Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

20 KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek SMK RPL K13 Revisi

KI KD mapel Pemrograman Berorientasi Obyek RPL SMK/ MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 2018 terbaru terlengkap. Melanjutkan tema artikel kami, yaitu tentang KI KD mapel C3 RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMK, maka kali ini kami akan membagikan lagi artikel tentang mapel C3 RPL SMK, yaitu Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).

Dalam kurikulum RPL SMK, mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) sangat penting. Mengapa? Hal ini karena PBO merupakan mata pelajaran yang mengajari siswa membuat projek atau aplikasi. Dalam PBO/ OOP semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Kemudian, setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan, dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya.

Karena mata pelajaran PBO ini cukup penting, maka masuk dalam kategori C3 (mata pelajaran kompetensi keahlian) yang dipelajari kelas XI dan kelas XII. Bahasa pemrograman yang mendukung PBO antara lain: Python, PHP, Adobe Flash AS 3.0, Visual Foxpro, Eiffel, Perl, Java, C++, Smalltalk, C#, Delphi, Ruby, Pascal (bahasa pemrograman), SIMULA. Memang ada banyak bahasa pemrograman, namun tidak semua bahasa tersebut harus anda kuasai. Cukup beberapa dari bahasa pemrograman saja.

Dasar Hukum KI KD Pemodelan Perangkat Lunak SMK K13 Revisi

Dalam kompetensi keahlian RPL, jangan samakan kompetensi dasar antara KTSP dan K13 Revisi. Mengapa? Ya hal ini karena perkembangan teknologi yang sangat pesat. Jika pada KTSP ada banyak sekali silabus produktif yang bisa di download, untuk K13 Revisi ini kelihatannya sudah mulai berkurang. Mengapa? Yak karena pemerintah sudah tidak mengeluarkan silabus patokan dalam peraturannya. Jadi, guru harus mengembangkan sendiri. Pemerintah hanya memberikan patokan pengembangan saja.

Untuk KI dan KD mapel Pemrograman Berorietasi Obyek K13 Revisi ini mengacu pada aturan pemerintah yang terbaru. Melalui kementrian pendidikan, yaitu Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi informasi tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Surat Keputusan dari Dirjen tersebut jika kita baca mulai berlaku mulai tanggal 9 Juni 2017, dan menggantikan peraturan yang sebelumnya. Jika kalian penasaran dengan isi peraturan pemerintah tersebut, kami sudah melampirkan salinan Surat Keputusan tersebut, di akhir artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda dapat mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD mapel C3 RPL Pemrograman Berorientasi Obyek K13 Revisi

Sebagian dari kita tentu tahu tentang apa itu KI dan apa itu KD. Sekedar informasi, bahwa pendidikan karakter yang selama ini dicanangkan oleh pemerintah ingin diimplementasikan ke sekolah melalui penetapan KI atau singkatan dari Kompetensi Inti dalam kurikulum. Jika awal mula pemberlakuan K13 semua mata pelajaran mempunyai 4 KI yaitu KI 1 (aspek spiritual), KI 2 (aspek sosial), KI 3 (aspek pengetahuan), dan KI 4 (aspek keterampilan). Nah, untuk K13 revisi terbaru ini yang mempunyai KI 1 dan KI 2 yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama, dan PPKn. Sedangkan mata pelajaran yang lain, hanya mempunyai KI 3 dan KI 4. Termasuk dalam hal ini yaitu mata pelajaran pemrograman berorientasi Obyek RPL.

Sedangkan KD atau singkatan dari Kompetensi Dasar memuat informasi tentang apa saja yang harus dipelajari oleh siswa RPL SMK. Khususnya mulai dari yang dasar hingga lanjut. Harapan pemerintah sangat besar, yaitu benar-benar membekali siswa untuk terjun ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU DI).

1. KI Pemrograman Berorientasi Obyek RPL SMK

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa mata pelajaran PBO SMK RPL hanya mempunyai 2 KI, yaitu KI 3 dan KI 4. Berikut ini KI PBO K13 Revisi SMK RPL.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek SMK RPL K13 Revisi

2. KD Pemrograman Berorientasi Obyek RPL SMK

Kompetensi Dasar PBO SMK jurusan RPL terdiri dari banyak materi, yaitu mulai dari konsep pemrograman berorientas Obyek, hingga aplikasi berbasis MVC. Yang jelas, ada 2 jenis KD yang harus disampaikan, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Bisa anda lihat di bawah ini.

Antara KD pengetahuan dan KD keterampilan tidak jauh berbeda, karena memang satu materi. Hanya saja, ada yang pengetahuan, dan ada yang keterampilan. Jadi setelah siswa tahu, setelah itu diterapkan atau diaplikasikan dalam sebuah keterampilan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak KD PBO SMK RPL K13 Revisi berikut ini.

3.1 Memahami konsep pemrograman berorientasi Obyek
4.1 Mempresentasikan konsep pemrograman berorientasi Obyek
3.2 Menerapkan dasar dan aturan pemrograman berorientasi Obyek
4.2 Membuat kode program dasar dan aturan pemrograman berorientasi Obyek
3.3 Menerapkan konsep class, method dan object
4.3 Membuat class, method dan object
3.4 Menerapkan konsep enkapsulasi dalam melindungi data dan informasi
4.4 Membuat kode program enkapsulasi dalam melindungi data dan informasi
3.5 Menerapkan konsep pewarisan
4.5 Membuat hubungan antara class dengan pola pewarisan
3.6 Menerapkan konsep polymorphism dengan overloading dan overriding
4.6 Membuat kode program sesuai konsep polymorphism dengan overloading dan overriding
3.7 Menerapkan penggunaan package dalam aplikasi
4.7 Membuat aplikasi melalui pengelompokan class dalam package
3.8 Merancang pembuatan interface
4.8 Membuat rancangan aplikasi dengan interface
3.9 Menganalisis pemanfaatan class library
4.9 Menggunakan class library dalam memecahkan masalah
3.10 Mengevaluasi penanganan kesalahan dalam program
4.10 Memodifikasi kode program untuk penanganan kesalahan dalam program
3.11 Menerapkan data bentuk string dan pelbagai propertinya
4.11 Membuat kode program untuk mengolah data bentuk string
3.12 Menerapkan collection sebagai media penyimpanan data
4.12 Membuat kode program collection sebagai penyimpan data
3.13 Menerapkan operasi file dan Input Output (IO)
4.13 Membuat kode program untuk operasi file dan operasi Input Output
3.14 Menerapkan dasar dasar thread
4.14 Membuat instruksi - instruksi thread
3.15 Merancang antar muka atau User Interface (UI)
4.15 Membuat kode program untuk antar muka atau User Interface (UI)
3.16 Menerapkan konektifitas dalam akses basis data
4.16 Membuat konektifitas basis data
3.17 Merancang User Interface menggunakan library
4.17 Mendesain User Interface menggunakan library
3.18 Menerapkan Obyek multimedia dalam aplikasi
4.18 Membuat aplikasi yang dapat menampilkan gambar, audio dan video
3.19 Memahami Model Vew Controller (MVC) dalam pemrograman berorientasi Obyek
4.19 Mempresentasikan Model View Controller (MVC) dalam pemrograman berorientasi Obyek
3.20 Menerapkan aplikasi berbasis MVC dalam aplikasi dengan pelbagai hasil
4.20 Membuat aplikasi dengan Model View Controller (MVC) dengan hasil final (meta-data)

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Basis Data SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi (BARU)
2. KI KD Pemodelan Perangkat Lunak SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) RPL SMK K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan surat keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen tentang KI KD kompetenti keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Pemrograman Berorientasi Objek SMK K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel tentang KI KD Pemrograman Berbasis Obyek (PBO) RPL SMK K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD ARTIKEL sudah tersedia apabila anda ingin mengamankan artikel ini.

2 komentar untuk "20 KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek SMK RPL K13 Revisi"

  1. Maaf OOT, Bang biar trafiknya tinggi gimana caranya?

    BalasHapus
  2. Sering2 update artikel saja. Usahakan minimal 1 artikel perhari dengan jumlah kata lebih dari 800 kata per artikel. Goodluck ya

    BalasHapus