Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Ayat Alquran Tentang Persaudaraan Ukhuwah dalam Islam

Ayat alquran tentang persaudaraan (ukhuwah) dalam islam. Pada artikel sebelumnya kami sudah mengkaji tentang persaudaraan (ukhuwah), namun melalui hadits tentang persaudaraan. Untuk kali ini, akan kita lanjutkan pembahasan tentang tentang ukhuwah dalam islam melalui dalil tentang ukhuwah (persaudaraan). Buka : Kumpulan Hadits Tentang Persaudaraan (Perdamaian)

Persaudaraan (ukhuwah) merupakan salah satu sifat terpuji (husnudzan) yang harus kita amalkan. Oleh karena itu ada banyak sekali dalil tentang ukhuwah, baik dalam alquran maupun hadits. Setiap orang tentu mendambakan sebuah hubungan baik dalam kehidupan keluarga maupun dengan masyarakat yang lebih luas baik di lingkungan pendidikan kerja, sosial dan lingkungan lainnya. Baik dengan orang-orang seagama rnaupun dengan pemeluk agama lainnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang ayat alquran tentang persaudaraan (ukhuwah), lebih baik kita pelajari dulu tentang pengertian persaudaraan (ukhuwah). Persaudaraan dikenal juga dengan istilah ukhuwah. Kata ukhuwah ini berusal dari bahasa arab yaitu : Al Akhun, Al Ukhti, dan Al Ukhuwati. Dalam kamus Indonesia-Arab (1995: 476) kata-kata di atas memiliki arti "saudara" - "persandaraan".

Menurut Abd Rachman Assegaf, kata ukhuwah atau persaudaraan bermakna perasaan simpati, maksudnya empati antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak memiliki satu kondisi atau perasaan yang sama, baik suka maupun duka, baik senang maupun sedih. Jalinan perasaan itu menimbulkan sikap timbal balik untuk saling membantu bila pihak lain mengalami kesulitan, dan sikap saling membagi kesenangan kepada pihak lain bila salah satu pihak menemukan kesenangan. Untuk menciptakan hubungan baik sesama muslim dalam masyarakat, setiap orang harus mengetahui hak dan kewajibannya masing-masing sebagai anggota masyarakat.

Ayat Alquran Tentang Persaudaraan (Ukhuwah)

Sudah paham kan, tentang pengertian ukhuwah dalam islam? Selanjutnya yaitu akan kami sampaikan tentang dalil alquran tentang ukhuwah. Ada banyak sekali dalil dalam alquran yang membahas tentang persaudaraan. Berikut ini beberapa dalil alquran tentang persaudaraan.

1. Ayat Alquran surat Al Hujurat Ayat 10 tentang persaudaraan (ukhuwah)

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ - 49:10

Artinya : Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat. (QS. Al Hujurat Ayat 10)

2. Ayat Alquran surat Al Hijr Ayat 47

وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِم مِّنْ غِلٍّ إِخْوَانًا عَلَىٰ سُرُرٍ مُّتَقَابِلِينَ - 15:47

Artinya : Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka; mereka merasa bersaudara, duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. (QS. AL- Hijr ayat 47)

3. Ayat Alquran surat An Nisa Ayat 23

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمَّاتُكُمْ وَخَالَاتُكُمْ وَبَنَاتُ الْأَخِ وَبَنَاتُ الْأُخْتِ وَأُمَّهَاتُكُمُ اللَّاتِي أَرْضَعْنَكُمْ وَأَخَوَاتُكُم مِّنَ الرَّضَاعَةِ وَأُمَّهَاتُ نِسَائِكُمْ وَرَبَائِبُكُمُ اللَّاتِي فِي حُجُورِكُم مِّن نِّسَائِكُمُ اللَّاتِي دَخَلْتُم بِهِنَّ فَإِن لَّمْ تَكُونُوا دَخَلْتُم بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ وَحَلَائِلُ أَبْنَائِكُمُ الَّذِينَ مِنْ أَصْلَابِكُمْ وَأَن تَجْمَعُوا بَيْنَ الْأُخْتَيْنِ إِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَّحِيمًا - 4:23

Artinya : Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara ayahmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusui kamu, saudara-saudara perempuanmu sesusuan, ibu-ibu istrimu (mertua), anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu (menikahinya), (dan diharamkan bagimu) istri-istri anak kandungmu (menantu), dan (diharamkan) mengumpulkan (dalam pernikahan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS An Nisa : 23)

