Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh RPP PAI 1 Lembar SMA SMK Kelas X XI XII (Agama Islam)

Contoh RPP PAI BP 1 Lembar SMA SMK Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 Revisi. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan salah satu contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) di SMA SMK pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP), dengan format terbaru yaitu hanya 1 lembar. 

RPP 1 Lembar ini jangan diartikan berarti hanya sebanyak 1 lembar tiap RPP ya, namun istilah untuk menyederhanakan proses pembuatan RPP. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, yang mana RPP dibuat menjadi beberapa halaman yang cukup tebal. Dengan adanya RPP 1 lembar ini diharapkan dapat membuat pekerjaan administrasi para guru menjadi berkurang, sehingga dapat focus mengajar para siswa.

RPP 1 Lembar SMA SMK Kurikulum 2013 (Pendidikan Agama Islam dan BP)

Kami harap, artikel ini menjadi artikel yang cukup lengkap dalam membagikan contoh RPP PAI 1 Lembar SMA/SMK mulai dari kelas X, XI, dan XII. Mungkin jika anda membuka blog lain, anda hanya akan menjumpai RPP 1 lembar hanya Sebagian kompetensi dasar saja, namun pada blog ini, kami akan membagikan artikel tentang RPP PAI 1 lembar ini yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar. 

Misalnya RPP PAI 1 lembar PAI SMA/SMK kelas X terdiri dari beberapa kompetensi dasar, kelas XI beberapa kompetensi dasar, dan kelas XII juga beberapa kompetensi dasar. Mohon maaf, jika kami tidak dapat membagikan semua kompetensi dasar yang ada pada SMA/SMK dikarenakan tidak semua SMA/SMK mempunyai kebijakan yang sama. Jadi, silahkan disesuaikan dengan khasanah lokal yang ada pada daerah atau sekolah masing-masing.

Namun, kami harap dengan adanya beberapa kompetensi yang ada pada RPP PAI 1 lembar ini dapat menjadi contoh ketika Bapak/Ibu membuat RPP 1 lembar di sekolah masing-masing. RPP 1 lembar mata pelajaran PAI ini sangat mudah di buat kok. Cukup mengganti KD, tujuan dan kegiatan yang ada pada pembelajaran. Jika anda sungguh-sungguh, insya allah RPP ini dapat anda buat dalam waktu satu hari saja. Begitu ya… Saya harap teman-teman guru tetap semangat dalam Menyusun RPP ini.

Oh ya, kami hampir lupa menyampaikan, bahwa jika pembaca cocok dengan KI dan KD yang ada pada RPP PAI 1 lembar ini, anda dapat mendownload atau mengunduh RPP PAI 1 lembar ini dalam bentuk pdf atau word. Jadi kami mempersilahkan Bapak/Ibu jika ingin mendownload RPP 1 lembar PAI pdf/ word.

Daftar Kompetensi Dasar PAI SMA/SMK

Nah, sebelum kami membagikan tentang RPP PAI 1 lembar ini, maka kami perlu menyampaikan KD yang ada pada RPP PAI ini. Mengapa perlu kami sampaikan, hal ini agar kita mempunyai persamaan dasar dalam penyusunan RPP SMA/SMK PAI 1 lembar ini. Berikut ini KD yang ada pada RPP PAI ini.

1. Kompetensi Inti Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Kompetensi Dasar yang pertama kami sampaikan yaitu Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual) dan Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial). Berikut ini beberapa kompetensi inti yang ada pada RPP PAI 1 lembar.
1.1 Membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama; 2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah QS al-Anfal (8):72,QS al- Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis terkait
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama; 2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis terkait
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Memberi Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir ; 2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al- Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
1.4 Dan Seterusnya

Contoh RPP PAI 1 Lembar SMA SMK Kelas X XI XII Agama Islam

2. Kompetensi Inti Pengetahuan dan Keterampilan
Kompetensi Inti 3 (Aspek Pengetahuan) dan Kompetensi Inti 4 (Aspek Keterampilan) yang kami jadikan sebagai dasar dalam penyusunan RPP 1 lembar antara lain :
3.1 Menganalisis QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
3.4 Menganalisis makna beriman kepada malaikat- malaikat Allah swt.
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam Islam.
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
3.7 Dan Seterusnya

RPP 1 Lembar Pendidikan Agam Islam (PAI) SMA/SMK

Jika anda sudah merasa sama dengan KI dan KD yang kami sampaikan di atas, maka berikut ini kami sampaikan beberapa contoh RPP 1 Lembar PAI SMA/SMK.
1. Contoh RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X

2. Contoh RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI 


3. Contoh RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII


Nah, demikian penyampaian kami terkait RPP PAI SMA/SMK 1 lembar. Semoga contoh yang kami sampaikan ini dapat memberi semangat kepara Bapak/Ibu guru dalam menyusun perangkat pembelajaran lain, seperti Program Tahunan, Program Semester, Silabus, KKM, dan lainnya. Jangan lupa, LINK DOWNLOAD RPP PAI ada di bawah. Jika anda menghrapkan RPP 1 lembar mata pelajaran lain, silahkan di buka di bawah ini juga.

1 komentar untuk "Contoh RPP PAI 1 Lembar SMA SMK Kelas X XI XII (Agama Islam)"

  1. Tampilkan RPP Pai kelas xi materi merawat jenazah scr islami

    BalasHapus