10 Pengertian Masalah Sosial – Ahli (durkheim, vincent, roucek, dll)

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Pengertian masalah sosial menurut bahasa, secara umum, dan pengertian menurut para tokoh ahli (Soerjono Soekanto, durkheim, vincent, roucek, dll). Pada kali ini, kita akan belajar tentang (teori) masalah sosial. Masalah sosial merupakan fenomena atau gejala sosial yang sering kita jumpai. Tentu saja, dalam hidup bersosial hal ini bukan merupakan hal yang tabu, karena masalah sosial merupakan dampak dari proses bermasyarakat.

Selama kita hidup bermasyarakat, masalah sosial tidak dapat kita hindari, namun tentu saja dikarenakan ini merupakan “masalah”, maka harus kita selesaikan. Sebelum kita belajar lebih jauh tentang masalah sosial, mari kita simak tentang pengertian masalah sosial menurut bahasa, pengertian masalah sosial secara umum, dan pengertian masalah sosial menurut para ahli

A. Pengertian masalah sosial menurut bahasa

Yang pertama akan kita bahas adalah pengertian masalah sosial berdasarkan bahasa. Jadi, masalah sosial terdiri dari 2 kata, yaitu masalah dan sosial. Masalah dapat kita artikan sebagai suatu kondisi atau keadaan yang aneh, tidak benar, bertentangan, dan tidak kita inginkan.

Sedangkan sosial dalam konteks ini dapat kita maknai sebagai masyarakat, struktur sosial, hubungan sosial, dan organisasi sosial. Berdasarkan pengertian dua kata tersebut, maka secara bahasa, pengertian masalah sosial adalah kondisi yang tidak benar yang terjadi di masyarakat.

B. Pengertian masalah sosial secara umum

Berdasarkan pengertian masalah sosial berdasarkan bahasa, seharusnya kita sudah mempunyai sedikit gambaran tentang pengertian masalah sosial secara umum. Jadi begini, berdasarkan pengertian secara bahasa di atas, ada dua elemen penting yang dapat kita ambil.

Elemen yang pertama yaitu elemen subjektif, menyangkut keyakinan kita bahwa kondisi sosial tersebut berbahaya bagi masyarakat dan harus diatasi. Sedangkan elemen yang kedua yaitu elemen objektif, menyangkut keberadaan suatu kondisi sosial. Kondisi sosial disadari melalui pengalaman hidup kita, media dan pendidikan.

Berdasarkan kedua elemen di atas, pengertian masalah sosial dapat didefinisikan sebagai kondisi sosial yang dinilai oleh suatu masyarakat berbahaya bagi anggota masyarakat dan harus diatasi.

C. Pengertian masalah sosial menurut para ahli

Untuk lebih memperjelas pemahaman kita tentang permasalahan sosial, maka akan kita kutip bagaimana pendapat para ahli tenang teori masalah sosial. Setidaknya ada 10 tokoh ahli sosiologi yang akan kita kutip teori mereka tentang permasalahan sosial. Tokoh tersebut antara lain : Roucek dan Warren, Jenssen, Arnold Rose, Raab dan Selznick, Richard dan Richard, Soerjono Soekanto, Martin S. Weinberg, Bulmer dan Thompson, Soetomo, Lesli.

Untuk lebih jelasnya tentang pendapat ahli tentang teori permasalahan sosial, berikut ini kami jelaskan satu per satu.

1. Menurut Roucek dan Warren, 
Tokoh sosiologi yang kita bahas yang pertama yaitu Roucek dan Warren. Menurut pendapat ahli ini, masalah sosial merupakan masalah yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri.

2. Jenssen, 
Pendapat ahli tentang pengertian masalah sosial yang selanjutnya yaitu Jenssen. Menurutnya, masalah Sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya.

3. Arnold Rose
Menurut pendapat Rose, masalah sosial dapat didefinisikan sebagai suatu situasi yang telah mempengaruhi sebagian besar masyarakat sehingga mereka percaya bahwa situasi itu adalah sebab dari kesulitan mereka. Situasi itu dapat diubah.

4. Raab dan Selznick
Raab dan Selznick memberikan pendapat bahwa pengertian masalah sosial adalah masalah hubungan sosial yang menantang masyarakat itu sendiri atau menciptakan hambatan atas kepuasan banyak orang.

5. Richard dan Richard
Menurut dua ahli sosiologi ini, pengertian masalah sosial adalah pola perilaku dan kondisi yang tidak diinginkan dan tidak dapat diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat.

6. Soerjono Soekanto
Kita semua tahu bahwa hampir sebagian besar teori ilmu sosiologi di Indonesia di kutip berdasarkan pendapat Soerjono Soekanto. Nah, dalam hal masalah sosial, beliau memberikan pendapatnya tentang pengertian masalah sosial. Menurutnya, masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur kebudayaan atau masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Pengertian Masalah Sosial – Ahli (durkheim, vincent, roucek,

7. Martin S. Weinberg
Masalah sosial merupakan situasi yang dinyatakan sebagai keadaan yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup penting, dimana masyarakat sepakat melakukan suatu tindakan guna mengubah situasi tersebut.

8. Bulmer dan Thompson
Masalah sosial ialah suatu kondisi yang terjadi dimana dapat mengancam nilai-nilai didalam masyarakat sehingga berakibat pada sebagian besar dari anggota masyarakat.

9. Soetomo
Masalah sosial ialah suatu kondisi yang tidak diinginkan terjadi oleh sebagian besar dari warga masyarakat.

10. Lesli
Ahli terakhir yang kita kutip pendapatnya tentang pengertian masalah sosial adalah Lesli. Menurutnya, masalah sosial adalah suatu kondisi yang berpengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai suatu yang tidak diinginkan dan karenanya perlu tindakan untuk mengatasi atau memperbaikinya.

Orang lain juga membuka :
1. 3 Teori Masalah Sosial - Ahli (Fungsionalis, Konflik, Interaksi)
2. 45 Soal Pilihan Ganda Tentang Masalah Sosial (IPS SD) + Jawaban

Kesimpulan
Berdasarkan pengertian masalah sosial (menurut para ahli/ tokoh) di atas, kita dapat mengambil kesimpulan. Masalah sosial merupakan suatu kondisi atau keadaan yang lahir dari suatu masyarakat yang tidak ideal.  Dalam hal ini, masalah sosial terjadi karena terjadi ketidaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan dari kelompok sosial. Contoh permasalahan sosial di sekitar kita adalah kepadatan penduduk, pengangguran, gelandangan, kesenjangan pendapatan masyarakat, dan sebagainya.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon