Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Modul Ajar SMK AKL Elemen 1 sampai 8 Kurikulum Merdeka

Contoh lengkap modul ajar SMK kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) Elemen 1 sampai 8 Kurikulum Merdeka. Sesuai judul di atas, kali ini kami akan membagikan salah satu modul ajar atau pergantian nama/ istilah dari RPP pada kurikulum 2013 atau KTSP. 


Perubahan istilah dari RPP menjadi modul ajar ini tidak hanya perubahan istilah, tapi ada banyak hal yang berubah. Hal ini lah yang membuat para guru mengalami banyak kendala, karena modul ajar benar-benar baru bagi para guru. Apalagi jika kita melihat contoh yang disajikan pemerintah mengenai modul ajar yang terdiri dari banyak halaman. Tentu membuat para guru semakin pusing.


Jika RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas dan dibuat untuk membantu guru dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut, maka Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media,  metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang  secara sistematis dan menarik. Dari sisi pengertian, tentu modul ajar lebih kompleks dibandingkan RPP.

Download Modul Ajar SMK AKL Elemen 1 8 Kurikulum Merdeka

Meskipun pemerintah membuat banyak contoh terkait modul ajar, tidak semua mata pelajaran diberi contoh. Apalagi untuk SMK yang terdiri dari banyak kompetensi keahlian. Oleh karena itu, kami akan membagikan contoh modul ajar SMK Kurikulum Merdeka untuk bidang keahlian bisnis dan manajemen pada kompetensi keahlian/ program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga.


Dalam penyusunan modul ajar, kita harus mengetahui elemen dan capaian pembelajaran yang telah disampaikan pemerintah dan tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka yang mulai berlaku pada tahun pelajaran 2022-2023.


Adapun capaian pembelajaran dalam surat keputusan tersebut pada program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga terdapat pada halaman 626, antara lain sebagai berikut :


Elemen 1 : Proses bisnis di bidang akuntansi dan keuangan lembaga

Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan tahapan proses akuntansi secara menyeluruh baik akuntansi pada perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur antara lain menerapkan prinsip praktik profesional dalam bekerja, menerapkan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, memproses entry jurnal, memproses buku besar, menyusun laporan keuangan, serta mengoperasikan paket program pengolah angka/ spreadsheet.


Elemen 2 : Perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu terkini di bidang akuntansi dan keuangan lembaga

Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan perkembangan standar akuntansi mulai dari pembukuan secara manual sampai kepada penggunaan teknologi sebagai alat bantu, serta memahami perkembangan aplikasi komputer akuntansi yang banyak digunakan di dunia industri dan dunia kerja.


Elemen 3 : Profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang akuntansi dan keuangan lembaga

Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan profesi akuntansi lulusan SMK untuk mendapatkan gambaran pekerjaan pada Level 2 KKNI Teknisi Akuntansi Junior serta meningkat menjadi Level 4 KKNI Teknisi Akuntansi Muda sehingga terinspirasi untuk mempelajari dengan tekun dan menumbuhkan rasa ingin tahu untuk mengikuti pembelajaran, menerapkan etika profesi akuntansi dengan baik agar mendapatkan kepercayaan dari atasan maupun kepuasan pengguna, sehingga menginspirasi dalam terbangunnya renjana (passion), rencana pengembangan diri, dan kebanggaan terhadap profesi akuntansi, serta mampu membaca peluang pasar dan usaha, serta melaksanakan pembelajaran berbasis projek nyata.


Elemen 4 : Lingkup kerja pada bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan siklus akuntansi pada perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur, baik secara manual maupun menggunakan aplikasi komputer akuntansi.


Elemen 5 : Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH)

Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E peserta didik mampu merapikan area kerja, menyiapkan dan mengecek peralatan kerja, menerapkan perilaku kerja aman di area kerja, mengidentifikasi bahaya dan pengendalian resiko, menerapkan praktik-praktik kesehatan diri dan keselamatan kerja, memahami upaya perlindungan kerja dengan baik, sehingga selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaannya di tempat kerja serta menerapkan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).


Elemen 6 : Etika profesi di bidang akuntansi dan keuangan lembaga

Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E peserta didik mampu melakukan identifikasi pedoman, prosedur, dan aturan yang berkaitan dengan industri jasa keuangan dan profesi profesi yang ada dalam industri jasa keuangan, mengidentifikasi etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan dalam pelaksanaan pekerjaan, mengidentifikasi kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan lembaga.


Elemen 7 : Prinsip-prinsip dan konsep akuntansi dasar dan perbankan dasar

Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan pengertian akuntansi, tujuan pencatatan akuntansi, pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi, prinsip-prinsip akuntansi, serta konsep akuntansi dasar dan perbankan dasar.


Elemen 8 : Penggunaan aplikasi pengolah angka (spreadsheet)

Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase E peserta didik mampu mengoperasikan paket program pengolah angka (spreadsheet), mengolah data berdasarkan karakter, mengolah data berdasarkan rumus, mengolah data menggunakan fungsi, membuat format, serta membuat diagram.


Dalam pemberian contoh modul ajar AKL pada elemen kurikulum merdeka tersebut kami tidak dapat memposting langsung pada halaman situs ini, oleh karena itu silahkan download contoh modul ajar Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada link di bawah ini.


1. Link Download Bahan Ajar Elemen 1

2. Link Download Bahan Ajar Elemen 2

3. Link Download Bahan Ajar Elemen 3

4. Link Download Bahan Ajar Elemen 4

5. Link Download Bahan Ajar Elemen 5

6. Link Download Bahan Ajar Elemen 6

7. Link Download Bahan Ajar Elemen 7

8. Link Download Bahan Ajar Elemen 8


Semoga artikel kami terkait modul ajar AKL kurikulum merdeka tersebut dapat memberikan inspirasi dalam menyusun dan mengembangkan modul ajar akuntansi. 

Posting Komentar untuk "Download Modul Ajar SMK AKL Elemen 1 sampai 8 Kurikulum Merdeka"