4. Ayat Alquran surat At Taubah Ayat 9

فَإِن تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ ۗ وَنُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ - 9:11

Artinya : Dan jika mereka bertobat, melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui. (QS At Taubah : 9)

5. Ayat Alquran surat Ali Imron Ayat 103

واَعْتصِمُواْ بِحَبْلِ الله جَمِيْعًا وَلاَ تَفَـرَّقوُا وَاذْ كـُرُو نِعْمَتَ الله عَلَيْكُمْ إٍذْكُنْتُمْ أَعْـدَاءً  فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلـُوبِكُمْ  فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَاناً وَكُنْتُمْ عَلىَ شَفاَ خُـفْرَةٍ  مِنَ النَّاِر فَأَنْقـَدَكُمْ مِنْهَا كَذَالِكَ يُبَبِّنُ اللهُ لَكُمْ اَيَاتِهِ لَعَلـَّكُمْ تَهْـتَدُون - ال عـمران 

Artinya : “Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu maka kamu menjadi bersaudara sedangkan kamu diatas tepi jurang api neraka, maka Allah mendamaikan antara hati kamu. Demikianlah Allah menjelaskan ayat ayatnya agar kamu mendapat petunjuk” (Q.S. Ali Imron ayat 103)

ayat Alquran Persaudaraan Ukhuwah dalam Islam

Asbabun Nuzul Ayat Alquran tentang Persaudaraan (Ukhuwah)

Dari kelima dalil alquran tentang ukhuwah, ada satu ayat (persaudaraan) yang akan kita bahas mengenai asbabun nuzul (sebab turunnya ayat), yaitu QS Al Hujurat Ayat 10. (Dahlan Alfarisi: 2009, 576-517) dalam suatu riwayat diceritakan ada seorang lai-laki Ansar beristrikan Ummu Zaid. Ummu Zaid bermaksud bernama Imran mengunjungi keluarganya namun dilarang oleh suaminya, bahkan dikurung di atas loteng. Ummu Zaid mengrim pesan kepada keluarganya, untuk membawa dirinya pulang kepada keluarganya. Kemudian Imran, meminta toiong keponakannya untuk mengambil kembali isterinya. Dengan demikian terjadilah perkelahian, pukul-memukul dengan menggunakan sandal untuk
memperebutkan Ummu Zaid. Maka turunlah ayat ini. Berkenaan dengan peristiwa tersebut Rasulullah saw mengirimkan utusan untuk mendamaikan perselisihan mereka.

Kandungan Ayat Alquran tentang Persaudaraan (Ukhuwah)
Menurut at-Thabad secara garis besar Surah Al-Hujurat ayat 10 berisi tentang:
a. Ketetapan yang berkenaan dengan syariat (hukum) yang berkaitan dengan persaudaraan antara orang mukmin yang mengakibatkan dampak keagamaan serta adanya hak-hak yang ditetapkan agama.
b. Persaudaraan yang terjalin antarsesama muslim adalah persaudaraan yang dasarnya ganda, yaitu atas dasar persaudaraan seiman danpersaudaraan seketurunan

Manfaat dan Hikmah Persaudaraan (Ukhuwah)
Rasa persaudaraan atau ukhuwah amat ditekankan dalam Islam. Allah telah menurunkan agama Islam ke muka bumi sebagai agama yang rahmatan lil'alamin. Maksudnya Islam diharapkan mampu menjadi agama yang dapat membawa keberkahan dan keselamatan bagi umatnya. Allah swt. senantiasa mengingatkan umatnya untuk selalu meningkatkan persaudaraan. Karena hakikatnya Islam adalah agama untuk semua golongan.

Dengan memiliki rasa persaudaraan terhadap sesama kita akan merasakan manfaat dan hikmah dari persaudaraan di antaranya:
a. Menumbuhkan sikap saling mengerti dan memahami antar sesama.
b. Terciptanya hubungan harmonis dengan sesama makhluk Allah.
c. Menjalin persaudaraan merupakan salah satu bentuk keimanan, dengan memiliki rasa persaudaraan hakikatnya semakin meningkatkan keimanan seseorang.

Posting Komentar untuk "5 Ayat Alquran Tentang Persaudaraan Ukhuwah dalam Islam"