Latihan Soal Materi Interaksi Sosial Dan Dinamika Sosial

Latihan Soal Materi Interaksi Sosial Dan Dinamika Sosial - Berikut ini adalah latihan soal yang bisa di gunakan Bapak/Ibu guru untuk melatih siswa-siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar materi interaksi sosial.

A. Soal Esai Interaksi Sosial

1.      Pengertian interaksi sosial adalah ….
2.      Wulan meniru gaya belajar Nisa, merupakan salah satu faktor interaksi sosial yaitu . . .
3.      Abdan ingin menjadi sama dengan tokoh idolanya. merupakan salah satu faktor interaksi sosial yaitu . . .

Latihan Soal Materi Interaksi Sosial Dan Dinamika Sosial

4.      Dina merasa sedih karena Yulia sakit. merupakan salah satu faktor interaksi sosial yaitu . . .
5.      Galih prihatin dengan kondisi yang dialami oleh warga Situ Gintung yang terkena musibah. Galih menyumbangkan semua tabungannya untuk membantu korban. merupakan salah satu faktor interaksi sosial yaitu . . .
6.      Syarat terjadinya interaksi sosial adalah ...
7.      Pemerintah Indonesia mengimpor beras dari Thailand yang ditukar dengan pesawat terbang produksi PT Dirgantara Indonesia, merupakan bentuk kerjasama berupa . . .
8.      Partai Keadilan Sejahtera dan partai Amanat Nasional bergabung dalam menghadapi pemilihan kepala daerah tingkat provinsi Jawa Barat. merupakan bentuk kerjasama berupa . . .
9.      Pasangan suami istri yang sedang konflik menemui seorang ustadz yang bijak untuk dimintai nasihatnya, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
10.   Pengertian akomodasi adalah ….
11.   Pihak-pihak yang bertikai mengundang pihak ketiga untuk memutuskan perkara, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
12.   Peyelesaian konflik melalui pengadilan, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
13.   Konflik di Ambon diselesaikan dengan cara mempertemukan pihak-pihak yang bertikai untuk mencapai kesepakatan bersama, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
14.   Konflik diselesaikan dengan saling menghargai antarpihak yang bertikai, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
15.   Konflik diselesaikan dengan paksaan dari pihak yang lebih kuat atau berkuasa, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
16.   Pihak yang berkonflik berhenti pada titik tertentu karena kekuatan seimbang, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
17.   Pihak yang berkonflik mengurangi tuntutan agar mencapai penyelesaian, merupakan bentuk akomodasi yang berupa. . .
18.   Pengertian akulturasi adalah ….
19.   Masuknya Epos Mahabarata dan Ramayana dari kebudayaan India dalam cerita wayang di Indonesia merupakan contoh terjadinya ….
20.   Pengertian asimilasi adalah ....
21.   Pengertian kontravensi adalah ….
22.   Pertentangan antara orang kulit putih dan kulit hitam di Amerika Serikat merupakan pertentangan ....
23.   Kontak sekunder adalah ....
24.   Semua pihak yang berperan memberikan nilai, norma, dan peran social kepada individu sehingga berperilaku dewasa sesuai dengan harapan masyarakat disebut…
25.   Andi yang dahulunya berambut hitam tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Andi tersebut dilakukan karena semua teman-temannya juga berambut pirang. Agen sosialisasi dari kasus tersebut adalah….

B. Soal Kasus Interaksi Sosial


Pada masyarakat suku pedalaman terdapat desa-desa terpencil, dengan jumlah warga yang banyak. Keadaan mereka jauh tertinggal dibanding dengan masyarakat lainnya. Kebutaan akan teknologi baru semakin membawa mereka ke arah ketertinggalan serta menjadikannya sebagai masyarakat terpinggirkan. Ketika kebutuhan hidup mereka belum tercukupi sepenuhnya, mereka dihadapkan pada dunia baru yang penuh dengan kecanggihan teknologi.

Situasi ini menjadikan mereka hidup di dunia baru yang berlari jauh meninggalkan cara hidup lama mereka. Inilah kehidupan sebagian besar masyarakat Papua. Tradisional dan tertinggal.

Kaji dan pahamilah kasus di atas! Apa yang menyebabkan ketertinggalan masyarakat papua? Tinjaulah bagaimana proses interaksinya bila dikaitkan dengan lambatnya Dinamika Sosial yang terjadi.

Silahkan download soal di atas melalui link berikut.

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon