5 Jenis Pukulan dalam Tenis Meja (Drive, Push, Chop, Block, Service)

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
5 Jenis Pukulan dalam Tenis Meja (Drive, Push, Chop, Block, Service). Olahraga tenis meja bisa dibilang salah satu jenis olahraga yang susah-susah gampang. Bagaimana tidak, kita harus mempertahankan arah bola yang selalu berada di atas meja yang ukurannya tidak luas. Belum lagi kita harus membuat atau menerima berbagai jenis pukulan bola yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Pukulan dalam Tenis Meja

Setidaknya ada 5 jenis pukulan dalam permainan tenis meja, yaitu pukulan drive, pukulan push, pukulan push, pukulan chop, pukulan block, dan pukulan service. Kelima jenis pukulan tenis meja ini digunakan pada saat tertentu sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh pemain, misalnya jenis pukulan service dalam tenis meja digunakan pada saat pertama kali memulai permainan.

Untuk lebih jelas lagi tentang jenis-jenis pukulan dalam tenis meja, berikut ini penjelasannya satu persatu. (Buka juga : 4 Teknik Dasar Tenis Meja (Grip, Stance, Footwork, Stroke))

Jenis Pukulan Tenis Meja 1 : Drive

Jenis pukulan tenis meja yang pertama adalah drive. Drive merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras. Jenis pukulan tenis meja ini cukup keras dan cepat. Ada dua jenis pukulan drive dalam tenis meja, yaitu forehand drive and backhand drive.

a. Forehand drive.
Cara melakukan forehand drive, pertama gerakkan bet ke arah depan. Gerakan ini diikuti dengan perputaran badan kearah depan kira-kira badan berputar tiga puluh derajat.
Kesalahan dan cara mengatasi dalam melakukan pukulan forehand drive adalah terjadi perubahan pada posisi bet akibat bergeraknya pergelangan tangan. Hal ini menyulitkan saat kontak dengan bola. Kuatkan pergelangan tangan saat sikap permulaan, sehingga bet tidak akan mudah berubah posisi.

b. Backhand drive.
Cara melakukan backhand drive, pertama siku membentuk sudut sembilan puluh derajat. Pergerakan bet diikuti oleh gerak memutar badan. Usahakan kontak dengan bola saat bet berada di depan badan agak kiri.
Kesalahan yang sering terjadi dalam pukulan drive dan cara mengatasinya adalah gerakan kaki. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan memperbanyak latihan backhand.

Jenis Pukulan Tenis Meja 2 : Push

Push merupakan jenis pukulan tenis meja yang kedua. Push adalah pukulan backspin pasif yang dilakukan untuk menghadapi backspin. Pukulan ini dapat menjaga agar bola tidak melambung terlalu tinggi dari net. Ada dua jenis pukulan push, yaitu forehand push dan backhand push.

a. Forehand push.
Perhatikan agar posisi bet sedikit terbuka Gerakan bet kedepan dan sedikit kebawah. Usahakan bola mengenai bet bagian tengah.

b. Backhand push.
Perkenaan bolanya sama dengan forehand push. Bedanya ini menggunakan backhand. Usahakan kontak bola hanya terjadi gesekan tetapi kuat sehingga menghasilkan bola backspin yang sempurna. Usahakan perkenaan bola di kiri mendekati bagian depan tubuh

Jenis Pukulan Tenis Meja 3 : Chop

Chop merupakan pukulan backspin yang bersifat bertahan. Ada dua jenis pukulan chop dalam tenis meja, yaitu forehand chop danbackhand chop.

a. Forehand chop.
Persiapan dalam melakukan pukulan forehand chop sama untuk melakukan pukulan forehand, tapi posisi bet agak terbuka. Gerakkan bet ke depan condong ke bawah. Usahkan kontak dengan bola terjadi di depan kanan badan. Perkenaan bola pada sisi bet depan agak bawah dan perkenaan pada bola pada sisi bawah bola.

b. Backhand chop.
Posisi awal sama dengan backhand, tetapi posisi bet terbuka atau sisi depan condong ke atas. Usahakan kontak bola pada bagian sisi bawah bet depan dengan sisi bawah bola. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan tubuh.

Jenis Pukulan Tenis Meja 4 : Block
Block adalah cara paling sederhana untuk mengembalikan pukulan tenis meja yang keras. Block dilakukan setelah bola memantul dari meja. Hal ini dilakukan untuk membuat lawan tidak dapat melancarkan serangan dengan cepat, karena bola yang di block akan kembali dengan cepat. Ada dua jenis pukulan block dalam tenis meja, yaitu forehand block danbackhand block.

a. Forehand block.
Cara melakukan pukulan forehand block yang pertama gerakkan bet ke depan, posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah). Perhatikan arah datangnya bola, segera lakukan block setelah bola memantul dari meja, perkenaan bola dengan bet tepat pada tengah bet.

b. Backhand block.
Bet berada disebelah kiri tubuh. Gerakkan bet ke depan jika ingin melakukan blocking, posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah). Perhatikan arah datangnya bola, segera lakukan block setelah bola memantul dari meja, perkenan bola dengan bet tepat pada tengah bet.

Jenis Pukulan Tenis Meja 5 : Service / Servis
Servis yaitu teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama. Ada beberapa teknik pukulan servis dalam tenis meja, yaitu servis forehand topspin, servis backhand topspin, servis forehand backspin, servis backhand backspin. Secara umum teknik memukul topspin merupakan arah putaran bola (dimana bola berputar searah jarum jam). Sedangkan teknik memukul backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam).
Jenis Pukulan dalam Tenis Meja

a. Forehand Topspin.
Untuk melakukan pukulan forehand topspin pemain berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. Tangan kanan memegang bet berada di kanan badan dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat. Telapak tangan kiri memegang bola. Bola dilambungkan setinggi enam belas senti meter, kemudian dipukul dengan bet. Usahakan pantulan bola tidak begitu tinggi dari net. (Buka juga : 4 Teknik Dasar Tenis Meja (Grip, Stance, Footwork, Stroke))

b. Backhand Topspin.
Untuk melakukan pukulan backhand topspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola setinggi enam belas senti meter, pukul dengan bet. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi.

c. Backhand Backspin.
Untuk melakukan pukulan backhand backspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola setinggi enam belas senti meter, pukul dengan bet. Untuk melakukan pukulan ini hanya menggesek bagian belakang bola dengan bagian bawah bet. Gerakan bet ke depan condong turun ke bawah. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon