Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KI KD Matematika MTK SMK Kurikulum 2013 Revisi (2018)

Daftar KI KD Matematika MTK SMK Kurikulum 2013 K13 Revisi terbaru. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang mempunyai perubahan signifikan dalam kurikulum 2013 revisi ini. Salah satu perubahannya yaitu nampak dalam hal pembagian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD). Jika pada KTSP, matematika dibagi menjadi beberapa golongan, yaitu matematika teknik,  matematika pariwisata, dan matematika akuntansi. Nah, untuk matematika Kurikulum 2013 revisi ini hanya ada satu matematika saja. Jadi semua kelompok SMK menggunakan kompetensi yang sama pada mata pelajaran Matematika.

Untuk itu lah, kali ini kami akan membagikan daftar KI KD Matematika SMK K13 revisi dengan peraturan atau dasar hukum yang terbaru. Dasar hukum yang kami gunakan dalam artikel tentang KI KD Matematika SMK ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad.

Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017 dapat anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda dapat lihat langsung pada akhir artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan agar anda puas. Dalam KI KD matematika ini, setidaknya ada 34 kompetensi dasar. Jumlah kompetensi dasar tersebut dipelajari mulai dari kelas 10, 11, dan 12. Untuk pembagian kompetensi dasar per kelas, menyesuaikan guru yang mengajar. Keluwesan pemilihan KD ini menjadi keuntungan tersendiri bagi guru, terutama dalam mengajar di sekolah.

KI KD Matematika MTK SMK Kurikulum 2013 Revisi

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi  sikap  spiritual,  (2)  sikap  sosial,  (3)  pengetahuan,  dan  (4) keterampilan.  Aspek-aspek  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan  kompetensi  sikap  spiritual  yaitu,  “Menghayati  dan mengamalkan  ajaran  agama  yang  dianutnya”.  Sedangkan  rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,  santun,  peduli  (gotong  royong,  kerja  sama,  toleran,  damai), bertanggung-jawab,  responsif,  dan  proaktif  melalui  keteladanan,  pemberian nasihat,  penguatan,  pembiasaan,  dan  pengkondisian  secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial  dan  alam  serta  dalam  menempatkan  diri  sebagai  cerminan  bangsa dalam  pergaulan  dunia”.  Kedua  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui pembelajaran  tidak  langsung  (indirect  teaching)  yaitu  keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan sepanjang  proses  pembelajaran  berlangsung,  dan  dapat  digunakan  sebagai pertimbangan  guru  dalam  mengembangkan  karakter  peserta  didik  lebih lanjut.

KI KD Matematika MTK SMK K13 Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmetika
3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri
3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
3.9 Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
3.11 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus
3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri
3.14 Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
3.15 Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua
3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
3.21 Menentukan persamaan lingkaran
3.22 Menganalisis masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
3.24 Menetukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual
3.26 Menentukan peluang kejadian
3.27 Mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual
3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar
3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu

KI KD Matematika MTK SMK Kurikulum 2013 Revisi (2018)

KI KD Matematika MTK SMK K13 Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika`
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
4.2 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
4.3 Menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
4.6 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
4.7 Menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
4.9 Menyelesaikan masalah nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
4.10 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
4.13 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
4.14 Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
4.15 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks
4.16 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
4.17 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
4.18 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
4.19 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
4.21 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan lingkaran
4.22 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )
4.23 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga
4.24 Menyelesaikan masalah kontekstual kontekstual yang
4.25 Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
4.26 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian
4.27 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika
4.28 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
4.29 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
4.30 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
4.31 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
4.32 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
4.33 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
4.34 Menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu

KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Dasar hukum tentang KI KD Kurikulum 2013 revisi mata pelajaran matematika ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru. Adapun kompetensi keahlian yang kami lampirkan yaitu kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, karena KI KD Matematika itu sama di semua jurusan.


Link : Download KI KD Matematika SMK K13 Revisi (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel tentang daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran matematika MTK SMK Kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, dapat melalui link yang telah disediakan.

Posting Komentar untuk "KI KD Matematika MTK SMK Kurikulum 2013 Revisi (2018)"