Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

40 Soal Pilihan Ganda PERILAKU KONSUMEN dan Jawaban

Contoh soal pilihan ganda dan jawaban perilaku konsumen. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu latihan soal yang kami miliki, yaitu artikel pertanyaan tentang perilaku konsumen. Perilaku konsumen sendiri terdiri dari beberapa hal yang menjadi dasar terkait bagaimana konsumen membuat keputusan pembelian suatu produk.

Materi tentang perilaku konsumen ini sendiri biasanya sudah dipelajari oleh siswa SMP/ MTs dan SMA/ MA/ SMK. Namun, juga dipelajari oleh mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi (PT). Tidak heran jika perilaku konsumen dipelajari oleh beberapa jenjang, karena memang sangat penting untuk dipelajari, jika kita ingin membuat bisnis dan mengembangkannya.

Soal dan Jawaban Perilaku Konsumen 

Hal ini lah yang membuat kami, ingin membagikan contoh soal atau pertanyaan tentang perilaku konsumen. Dalam contoh soal ini, kami hanya membagikan satu jenis soal saja ya, yaitu jenis soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Mohon maaf, kami belum bisa membagikan jenis soal lain, seperti soal esai, uraian, atau bahkan soal kasus tentang perilaku konsumen.

Akan tetapi, semoga dengan banyaknya soal yang kami bagikan dalam artikel ini, yaitu berjumlah sekitar 40 soal, bisa menutupi kekurangan kami dalam membagikan soal tentang perilaku konsumen. Ditambah lagi, kami juga sudah membagikan kunci jawaban atau pembahasan soal ini.

Kunci jawaban soal perilaku konsumen ini dapat anda lihat dengan mudah kok. Letaknya yaitu berada di akhir artikel. Memang sengaja kami letakkan pada akhir artikel, dengan harapan para pembaca berkenan untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang perilaku konsumen yang ada pada artikel ini.

Semoga saja sih tidak ada kunci jawaban yang salah pada artikel ini. Namun, jika ada menjumpai ada kunci jawaban yang salah, mohon hubungi kami melalui kolom komentar. Silahkan masukkan nomor soal yang jawabannya salah, maka secepatnya akan kami perbaiki.

Oh ya, LINK DOWNLOAD soal perilaku konsumen ini sudah kami siapkan kok. Jadi begini, bagi anda yang merasa cocok dengan soal ini, anda dapat dengan mudah mendownload soal dengan cara klik saja Tombol Download Soal yang ada pada akhir artikel. Nanti anda akan diarahkan menuju halaman download. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan jawaban tentang perilaku konsumen. 

Soal Pilihan Ganda Perilaku Konsumen dan Jawaban

1. Kelompok individu yang pindah ke luar kota, namun masih melakukan pulang pergi ke tempat pekerjaan di kota dengan gaji yang tinggi. Dalam membagi pasar kaya, kelompok orang tersebut sebagai ...
a. Welthy landowners
b. Equity-rich suburban expatriates
c. Suburban transplants
d. City folks with country homes

2. Cara kehidupan sosial dibentuk dalam sistem budaya dinamakan …
a. Struktur budaya
b. Struktur sosial
c. Ekologi
d. Ideolog

3. Meskipun masing-masing budaya berbeda, namun ada 4 dimensi yang muncul untuk menjelaskan perbedaannya, salah satunya yaitu …
a. Budaya diyakini
b. Invented
c. Uncertainty avoidance
d. Budaya dipelajari

4. Supaya mempunyai pengaruh yang kuat dalam sebuah masyarakat, maka budaya harus diimplementasikan dan disebarluaskan oleh banyak orang dalam masyarakat yang bersangkutan. Hal ini merupakan pengertian dari hal …
a. Dilestarikan
b. Dipelajari
c. Diyakini
d. Ditemukan

5. Salah satu makanan pokok bagi warga negara negara barat seperti Inggris, Amerika Serikat adalah Roti. Akan tetapi Roti tidak menjadi makanan pokok di negara Asia. Hal tersebut adalah contoh dari...
a. Budaya itu ditemukan
b. Budaya itu serupa tapi tidak sama
c. Budaya diyakini
d. Budaya dipelajari

6. Peran kaum perempuan dalam keluarga masih kurang apabila mempunyai anak perempuan dan masih dianggap sebagai beban di India. Hal ini dikarenakan adanya aturan-aturan adat yang berlaku terhadap perempuan, contohnya yaitu mas kawin yang harus dibayar pihak perempuan untuk bisa menikah. Hal tersebut adalah contoh dari...
a. Masculinity/femininity
b. Uncertainty avoidance
c. Individualism
d. Power distance

7. Konsumen merupakan manusia yang pada dasarnya tunduk pada kepentingannya sendiri dan terhadap usaha promosi para pemasar. Apabila konsumen dipersepsikan sebagai pembeli yang cenderung tidak rasional dan menuruti kata hati, maka konsumen tersebut masuk dalam kategori….
a. Perspektif Emosi
b. Perspektif Kognitif
c. Perspektif Ekonomi
d. Perspektif Pasif

8. Gold Star merupakan salah satu contoh merek yang dianggap konsumen tidak mempunyai keunggulan tertentu. Hal tersebut menurut daftar merek termasuk dalam kelompok….
a. Rangkaian merek yang tidak laku
b. Rangkaian merek yang tidak aktif
c. Rangkaian merek yang tidak layak
d. Rangkaian merek yang diminati

9. Ketika konsumen sadar tentang adanya kebutuhan yang mungkin bisa terpuaskan dengan membeli atau mengkonsumsi suatu produk adalah pengertian dari …
a. Keputusan pembelian
b. Pengenalan Masalah
c. Pencarian informasi sebelum pembelian
d. Evaluasi alternative

10. Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen terbagi menjadi 3 jenis pembelian. Nah,  berikut ini yang tidak termasuk ketiga jenis pembelian tersebut adalah …
a. Pembelian berdasarkan komitmen jangka pendek
b. Pembelian kembali/berulang
c. Pembelian ujicoba
d. Pembelian berdasarkan komitmen jangka panjang

11. Agar penjualan meningkat, maka perusahaan melakukan komunikasi dengan memakai iklan cetak/non cetak yang dirancang secara kreatif. Akan tetapi, pengiklan kadang terjebak secara tidak sadar dalam pelanggaran norma dan etika beriklan. Contoh dari iklan tersebut yaitu …
a. Acara piknik
b. Keluarga yang harmonis
c. Dengan menggunakan wanita terlalu fulgar atau lelaki kekar
d. Pemandangan alam

12. Berikut ini yang merupakan salah satu dari model perilaku konsumen yaitu …
a. Model kontemporer
b. Model makro ekonomi
c. Model mikro ekonomi
d. Model tradisional

13. Sikap bisa dipakai sebagai alat untuk melindungi citra diri seseorang dari ancaman. Jadi terkadang ekspresi yang ditunjukan merupakan kebalikan dari persepsinya terhadap sikap yang seharusnya dimilikinya. Hal ini termasuk dalam fungsi sikap....
a. Fungsi pengetahuan
b. Fungsi ego-defensif
c. Fungsi penyesuaian
d. Fungsi ekspresi nilai

14. Konsumerisme dipandang sebagai seperangkat kegiatan bisnis, pemerintah, organisasi independen, dan konsumen yang peduli, dengan tujuan melindungi hak-hak konsumen. Pengertian konsumerisme ini dikemukakan oleh …
a. Amstrong dan Kotler
b. Mowen dan Minor
c. Loudon dan Bitta
d. Stuart dan F.J. Schlink

15. Motivasi yang dipakai untuk memahami atau menyimpulkan penyebab dari berbagai peristiwa adalah termasuk salah satu pengaruh utama motivasi yang didefinisikan oleh…
a. Ernest Ditcher
b. McGuire
c. McClelland
d. Maslow

16. Pak Ali secara tiba tiba mengatakan bahwa beliau ingin mempunyai rumah karena selama ini ngontrak terus. Dalam hal ini, peran motivasi adalah contoh dari….
a. Kebutuhan ego
b. Kebutuhan rasa aman
c. Kebutuhan fisiologis
d. Kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan

17. Status sosial, gaya hidup, dan kepribadian merupakan merupakan pengelompokan konsumen berdasarkan…
a. Perilaku
b. Geografi
c. Psikografi
d. Demografi

18. Mendesain produk yang akan ditawarkan, menetapkan harga produk, dan cara mengkomunikasikan produk serta menentukan cara untuk menyampaikan produk kepada konsumen apakah melalui perantara atau langsung.Hal ini dinamakan …
a. Analisis lingkungan pasar
b. Segmentasi pasar
c. Rancangan bauran pemasaran
d. Penetuan target pasar

19. Seorang konsumen yang membeli produk berupa barang atau jasa untuk dipakai sendiri adalah jenis konsumen....
a. Bisnis
b. Individu
c. Organisasi
d. Kelompok

20. Usaha untuk membuat citra produk di benak konsumen antara lain melalui produk murah dan tahan lama. Kegiatan ini dinamakan ….
a. Positioning
b. Penetuan target pasar
c. Segmentasi pasar
d. Analisis lingkungan pasar


21. Keterlibatan konsumen terjadi pada saat suatu produk atau jasa …..
a. Belum ditawarkan
b. Lebih murah
c. Lebih mahal
d. Banyak ditawarkan

22. Dalam teori keseimbangan diungkapkan bahwa seseorang mempersepsikan lingkungannya sebagai triads, dimana seseorang memandang dirinya terlibat dalam hubungan segitiga dengan ketiga elemen dalam triad tersebut. Teori ini dinyatakan oleh...
a. Schiffman dan Kanuk
b. Loudon dan Bitta
c. Solomon
d. Fishbein-Ajzen

23. Ratih dan Susi adalah dua orang yang memiliki persamaan dalam hal: usia, pendapatan, serta status perkawinan. Tetapi jika berlibur keduanya akan memilih tempat liburan yang berbeda, misalnya Ratih lebih senang ke Bali dan Susi lebih suka pergi ke Eropa. Hal ini mencerminkan adanya perbedaan dalam....
a. Gaya hidup
b. Hobi
c. Kebiasaan
d. Kepribadian

24. Faktor yang menentukan gaya hidup seseorang, adalah....
a. Hobi
b. Kelas sosial
c. Kepribadian
d. Gaya hidup

25. Tuti adalah termasuk kaum muda dengan usia 31 tahun. Tuti pekerja keras untuk mencapai kesuksesan dan berjuang untuk mencapai cita- citanya. Namun terkadang Tuti bersifat materialistik dan sangat ingin memperoleh kenikmatan. Dalam Global Scan Tuti termasuk dalam segmen...
a. Adapters
b. Strivers
c. Achievers
d. Pressured

26. Alin Ketika berusia 5 tahun tidak suka makan sayur, akan tetapi dengan bertambahnya usia yang diimbangi pertambahan pengetahuannya tentang pentingnya makan sayur untuk kesehatan, dia berubah menjadi pribadi yang suka makan sayur. Dalam karakteristik sikap hal termasuk termasuk contoh dari ….
a. Intensitas sikap
b. Persistensi sikap
c. Keyakinan sikap
d. Resistensi sikap

27. Agus sangat suka makan makanan pedas, namunapabila sedang diare dia tidak akan tertarik untuk memakannya. Dalam karakteristik sikap hal ini adalah contoh dari ….
a. Sikap positif, negative, netral
b. Generalisasi sikap
c. Sikap dan situasi
d. Sikap dapat dipelajari

28. Sbenarnya, seorang Ibu yang baru melahirkan bayi ingin menyusuinya dengan ASI, namun karena suatu hal akhirnya si ibu tidak memberikan ASI tersebut. Hal tersebut adalah contoh dari Teori....
a. Strategi keterlibatan rendah
b. Persepsi diri
c. Disonasi Kognitif dan Harmoni Antar sikap
d. Penilaian sosial

29. Emosi atau perasaan konsumen dalam model tiga komponen dinamakan …
a. Komponen adaptif
b. Komponen efektif
c. Kognitif
d. Komponen konatif

30. Pemasangan telepon atau bel di rumah tinggal adalah contoh dari…..
a. Intensitas
b. Pemberi pesan
c. Stimulus yang disengaja
d. Petunjuk

31. Di Televisi, artis bernama Ivan Gunawan ada dalam iklan sabun Total. Berdasarkan hal tersebut, jenis kelompok acuan yang dipakai oleh pemasar untuk mengkomunikasikan produk terhadap pasar dalam iklan tersebut memakai ….
a. Kelompok
b. Para ahli
c. Selebriti
d. Orang biasa

32. Kekuasaan yang mempengaruhi anggota melalui pemaksaan yaitu …
a. Referent power
b. Legitimte power
c. Coercive power
d. Expert power

33. Contoh dari iklan yang memakai referent power yaitu …
a. Iklan jamu
b. Iklan sabun cuci
c. Iklan mobil BMW
d. Iklan pompa air

34. Kelompok apa yang mempunyai struktur yang ditentukan?
a. Kelompok informal
b. Kelompok sekunder
c. Kelompok primer
d. Kelompok formal

35. Contoh iklan sepeda motor merek Yamaha yang menampilkan kesaksian para penggunanya adalah sasaran iklan untuk ...
a. Para pemimpin
b. Orang biasa
c. Selebriti
d. Para ahli

36. Di dalam keluarga, pak Agus selalu berperan dalam mengemukakan adanya suatu masalah atau kebutuhan akan produk atau jasa yang dibutuhkan. Dalam hal ini Pak Agus dinamakan sebagai...
a. Decision maker
b. Influencer
c. Initiator
d. Information gatherer

37. Anggota keluarga yang dapat mengontrol masuknya produk ke dalam keluarga dinamakan sebagai....
a. Decision maker
b. Gatekeeper
c. Users
d. Purchaser

38. Andi saat ini baru berusia 23 tahun, masih muda dan belum menikah. Dalam siklus keluarga Andi dapat dikelompokkan sebagai...
a. The Bachelor Stage
b. Full Nest II
c. Full Nest I
d. Full Nest III

39. Wati saat ini berusia 40 tahun, namun sampai saat ini belum berkeluarga tetapi tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam siklus keluarga Wati termasuk dalam kelompok...
a. Solitary Survivor II
b. Empty Nest II
c. Empty Nest I
d. Solitary Survivor I

40. Salah satu proses dalam penyusunan strategi pemasaran yaitu …
a. Mengembangkan pasar
b. Pengaturan pemasaran
c. Analisis situasi
d. Merancang penawaran

Kunci Jawaban Soal Perilaku Konsumen

1 C 11 C 21 C 31 C
2 B 12 D 22 B 32 C
3 C 13 B 23 A 33 C
4 C 14 B 24 C 34 D
5 B 15 B 25 B 35 B
6 A 16 D 26 B 36 C
7 D 17 C 27 C 37 B
8 B 18 C 28 C 38 A
9 C 19 B 29 B 39 D
10 A 20 A 30 C 40 C

Buka Juga :
1. Soal Ekonomi tentang Perilaku Konsumen Lengkap
2. Soal Ekonomi tentang Perilaku Konsumen dan Produsen
3. Soal Ekonomi Bab Perilaku Konsumen dan Perilaku Produsen

Demikian soal dan jawaban materi perilaku konsumen mata pelajaran IPS SMP/ MTs, Ekonomi SMA/MA, atau SMK/ MAK. Semoga dapat memaksimalkan pemahaman anda terkait materi perilaku konsumen. LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan di bawah ini, jika anda ingin mendownload soal perilaku konsumen.

Posting Komentar untuk "40 Soal Pilihan Ganda PERILAKU KONSUMEN dan Jawaban"