Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download KI KD Administrasi Sistem Jaringan (TKJ SMK) K13 Revisi

Analisis download KI KD Administrasi Sistem Jaringan TKJ SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017/ 2018. Melanjutkan artikel kami tentang kumpulan KI KD bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi SMK, maka kali ini kami akan membagikan artikel tentang KI KD (kompetensi keahlian) administrasi sistem jaringan.

Sebagai bagian dari mata pelajaran SMK, khususnya kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), administrasi sistem jaringan masuk dalam kategori mata pelajaran C3 (kompetensi keahlian), yang wajib untuk ada dan disampaikan kepada para siswa kelas XI dan XII. Jadi, kelas X belum di sampaikan kepada para siswa.

Sekedar informasi, bahwa dalam kurikulum 2013 revisi ini, mata pelajaran yang disampaikan kepada para siswa terbagi menjadi 3 jenis mata pelajaran, yaitu mata pelajaran muatan nasional (mapel A), mata pelajaran muatan kewilayahan (mapel B), dan mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan (mapel C). Mata pelajaran C ini, terbagi menjadi 3 kategori, yaitu C1 (Dasar Bidang Keahlian), C2 (Dasar Program Keahlian), dan C3 (Kompetensi Keahlian). Untuk lebih jelas dalam memahami struktur mata pelajaran TKJ SMK, berikut ini kami sampaikan pembagian mata pelajaran SMK TKJ K13 Revisi terbaru.


Dasar Hukum KI KD mapel Administrasi Sistem Jaringan K13 SMK TKJ

Regulator atau aturan yang kami gunakan sebagai dasar dalam penyampaian KI KD Administrasi Sistem Jaringan yaitu mengacu pada Surat Keputusan Pemerintah yang dinyakakan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tentang spektrum SMK Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi informasi tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Tanggal 9 Juni 2017 merupakan tanggal pemberlakuan aturan tersebut dan menggantikan peraturan yang sebelumnya. Bagi yang penasaran dengan isi Surat Keputusan pemerintah tersebut, kami sudah melampirkan salinan surat tersebut, di akhir artikel. Anda dapat mengunduh (download) SK tentang spektrum SMK di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Administrasi Sistem Jaringan SMK TKJ

Dalam kurikulum 2013 revisi ini ada yang menarik, yaitu adanya istilah KI yang merupakan singkatan dari Kompetensi Inti. KI ini merupakan salah satu implementasi pemerintah dalam pendidikan karakter. KI sendiri pada awal Kurikulum 2013 diberlakukan, terdiri dari 4 KI, yaitu KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. Tiap KI memiliki tujuan yang berbeda-beda, antara lain KI 1 berisi aspek sikap spiritual, KI 2 berisi sikap sosial, KI 3 berisi aspek pengetahuan, dan KI 4 berisi aspek keterampilan. Namun, K13 revisi ini hanya mempunyai 2 KI saja, yaitu KI 3 dan KI 4. Adapun KI 1 dan KI 2 hanya terdapat pada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

Selanjutnya yaitu KD atau singkatan dari Kompetensi Dasar. Pengertian kompetensi dasar ini tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP 2006), yaitu materi pokok yang harus disampaikan kepada para siswa. Namun, isi dari KD yang ditentukan oleh pemerintah sudah direvisi untuk mempersiapkan SDM yang siap menghadapi dunia kerja.

KI Administrasi Sistem Jaringan SMK TKJ

Sebagai mata pelajaran C3, maka KI mapel administrasi sistem jaringan mempunyai 2 KI, yaitu KI 3 (kode = 3), dan KI 4 (kode = 4). KI ini merupakan gambaran secara umum tentang harapan dari lulusan siswa TKJ. Berikut ini KI Administrasi Sistem Jaringan SMK TKJ.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.


KD Administrasi Sistem Jaringan SMK TKJ

Sama seperti KD mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan, mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan juga terdiri dari 17 KD yang dipelajari selama 2 tahun, yaitu kelas XI dan kelas XII. Dikarenakan jumlah jam yang diberikan, tentu ini bukan masalah yang besar. 6 jam untuk kelas XI, dan 8 jam untuk kelas XII.

Untuk membedakan antara KD pengetahuan dan KD kerterampilan, anda dapat melihat perbedaan pada kode KD yang diberikan pemerintah. Kode 3 untuk KD pengetahuan, dan kode 4 untuk KD keterampilan. Nah, antara KD 3 dan KD 4 tidak ada perbedaan materi, namun terdapat perbedaan “kata depan”. Contohnya KD 3.1 dan KD 4.1, terdapat kata “menerapkan” dan “menginstalasi”. 2 kata ini memiliki makna yang berbeda, jadi penerapannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat dan membaca KD Administarsi Sistem Jaringan SMK TKJ K13 revisi berikut ini.

3.1 Menerapkan sistem operasi jaringan
4.1 Menginstalasi sistem operasi jaringan
3.2 Mengevaluasi DHCP Server
4.2 Mengkonfigurasi DHCP Server
3.3 Mengevaluasi FTP Server
4.3 Mengkonfigurasi FTP Server
3.4 Mengevaluasi Remote Server
4.4 Mengkonfigurasi Remote Server
3.5 Mengevaluasi File Server
4.5 Mengkonfigurasi File Server
3.6 Mengevaluasi Web Server
4.6 Mengkonfigurasi Web Server
3.7 Mengevaluasi DNS Server
4.7 Mengkonfigurasi DNS Server
3.8 Mengevaluasi Database Server
4.8 Mengkonfigurasi Database Server
3.9 Mengevaluasi Mail Server
4.9 Mengkonfigurasi Mail Server
3.10 Mengevaluasi Control Panel Hosting
4.10 Mengkonfigurasi Control Panel hosting
3.11 Mengevaluasi Share Hosting Server
4.11 Mengkonfigurasi Share Hosting Server
3.12 Mengevaluasi Virtual Private Server
4.12 Mengkonfigurasi Virtual Private Server
3.13 Mengevaluasi dedicated hosting Server
4.13 Mengkonfigurasi Dedicated Hosting Server
3.14 Mengevaluasi VPN Server
4.14 Mengkonfigurasi VPN Server
3.15 Mengevaluasi sistem kontrol dan monitoring
4.15 Mengkonfigurasi sistem kontrol dan monitoring
3.16 Mengevaluasi sistem keamanan jaringan
4.16 Mengkonfigurasi sistem keamanan jaringan
3.17 Menganalisis permasalahan sistem administrasi
4.17 Melakukan perbaikan sistem administrasi

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Teknologi Layanan Jaringan SMK TKJ (Kelas XI, XII) K13 Revisi
2. KI KD Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK TKJ K13 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

Analisis KI KD Administrasi Sistem Jaringan TKJ SMK K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen tentang KI KD kompetenti keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK/MAK. Bagi yang ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak

Link : Download KI KD Administrasi Sistem Jaringan TKJ SMK

Demikian artikel tentang analisis/ download KI KD Administrasi Sistem Jaringan TKJ SMK K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD KI KD sudah tersedia jika ingin menyimpan artikel ini.

1 komentar untuk "Download KI KD Administrasi Sistem Jaringan (TKJ SMK) K13 Revisi"

  1. Terima kasih atasu share doc nya, semoga jadi amal kebaikan.... ijin download

    BalasHapus