5 Macam Cabang Olahraga Atletik (Lari, Lompat, Loncat, Lempar, Tolak)

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Macam-macam cabang olahraga atletik. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali cabang olah raga, mulai dari cabang olahraga air, olahraga beladiri, olahraga senam, olahraga permainan, dan olahraga atletik. Dari masing-masing cabang olahraga tersebut mempunyai cub cabang olahraga. Nah, untuk yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu macam-macam cabang olahraga atletik.

Apa itu olahraga atletik? Olahraga atletik adalah salah satu cabang olahraga yang cenderung menggunakan kekuatan olah tubuh, seperti lari, lempar, dan lompat. Kata atletik sendiri berasal dari Yunani yaitu “athlon” yang artinya “kontes”. Sebagai salah satu cabang olahraga, atlletik pertama kali ikut dalam kegiatan perlombaan yaitu pada olimpiade tahun 776 SM.  Di negara kita, cabang olahraga atletik dinaungi oleh induk organisasi yang bernama PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

5 Macam Cabang Olahraga Atletik 

Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak sekali cabang olahraga atletik. Salah satu cabang olahraga atletik yang cukup populer adalah lari. Iya, lari adalah salah satu cabang olahraga atletik karena mengandung unsur lari. Selain lari, ada 4 macam cabang olahraga atletik lain yang akan dibahas pada artikel ini, antara lain : lompat, loncat, lempar, dan tolak. Untuk lebih jelas tentang macam-macam cabang olahraga atletik, berikut ini penjelasan satu persatu.

Cabang Olahraga Atletik 1 : Lari

Tentu semua orang sudah mengetahui tentang salah satu cabang atletik ini. Sebagai salah satu cabang olahraga atletik, lari atau lomba lari dibangi menjadi 5, yaitu lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari halang rintang, dan lari estafet.
a. lari jarak pendek
Lari jarak pendek adalah berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh, atau sampai jarak yang telah ditentukan. Lari jarak pendek terdiri dari lari 100 m, 200 m, 400 m. secara teknis sama. yang membedakan hanyalah pada penghematan penggunaan tenaga, karena perbedaan jarak yang harus ditempuh. Makin jauh jarak yang harus ditempuh makin banyak tenaga yang harus dibutuhkan.

b. lari jarak menengah
Gerak lari jarak menengah (800 m- 1500 m) dan sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek .terletak pada cara kaki menapak. Lari jarak menengah, kaki menapak ball hell-ball, ialah menapakkan pada ujung kaki tumit dan menolak dengan ujung kaki. Star dikakukan dengan cara berdiri.

c. lari jarak jauh
Lari jarak jauh dilakukan dalam lintasan stadion jarak 3000m, ke atas, 5000m, 10.000m, sedangkan marathon dan juga cross-country, harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis, secara fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakuakan seringan-ringannya. Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga makin kecil.

d. lari halang rintang
Lari steeple – chase 3000 m termasuk kedalam lari jarak jauh dengan melalui rintangan-rintangan. Rintangan itu ada dua macam;  1.Rintangan Gawang, 2.Rintangan Air dengan Gawang didepannya (water jump)

e. lari estafet.
Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya.

Nomor lari estafet yang sering diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter. Dalam melakukan lari sambung bukan teknik saja yang diperlukan tetapi pemberian dan penerimaan tongkat di zona atau daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.

Cabang Olahraga Atletik 2 : Lompat

Lompat merupakan cabang olahraga atletik yang kedua. Sama halnya dengan cabang atletik lari, cabang atletik lompat juga diklasifikasikan menjadi 4 jenis yaitu ,lompat tinggi, lompat galah, dan lompat jauh.

1.Lompat tinggi
Lompat Tinggi adalah salah satu keterampilan untuk melewati mistar yang berada di kedua tiangnya.Ketinggian lompatan yang dicapai oleh seorang pelompat tergantung dari kemampuan dan persiapan bertanding dari masing-masing atlet. adapun gaya straddle dimana ketiga badan melewati mistar dengan cepat diputar atau dibalikkan, sehingga sikap badan di mistar telengkup.

2.Lompat galah
Lompat yang memakai tongkat,Tiang galah adalah sebuah acara di lapangan atletik yang menggunakan orang yang panjang, fleksibel sebagai tiang bantuan melompat ke atas sebuah bar. Tiang jumping kompetisi yang dikenal dengan Yunani kuno, serta Cretans dan Celt. Sudah penuh medali di event Olimpiade sejak 1896 untuk laki-laki dan perempuan sejak 2000.

3.Lompat Jauh
Suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Ukuran Lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m, balok tumpuan tebal 10cm, panjang 1,72m, lebar 30cm, bak lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman bak lompat ± 1 meter

Cabang Olahraga Atletik 3 : Loncat

Loncat merupakan cabang olahraga atletik yang menggunakan pendaratan dua kaki, arah geraknya kedepan. Loncat adalah apapun kontinyu melompat atau melompat. Latihan loncat biasanya membutuhkan kaki tunggal loncat, double-kaki berlari, atau beberapa variasi dari dua. Fokus latihan loncat biasanya untuk menghabiskan waktu kurang di tanah mungkin dan bekerja pada akurasi teknis, fluiditas, dan melompat daya tahan dan kekuatan.Secara teknis, loncat adalah bagian dari pliometrik, sebagai bentuk latihan berjalan seperti lutut tinggi dan kicks butt. Contoh : Loncar jauh

Cabang Olahraga Atletik 4 : Lempar
Untuk cabang olahraga atletik lempar dibagi menjadi 2, yaitu lempar cakram dan lembar lembing. Apa perbedaan kedua jenis cabang olahraga tersebut? Berikut ini penjelasannya.
1. Lempar Lembing
Lembing yang digunakan terbuat dari logam untuk Putra beratnya 800 gram dengan panjang 2,70 m, sedangkan Putri beratnya 600 gram dengan panjang 2,30 m.
Macam Cabang Olahraga Atletik

2.  Lempar Cakram
Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik. Cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan.Lempar cakram diperlombakan sejak olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.

Cara melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan caranya yaitu: memegang cakram ada 3 cara, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan memegang cakram diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan condong kedepan.

Cabang Olahraga Atletik 5 : Tolak
Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik yang terakhir pada artikel ini. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin.  Jadi, tujuan olaharaga atletik tolak peluru yaitu untuk mencapai lemparan atau tolakan yg sejauh-jauhnya. Peluru yang digunakan terbuat dari besi berbentuk oval dengan berat 3kg, 4kg, 5kg, 7kg dengan ruang lingkaran lebar 5x3 meter. Yang terpenting dari cabang olahraga atletik ini yaitu peluru harus didorong keluar dengan kecepatan maksimal, dengan sudut kira-kira 40 derajat. Posisi untuk menolak harus ditekankan pada kaki. karena kaki adalah bagian yang terkuat dari badan.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon