mengeluarkan Surat Keputusan tentang spektrum SMK.

Dasar Hukum KI KD mapel Administrasi Infrastruktur Jaringan K13 SMK TKJ

Surat Keputusan Pemerintah tentang spektrum SMK dinyakakan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi informasi tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Surat Keputusan tersebut jika kita baca mulai berlaku mulai tanggal 9 Juni 2017, dan menggantikan peraturan yang sebelumnya. Jika kalian penasaran dengan isi peraturan pemerintah tersebut, kami sudah melampirkan salinan Surat Keputusan tersebut, di akhir artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda dapat mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK TKJ

Ada yang menarik terkait dengan isi dari spektrum SMK dalam SK terbaru tersebut. Dalam kurikulum 2013 revisi, dikenal adanya istilah baru, yaitu KI yang merupakan singkatan dari Kompetensi Inti. KI sendiri pada awal K13 diberlakukan, terdiri dari 4 KI, yaitu KI 1 hingga KI 4. Masing-masing KI mempunyai tujuan yang berbeda-beda, antara lain KI 1 lebih menekankan pada aspek sikap spiritual, KI 2 aspek sikap sosial, KI 3 aspek pengetahuan, dan KI 4 aspek keterampilan.

Adanya KI ini merupakan salah satu implementasi pemerintah dalam pendidikan karakter. Namun, dikarenakan adanya suatu hal, maka sekarang untuk K13 revisi ini hanya mempunyai 2 KI saja, yaitu KI 3 dan KI 4. Untuk KI 1 dan KI 2 diberikan kepada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

Selanjutnya yaitu KD atau lebih kita kenal dengan sebutan Kompetensi Dasar. Tentang pengertian kompetensi dasar ini tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP 2006). Namun, isi dari KD yang ditentukan oleh pemerintah ini banyak direvisi untuk mempersiapkan SDM yang siap menghadapi Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI)

KI Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK TKJ

KI mata pelajaran yang ada pada C3 TKJ ini mempunyai 2 KI, yaitu KI 3 (kode = 3), dan KI 4 (kode = 4). KI ini merupakan gambaran secara umum tentang harapan dari lulusan siswa TKJ. Berikut ini KI Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK TKJ K13 Revisi

KD Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK TKJ

Untuk KD mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ SMK terdiri dari 17 KD yang dipelajari selama 2 tahun, yaitu kelas XI dan kelas XII. Jadi tidak masalah jika jumlah KD ada banyak. Selain itu, jumlah jam pelajaran tiap minggu juga lumayan banyak, yaitu 6 jam untuk kelas XI, dan 9 jam untuk kelas XII.

KD dalam kurikulum 2013 revisi ini terbagi menjadi 2 jenis KD, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Nah, antara KD 3 dan KD 4 tidak ada perbedaan materi, namun terdapat perbedaan “kata depan”. Contohnya KD 3.1 dan KD 4.1, terdapat kata “mengevaluasi” dan “mengkonfigurasi”. Dikarenakan 2 kata ini mempunyai makna yang berbeda, tentu penerapannya juga berbeda. Jika masih penasaran dengan KD mapel Administrasi Infrastruktur Jaringan, berikut ini KD yang ditetapkan pemerintah.

3.1 Mengevaluasi VLAN pada jaringan
4.1 Mengkonfigurasi VLAN
3.2 Mengevaluasi permasalahan VLAN
4.2 Melakukan perbaikan konfigurasi VLAN
3.3 Memahami proses routing
4.3 Mengkaji jenis-jenis routing
3.4 Mengevaluasi routing statis
4.4 Mengkonfigurasi routing statis
3.5 Menganalisis permasalahan routing statis
4.5 Memperbaiki konfigurasi routing statis
3.6 Mengevaluasi routing dinamis
4.6 Mengkonfigurasi routing dinamis
3.7 Mengevaluasi permasalahan routing dinamis
4.7 Memperbaiki konfigurasi routing dinamis
3.8 Mengevaluasi internet gateway
4.8 Mengkonfigurasi NAT
3.9 Menganalisis permasalahan internet gateway
4.9 Memperbaiki konfigurasi NAT
3.10 Mengevaluasi firewall jaringan
4.10 Mengkonfigurasi firewall jaringan
3.11 Menganalisis permasalahan firewall
4.11 Memperbaiki konfigurasi firewall
3.12 Mengevaluasi manajemen bandwidth
4.12 Mengkonfigurasi manajemen bandwidth
3.13 Menganalisis permasalahan manajemen bandwidth
4.13 Memperbaiki konfigurasi manajemen bandwidth
3.14 Mengevaluasi load balancing
4.14 Mengkonfigurasi load balancing
3.15 Mengevaluasi permasalahan load balancing
4.15 Memperbaiki konfigurasi load balancing
3.16 Mengevaluasi Proxy Server
4.16 Mengkonfigurasi Proxy Server
3.17 Menganalisis permasalahan Proxy Server
4.17 Memperbaiki konfigurasi Proxy Server

Orang lain juga membuka :
1. Download KI KD Administrasi Sistem Jaringan (TKJ SMK) K13 Revisi
2. KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ SMK K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan surat keputusan Dirjen terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen tentang KI KD kompetenti keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ SMK

Demikian artikel tentang KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan TKJ SMK K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD sudah tersedia apabila anda ingin mengamankan artikel ini.

1 comments so far

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon