Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Microsoft Excel (Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan)

Microsoft Excel (pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangan). Kali ini kami akan mengajak anda untuk lebih jauh mengetahui fungsi serta manfaat microsoft excel atau kegunaan microsoft excel dalam membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari. Sekaligus akan kami jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan microsoft excel. 

Namun, sebelum kami sampaikan fungsi, kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Excel, akan kami sampaikan terlebih dahulu tentang apa itu Microsoft excel. Jangan sampai kita mengetahui tentang fungsi, kelebihan, dan kekurangan Microsoft Excel, namun tidak mengetahui apa itu atau pengertia dari Microsoft Excel. 

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple. Jika pekerjaan atau aktifitas sehari-hari anda berkaitan dengan keuangan, maka excel akan banyak membantu mempermudah kehidupan anda. 

Microsoft Excel Fungsi Manfaat Kelebihan Kekurangan

Fungsi Microsoft Excel

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

1. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

2. Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

3. Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika

4. Membuat berbagai macam grafik dan diagram.

5. Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

6. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

7. Melakukan analisa serta riset harga.

8. Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.

9. Melakukan konversi mata uang.

10. Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.

11. Dan masih banyaklain sebagainya.

Manfaat Microsoft Excel

Sebagai software pengolah kata, ada banyak sekali manfaat dari aplikasi Microsoft Excel yang mungkin baru kita ketahui. Beberapa diantaranya yaitu : 

1. Bidang Akuntansi

Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

2. Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

3. Pengelolaan Data

Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

4. Pembuatan grafik

Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

Kelebihan Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang cukup popular, meskipun sudah bermunculan aplikasi spreadsheet yang lain. Namun, dikarenakan Microsoft Excel adalah salah satu software yang muncul terlebih dahulu, tentu sudah mendapatkan brand yang besar di masyarakat. Berikut ini beberapa kelebihan dari Microsoft Excel.

1. Tampilan yang nyaman dan mudah digunakan.

2. Dapat dipakai diberbagai OS mulai dari windows sampai Mac OS.

3. Lisensi yang tersedia dalam jumlah grosir.

4. Ekstensi file (.xls) yang kompatible dengan berbagai program lain.

5. Bisa membaca ekstensi (.csv)

6. Lembar kerja yang besar dan luas.

7. Tidak memakan banyak RAM.

8. Membantu segala macam pekerjaan dalam mengolah angka.

Kekurangan Microsoft Excel

Selain memiliki kelebihan, wajar jika microsoft excel juga memiliki kekurangan. Kekurangan Microsoft Excel antara lain sebagai berikut:

1. Butuh Banyak Latihan

Ketika hampir semua orang bisa menggunakan Excel dan mulai mengisi tabel dan mendapatkan manfaat penuh dari berbagai fiturnya, pengguna Excel masih membutuhkan banyak latihan agar mahir menggunakannya.

Pengguna yang tidak terbiasa menggunakan sintaks atau cara penulisan rumus excel Excel dalam suatu perhitungan dan menggunakan fungsi lainnya, maka pengguna Excel akan menghadapi rasa frustasi atau kesal karena belum mempunyai pemahaman yang kuat.

2. Kesalahan Perhitungan

Ketika fungsi perhitungan otomatis Excel membuat kelompok perhitungan dalam jumlah yang besar terlihat, sebenarnya hal itu tidak tepat karena sebenarnya tidak benar-benar mudah.

Hal ini dikarenakan program Excel tidak memiliki sarana untuk memeriksa kesalahan yang dibuat pengguna selama proses entri data, yang bisa berakibat pada timbulnya kesalahan informasi yang bisa menimbulkan masalah. Sebagai contoh adalah seperti yang dilaporkan Tim Worstall dari majalah Forbes, yang melaporkan bahwa JP Morgan kehilangan miliaran dolar karena kesalahan persamaan di Excel yang mereka gunakan.

Kepada Peserta Didik SMK Negeri 1 Bangsri

Jika ingin melaksanakan perbaikan PAS, silahkan kerjakan di bawah ini :


3. Memakan waktu

Memasukkan data secara manual ke Excel bisa saja membutuhkan waktu yang sangat lama, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien.

4. Ongkos/biaya akses

Menggunakan Microsoft Excel asli tidaklah gratis. Versi berbasis cloud dari Excel memerlukan langganan untuk Office 365, sedangkan edisi desktop dipatok dengan harga beli yang tidak murah terlebih untuk kalangan pengguna rumahan. sumber: www.kelasexcel.id, www.perangkatkasir.co.id

Posting Komentar untuk "Mengenal Microsoft Excel (Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan)"

Berlangganan via Email