PAL (Prak Ak Lembaga)

Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah


Selamat datang para murid-muridku, siswa siswi akuntansi SMKN 1 Bangsri. Kali ini kami akan memperkenalkan halaman web yang kami fungsikan untuk membantu kalian semua dalam pembelajaran, khususnya yang sedang menjalankan prakerin dan mengikuti mata pelajaran yang diampu oleh Bapak Muttaqin atau saya sendiri.

Jangan pernah berpikir bahwa menjalankan prakerin membuat kalian semua dibebastugaskan dari segala macam hiruk pikuk pembelajaran di sekolah. Kalian semua masih mempunyai kewajiban untuk mengikuti pembelajaran, meskipun tidak seberat yang ada di sekolah. Mengingat kalian tetap harus memprioritaskan tugas dan kewajiban kalian di tempat Prakerin.

Sekedar informasi saja, bahwa pada tahun pelajaran 2017/2018, ada beberapa mata pelajaran yang saya ampu, antara lain :
1. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur
2. Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah
3. Akuntansi Keuangan
4. Komputer Akuntansi

Khusus untuk halaman ini, akan dibahas tentang pembelajaran mata pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga, untuk mapel lain, insya allah menyusul.

Selam satu tahun, ada beberapa materi yang akan kalian pelajari, antara lain :
Semester 1
1. Konsep dasar Akuntansi Pemerintah
2. Persamaan dasar akuntansi, jurnal, dan laporan keuangan
3. Pencatatan pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah
4. Struktur pengelolaan keuangan desa

Semester 2
1. Pendapatan satuan kerja perangkat daerah
2. Belanja dan beban satuan kerja perangkat daerah
3. Akuntansi Pembiayaan

Dikarenakan anda sedang menjalankan prakerin, tentu materi di atas akan kita pelajari secara perlahan alias tidak buru-buru. Ketika kalian pulang dari prakerin, akan di bahas lebih detail lagi. Untuk sementara ini, silahkan kalian belajar bersama teman satu instansi.

Ngomong-ngomong, apa kalian sudah tahu itu akuntansi lembaga/ instansi pemerintah? Jadi begini, akuntansi lembaga atau akuntansi instansi biasanya disebut dengan sebutan akuntansi publik. Akuntansi ini merupakan ilmu akuntansi yang digunakan untuk membuat laporan keuangan instansi/ pemerintah, lembaga sosial, masjid, sekolah, rumah sakit, puskesmas, yayasan, dan sebagainya. Intinya ilmu akuntansi publik ini untuk instansi yang tidak cari untung.

RS, Puskesmas, masjid, kan tidak cari untung, karena sifatnya sosial. Hal ini berbeda dengan ilmu akuntansi yang selama ini kalian pelajari, yang mana biasanya digunakan untuk perusahaan swasta yang orientasinya pada keuntungan.

Sudah sedikit paham ya, tentang apa itu akuntansi publik. Selanjutnya akan kita pelajari masing-masing bab yang sudah kami sampaikan di atas.

Bab 1 Konsep Dasar Akuntansi Pemerintah
Subbab 1 : Organisasi Sektor Publik dan Sektor Swasta
Subbab 2 : Kedudukan Akuntansi Publik (Lembaga Pemerintah)
Subbab 3 : Akuntansi Pemerintah (Pengertian, Karakteristik, dan Prinsip)
Subbab 4 : Sistem Pencatatan dan Basis Akuntansi Pemerintah

Bab II Persamaan Dasar, Siklus Akuntansi, dan Laporan Keuangan Pemerintah
Materi sedang dibuat...

Tugas Selama PKL

Tugas Anda selama prakerin yaitu membaca materi-materi yang kami bagikan (tinggal diklik subbab nya untuk melihat materi), kemudian meresum materi-materi tersebut, ditambah membuat 5 soal essay dan jawabannya (bebas) tiap subbab. Jadi di tiap subbab, anda mempunyai resuman materi dan latihan soal beserta kunci jawabannya.  Tugas ini dikerjakan di buku tulis dan dinilai setelah pulang PKL.

Paham ya, sama tugas kalian?
Jika tidak paham, silahkan tanyakan yang tidak kalian pahami di kolom komentar. OK?


Remidi UAS Gasal SMKN 1 Bangsri 1819

Berakhirnya Ulangan akhir semestar gasal tahun pelajaran 2018 2019 membawa konsekuensi yang harus dijalani oleh para siswa. Khusus untuk mata pelajaran akuntansi yang diajar oleh pak muttaqin, tugas remidinya yaitu mengerjakan lagi soal UAS kemarin, sampai mendapatkan nilai minimal 70 dengan alokasi waktu 90 menit. Dikarenakan soal ini adalah soal online, jadi bisa dikerjakan dimanapun berada dan sampai kapanpun.

Adapun batas KKM mata pelajaran yang diampu oleh pak muttaqin, KKM yang awalnya adalah 75 diturunkan menjadi 70. Jadi, jika kalian mendapatkan nilai 70 ke atas, silahkan untuk tidak mengerjakan tugas berikut ini.

Jika masih ada pertanyaan terkait dengan mekanisme remidi, kami tunggu pertanyaan kalian di kolom komentar. Terima kasih... 

Sekedar tambahan, untuk soal remidi yang baru jadi yaitu soal praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur. Untuk soal mata pelajaran lain, menyusul. Semoga dapat bermanfaat....

Cara pengerjaan sangat mudah, langkah-langkahnya antara lain :
1. Masukkan nama depan dan nama belakang anda
2. Kerjakan soal 1 s/d 50
3. Jika kesulitan, silahkan membuka buku, atau jika masih belum ketemu jawabannya, di lewati saja. Dikerjakan nanti setelah anda selesai membuka soal.
4. Setelah semua soal terjawab, di soal ke 50 akan muncul tombol "Jawaban Saya". Silahkan di klik, dan lihat hasilnya.
5. Jika anda masih gagal, silahkan mencoba kembali sampai anda kompeten, tetapi jika sudah mendapatkan nilai 70, selamat ya, kamu sudah kompeten.

==================================
==================================
==================================
==================================

3 comments

Penilaian nya gimana pak??

yang dirangkum 4 subab itu pak?

Sementara ini baru 4 sub bab, sub bab yang lain akan kami susulkan.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon