Pengertian 5 Lapisan Atmosfer dan Penjelasannya + Gambar

Pengertian lapisan atmosfer menurut para ahli, gambar lapisan atmosfer dan penjelasannya, dan manfaat atmosfer bagi kehidupan di bumi. Mungkin judul di atas tidak mewakili isi dari artikel tentang atmosfer yang akan kami bagikan ini. Mengapa? Ya tentu saja karena terbatasnya panjang judul yang disediakan.

Jadi, apa saja isi artikel tentang atmoster ini? Jadi, ada beberapa materi yang kami sediakan dalam artikel tentang atmosfer ini, yaitu : pengertian atmosfer menurut para ahli dan bahasa, unsur dan sifat (komposisi) atmosfer, lapisan-lapisan atmosfer, dan dampak serta fungsi atmosfer. Materi-materi tentang atmosfer secara lebih rinci akan kami sampaikan pada artikel tentang atmosfer di bawah ini.

1. Pengertian Atmosfer (Sifat, Unsur, Komposisi)

Yang pertama akan kami sampaikan yaitu pengertian lapisan atmosfer yang terbagi menjadi 2 jenis pengertian, yaitu pengertian atmosfer menurut bahasa dan pengertian atmosfer menurut para ahli. Secara bahasa, pengertian atmosfer berasal dari kata atmo yang artinya udara dan sphere yang artinya lapisan. Jadi pengertian atmosfer yaitu lapisan udara yang mengelilingi bumi. Sedangkan pengertian atmosfer menurut para ahli adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi dengan tingkat ketebalan hingga mencapai 1.000 km dari permukaan terluar bumi.

Fungsi lapisan atmosfer sangat besar untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi ini, yaitu atmosfer berfungsi sebagai pelindung dan penghambat berbagai macam benda – benda asing dari luar angkasa yang akan ke bumi. Selain itu, atmosfer juga biasanya mempengaruhi cuaca dan iklim yang berlangsung di bumi.

Sifat-sifat atmosfer
Sebagai salah satu lapisan yang mempunyai fungsi besar bagi bumi, atmosfer mempunyai sifat-sifat khusus. Apa saja sifat-sifat dari atmosfer? Berikut ini penjelasannya.
a. tidak berasa
b. tidak berwarna
c. tidak berbau
d. mempunyai massa dan tekanan,
e. bersifat elastis (dapat mengembang dan menyusut) dan dinamis (dapat berpindah tempat)
f. tembus pandang terhadap semua bentuk radiasi

Unsur-Unsur Atmosfer
Atmosfer terdiri dari berbagai unsur yang sangat berguna bagi kehidupan, khususnya mahkluk hidup yang tinggal di bumi. Unsur-unsur atmosfer antara lain :
a. Nitrogen (78%)
Unsur ini sangat berguna bagi manusia, yaitu untuk pembuatan pupuk. Selain itu, unsur nitrogen adalah unsur yang paling dominan dalam atmosfer.
b. Oksigen (21%)
Unsur ini sangat penting bagi kehidupan manusia untuk proses pernafasan. Tanpa adanya oksigen, kita akan kesulitan dalam bernafas.
c. Argon (0,98%)
Unsur ini sangat penting dalam bidang industri khususnya pembuatan lampu (neon)
d. Karbon dioksida (0,03%)
Unsur karbon dioksida sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman .

Selain unsur-unsur atmosfer di atas, masih ada unsur lain yang terdapat di atmosfer tapi dengan jumlah yang relatif kecil, antara lain helium, xenon, hidrogen, dan sebagainya.

Pengertian 5 Lapisan Atmosfer dan Penjelasannya + Gambar
Pengertian 5 Lapisan Atmosfer dan Penjelasannya + Gambar

Dalam lapisan atmosfer, juga terdapat lapisan ozon yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Fungsi lapisan ozon pada atmosfer yaitu untuk menyerap dan memantulkan radiasi sinar ultraviolet dari matahari, sehingga melindungi bumi dari kerusakan yang ditimbulkan oleh panasnya sinar ultraviolet matahari. Tebal lapisan atmosfer yaitu sekitar 1.100 km dari permukaan laut.

Jumlah unsur-unsur utama pada umumnya yang ada dalam atmosfer yaitu tetap. Contohnya yaitu unsur nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida yang ada pada atmosfer. Ketiga unsur atmosfer ini berperan dalam proses kehidupan di muka bumi. Manusia dan binatang bernafas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, sedangkan tumbuh-tumbuhan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Tampak di sini bahwa alam bekerja sedemikian rupa untuk menjaga keseimbangan dari berbagai unsur yang ada dalam atmosfer.

Atmosfer adalah lapisan penahan, apabila ada benda-benda luar angkasa yang melewatinya. contohnya ada bintang jatuh masuk ke bagian atmosfer, maka terjadilah pergesekan yang akan menyebabkan panas yang cukup banyak sehingga bintang tersebut hancur sebelum sampai ke permukaan bumi. Tanpa atmosfer tidak ada awan, angin, maupun cuaca, sehingga tidak akan ada kehidupan di bumi ini. Oleh karena itu, atmosfer sangat  penting untuk kehidupan dan sebagai media untuk proses cuaca, atmosfer merupakan pelindung bumi dari tenaga matahari pada waktu siang hari, serta menghalangi hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari. Seandainya tidak ada atmosfer suhu bumi akan meningkat kira-kira menjadi 93,3 C pada siang hari dan turun menjadi-148,9 C pada malam hari

2. Lapisan Atmosfer

Menurut  para ahli meteorologi, lapisan atmosfer terbagi menjadi 5 tingkatan sesuai dengan suhunya, yang terdiri dari troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Kelima lapisan atmosfer tersebut akan dijelaskan dalam penjelasan di bawah ini.

Pengertian 5 Lapisan Atmosfer dan Penjelasannya + Gambar



Lapisan atmosfer 1 : Troposfer
Lapisan Troposfer merupakan lapisan udara paling bawah dari lapisan atmosfer, di atas permukaan bumi. Memiliki ketebalan yang berbeda-beda pada setiap tempat. Di khatulistiwa ketebalannya mencapai 16 km, di daerah sedang ketebalannya 11 km, dan di daerah kutub ketebalannya 8 km. Lapisan ini memiliki sifat yang khas yaitu setiap kita naik 100 m suhu  udara akan turun 0,5 °C sampai 0,64 C begitu juga sebaliknya, kalau kita turun 100 m maka suhu udara akan naik 0,5 °C sampai 0,6 °C

Pada lapisan ini terjadi proses pembentukan gejala cuaca seperti awan, hujan, dan angin. Pada lapisan ini terdapat kandungan oksigen dan nitrogen yang sangat banyak untuk kelangsungan hidup makhluk di bumi. Antara troposfer dan stratosfer terdapat lapisan peralihan yang disebut tropopouse.

Lapisan atmosfer 2 : Stratosfer
tratosfer adalah lapisan udara di atas troposfer yang menunjukkan perubahan temperatur yang kecil ke arah vertikal. Lapisan ini berada pada ketinggian 15 55 km. Pada lapisan ini terdapat lapiasan ozon dengan konsentrasi terbesar terdapat pada ketinggian 22 km. Lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung bagi troposfer dan permukaan bumi dari radiasi sinar ultraviolet matahari. Penipisan lapisan ozon seperti yang terjadi dewasa ini, dapat mengubah iklim dan selanjutnya dapat memengaruhi kehidupan di permukaan bumi. Antara stratosfer dan mesosfer terdapat lapisan yang disebut stratopouse.

Lapisan atmosfer 3 : Mesosfer
Lapisan ini berada pada ketinggian 50- 80 km, pada lapisan ini sebagian meteor terbakar dan terurai, sehingga tidak sampai ke permukaan bumi. Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gelombang radio dan televisi (gelombang VHF dan UHF), sehingga kita dapat menikmati siaran radio dan televisi. Antara mesosfer dan termosfer terdapat lapisan mesopouse.

Lapisan atmosfer 4 : Termosfer
Termosfer merupakan lapisan udara di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 80 km sampai batas antara atmosfer dengan angkasa luar. Pada lapisan ini suhu mencapai 1500 °C. Lapisan bagian bawah dari termosfer ini disebut ionosfer (ketinggian antara 80 -450 km), pada lapisan ini terjadi proses ionisasi yang menyebabkan terkumpulnya proton dan elektron

Lapisan atmosfer 5 : Eksosfer
Pada lapisan ini suhu bisa mecapai 2.200 "C. Merupakan batas antara atmosfer bumi dengan angkasa luar.

Pengertian 5 Lapisan Atmosfer dan Penjelasannya + Gambar

Orang lain juga membuka :

3. Manfaat Atmosfer

Lapisan atmosfer selain berfungsi sebagai pelindung, lapisan atmosfer juga mempunyai manfaat untuk kehidupan di bumi. Manfaat atmosfer atau lapisan udara antara lain :
a. memungkinkan terjadinya awan, di mana udara mengandung uap air jika  mengembun membentuk awan, dan selanjutnya menghasilkan hujan,
b. sarana berlangsungnya proses pembakaran, tanpa udara kita tidak dapat  menyalakan api, bernafas, dan sebagainya.
c. menyebabkan suhu bumi tidak terlalu tinggi pada siang hari dan tidak terlalu rendah pada malam hari
d. melindungi makhluk hidup dari sengatan sinar matahari, dan
e. melindungi bumi dari hujan meteor.

Demikian artikel tentang pengertian lapisan atmosfer bumi, beserta gambar dan penjelasannya. Link Download Artikel sudah kami sediakan jika anda tertarik dengan artikel geografi SMA di atas. Buka juga artikel terkait mata pelajaran IPS geografi yang ada di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian 5 Lapisan Atmosfer dan Penjelasannya + Gambar"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan (Tutup KIlk 2x)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Link Download