6 Tugas Perkembangan Manusia oleh Robert J. Havighurs

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Tugas perkembangan menurut Robert J. Havighurs. Menurut  Robert J. Havighurs, tugas perkembangan adalah sebagian tugas yang muncul pada suatu periode tertentu dalam kehidupan individu, yang merupakan keberhasilan yang dapat memberikan kebahagiaan serta memberi jalan bagi tugas-tugas berikutnya. Kegagalan akan menimbulkan kekecewaan bagi individu, penolakan oleh masyarakat dan kesulitan untuk tugas perekembangan berikutnya.

Setiap dari kita akan melalui beberapa masa, yaitu masa kanak-kanak hingga menjadi orang tua. Selama menjalani masa-masa tersebut, kita akan dihadapkan oleh serangkaian tugas dan tanggung jawab yang harus kita jalankan dengan maksimal agar tercipta keteraturan sosial.

Misalnya masih ingatkah kita dulu ketika masih menjadi anak-anak (balita)? Di masa anak-anak kita akan belajar hal-hal dasar untuk menjalani kehidupan, misalnya belajar makan dan belajar  berjalan. Atau masih ingatkah anda ketika masih remaja? Anda akan lebih senang bergaul dan bersosialisasi dengan teman sebaya.

Hal-hal di atas merupakan beberapa contth dari tugas perkembangan manusia. Dalam hal ini, Robert J. Havighurs membagi tugas perkembangan manusia menjadi 6 masa, yaitu masa kanak-kanak, masa anak-anak, masa remaja, masa dewasa awal, masa setengah baya, dan masa orang tua. Sebagian besar dari kita akan melalui 6 masa perkembangan tersebut.

Tugas Perkembangan Manusia oleh Robert J. Havighurs

Nah, untuk lebih jelasnya tentang tugas perkembangan apa saja yang akan kita emban di tiap, masa, berikut ini penjelasan 6 tugas perkembangan manusia berdasarkan masanya.

1. Tugas perkembangan pada masa kanak-kanak
Selama masa kana-kanak, ada beberapa tugas yang kita lakukan, antara lain :
a. Belajar berjalan
b. Belajar makan makanan padat
c. Belajar mengendalikan gerakan badan
d. Mempelajari peran yang sesuai dengan jenis kelaminnya.
e. Memperoleh stabilitas fisiologis
f. Membentuk konsep-konsep sederhana tentang kenyataan sosial dan fisik.
g. Belajar menghubungkan diri secara emosional dengan orang tua, kakak adik dan orang lain.
h. Belajar membedakan yang benar dan yang salah.

2. Tugas perkembangan masa anak
Setelah masa kanak-kanak, masa perkembangan selanjutnya yaitu masa anak. Selama menjalani masa anak, tugas perkembangan yang dilakukan antara lain :
a. Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan tertentu
b. Membentuk sikap tertentu terhadap diri sendiri sebagai organisme yang sedang tumbuh.
c. Belajar bergaul secara rukun dengan teman sebaya
d. Mempelajari peranan yang sesuai dengan jenis kelamin
e. Membina ketrampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
f. Mengembangkan konsep-konsep yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
g. Membentuk kata hati, moralitas dan nilai-nilai.
h. Memperoleh kebebasan diri
i. Mengembangkan sikap-sikap terhadap kelompok-kelompok dan lembaga sosial.

3. Tugas perkembangan masa remaja
Masa remaja merupakan salah satu masa paling menyenangkan. Dimana masa ini akan mengenalkan bagaimana kita bergaul dan bersenang-senang dengan teman. Beberapa tugas perkembangan masa remaja antara lain :
a. Memperoleh hubungan-hubungan baru dan lebih matang dengan yang sebaya dari kedua jenis kelamin.
b. Memperoleh peranan sosial dengan jenis kelamin individu
c. Menerima fisik dari dan menggunakan badan secara efektif.
d. Memperoleh kebebasan diri melepaskan ketergantungan diri dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
e. Melakukan pemilihan dan persiapan ntuk jabatan
f. Memperoleh kebebasan ekonomi.
g. Persiapan perkawinan dan kehidupan berkeluarga.
h. Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara yang baik.
i. Memupuk dan memperoleh perilaku yang dapat dipertanggungjawabkan secara sosial.
j. Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman berperilaku.

4. Tugas perkembangan masa dewasa awal
Pada masa dewasa awal, kita akan diajari tentang kematangan dalam berpikir. Beberapa tugas perkembangan pada masa dewasa awal antara lain :
a. Memilih pasangan hidup
b. Belajar hidup dengan suami atau istri
c. Memulai kehidupan berkeluarga.
d. Membimbing dan merawat anak
e. Mengolah rumah tangga.
f. Memulai suatu jabatan
g. Menerima tanggung jawab sebagai warga negara.
h. Menemukan kelompok sosial yang cocok dan menarik.

5. Tugas-tugas perkembangan masa setengah baya
Setelah menjalani masa dewasa awal, kita akan dihadapkan pada masa setengah baya. Pada masa ini, kita akan banyak mendapatkan tugas sebagai anggota masyarakat yang baik. Selain itu, tugas lain yang dilakukan pada masa setengah baya antara lain :
a. Memperoleh tanggungjawab sosial dan warga negara
b. Membangun dan mempertahankan standar ekonomi.
c. Membantu anak remaja untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia.
d. Membina kegiatan pengisi waktu senggang orang dewasa
e. Membina hubungan dengan pasangan hidup sebagai pribadi
f. Menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan fisik sendiri.
g. Menyesuaikan diri dengan pertambahan umur.
Tugas Perkembangan Manusia oleh Robert J. Havighurs

6. Tugas-tugas perkembangan orang tua.
Masa terakhir dari masa perkembangan menurut Robert J. Havighurs yaitu masa orang tua. Pada masa ini, kita tidak hanya memikirkan diri sendiri dan pasangan, namun juga tentang anak-anak kita. Tugas yang diemban pada masa perkambangan orang tua antara lain :
a. Menyesuaikan diri dengan menurunnya kesehatan dan kekuatan fisik.
b. Menyesuaikan diri terhadap masa pensiun dan menurunnya pendapatan.
c. Menyesuaikan diri terhadap meninggalnya suami/istri
d. Menjalin hubungan dengan perkumpulan manusia usia lanjut.
e. Memenuhi kewajiban soasial dan sebagai warga negara
f. Membangun kehidupan fisik yang memuaskan.

Menurut Havighurst setiap tahap perkembangan individu harus sejalan dengan perkembangan aspek-aspek lainnya, yaitu fisik, psikis serta emosional, moral dan sosial.Ada dua alasan mengapa tugas-tugas perkembangan ini penting bagi pendidik.
1. Membantu memperjelas tujuan yang akan dicapai sekolah. Pendidikan dapat dimengerti sebagai usaha masyarakat, melalui sekolah, dalam membantu individu mencapai tugas-tugas perkembangan tertentu.
2. konsep ini dapat dipergunakan sebagai pedoman waktu untuk melaksanakan usaha-usaha pendidikan.Bila individu telah mencapai kematangan, siap untuk mencapai tahap tugas tertentuserta sesuai dengan tuntutan masyarakat, maka dapat dikatakan bahwa saat untuk mengajar individu yang bersangkutan telah tiba.Bila mengajarnya pada saat yang tepat maka hasil pengajaran yang optimal dapat dicapai.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon