Materi Sejarah, 2 Teknik Dasar, 6 Peraturan Bola Voli Lengkap

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Sejarah bola voli, teknik dasar bola voli, dan peraturan bola voli. Permainan bola voli merupakan olahraga beregu populer yang dimainkan dengan memukul bola sehingga melambung ke depan dan ke belakang di atas jaring. Pada permainan di dalam ruangan, setiap tim terdiri atas enam orang pemain. Nilai diperoleh dengan keberhasilan mendaratkan bola ke daerah permainan lawan tanpa dapat dikembalikan dengan benar. Permainan bola voli merupakan satu cabang olahraga berbentuk memvoli bola ke udara, bolak-balik di atas net dengan tujuan agar dapat menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mendapatkan kemenangan.

Olahraga bola voli cukup populer di Indonesia, selain sepak bola karena dalam permainan bola voli tidak terlalu membutuhkan lapangan yang terlalu luas. Bisa dikatakan lapangan bola voli ukurannya 1/8 dari lapangan sepak bola. Untuk lebih mendalami tentang olahraga bola voli, kali ini kami akan menyampaikan sejarah bola voli, teknik dasar bla voli, dan peraturan bola voli. Dengan mengetahuinya, diharapkan pengetahuan kita tentang bola voli dapat meningkat.

Sejarah Bola Voli

Sejarah permainan bola voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan, direktur Young Mens's Christian Association (YMCA) Holyoke, Massachusetts sebagai rekreasi. Permainan yang aslinya disebut Mintonette inicepat terkenal, tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga ke seluruh dunia. Ada lebih dari dua ratus federasi nasional dalam Federation lnternationale de Volleyball (FIVB), FIVB yang berada di Laussane, Swiss adalah badan internasional yang mengurusi olahraga bola voli.

lndonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1928, pada zaman penjajahan Belanda. Di negara lndonesia, permainan bola voli berkembang pesat di seluruh lapisan masyarakat, sehingga pada tanggal 22 Januari 1955, didirikan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh lndonesia) diJakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional bola voli yang pertama. Selanjutnya, perkembangan permainan bola voli sangat menonjol kektika menjelang ASIAN Garnes lV tahun 1962 dan Ganefo I tahun 1963 di Jakarta, baik untuk pria maupun wanitanya. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON ll 1951 di Jakarta.


Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Tujuan permainan bola voli adalah memeragakan teknik dan taktik memainkan bola di lapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Secara umum, teknik permainan bola voli dibagi menjadi 2, yaitu gerak dasar tanpa bola dan gerak dasar dengan bola. Walaupun begitu, teknik dasar memainkan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya adalah passing bawah, passing atas, smash, spike, servis, dan bendungan.

a. Gerak Dasar Tanpa Bola
Teknik permainan bola voli yang pertama yaitu gerak dasar tanpa bola. Dalam teknik permainan bola voli ini dibagi menjadi 5 yaitu gerak dasar maju, gerak dasar mundur, gerak dasar kesamping kaan dan kiri, dan gerak dasar meloncat.
1. Gerak dasar maju
Gerak dasar maju adalah perpindahan posisi badan ke depan beberapa langkah dengan kecepatan yang seiaras dengan kecepatan bola berdasarkan persepsi pemain. Makin cepat bola bergerak, semakin cepat pula gerakan itu dilakukan.
2. Gerak dasar bergerak mundur
Gerak dasar bergerak mundur, tujuannya untuk mencari atau mendekati bola yang berada di belakang kita agar respons terlatih untuk gerak cepat, posisi kaki depan belakang diikuti gerakan tangan tanpa bola.
3. Gerak dasar ke samping kiri atau kanan
Gerak dasar ke samping kiri atau kanan, dilakukan dengan menggeser kaki kanan disusul kaki kiri, atau sebaliknya kaki-kiri disusul dengan kaki kanan.
4. Gerak dasar meloncat
Gerak dasar meloncat, tujuannya untuk meraih bola yang berada di atas kita, dengan cara lutut ditekuk lalu meloncat ke atas, diikuti raihan tangan tanpa bola.

b. Gerak Dasar dengan Bola
Teknik dasar permainan bola voli yang kedua yaitu gerak dasar dengan bola. Dalam teknik dasar bola voli ini dibagi menjadi 2 yaitu passing dan servis.
1. Passing 
Dalam permainan bola voli, passing yaitu upaya atau usaha seorang pemain dengan menggunakan suatu teknik tertentu untuk mengoperkan atau memberikan bola yang dimainkan kepada teman seregunya supaya dimainkan di lapangan sendiri. Passing dalam teknik permainan bola voli dibagi menjadi 2, yaitu passing bawah dan passing atas.

a. Passing bawah adalah teknik passing dimana kedua tangan saling berpegangan, yaitu punggung tangan kanan ditaruh di atas telapak tangan kiri lalu saling berpegangan. Ayunkan kedua lengan ke arah bola dengan sumbu gerak pada persendian bahu dengan siku benar-benar dalam keadaan lurus. Perkenaan bola pada bagian proksimal lengan, yaitu di atas pergelangan tangan pada waktu lengan membentuk sudui sekitar 45 derajat dengan badan, lengan diayunkan, dan diangkat hampir lurus.
b. passing atas, yaitu kedua kaki berdiri selebar dada, berat badan menumpu pada telapak kaki bagian depan, dan lutut ditekuk sehingga badan merendah. Pada saat bola tepat berada di atas dan sedikit di depan dahi, lengan diluruskan dengan gerakan agak eksplosif untuk mendorong bola. Perkenaan bola pada permukaan jari-jari ruas pertama dan kedua, serta yang dominan mendorong bola adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.
Materi Sejarah, 2 Teknik Dasar, 6 Peraturan Bola Voli

2. Servis 
Servis adalan pukulan bola yang dilakukan oleh seorang pemain belakang kanan yang dilakukan dari daerah servis langsung ke lapangan lawan. Keberhasilan suatu servis bergantung pada kecepatan bola, jalan dan perputaran bola, serta penempatan bola ke tempat kosong di daerah permainan lawan.

Cara melakukan servis bawah sebagai berikut.
a. pemain yang akan melakukan servis berdiri di luar garis belakang lapangan dengan kaki kiri agak lebih ke depin dari pada kaki kanan (bagi yang tidak kidal). Bola dipegang dengan tangan kiri.
b. Lambungkan bola ke atas tidak terlalu tinggi. Pada saat itu, lengan kanan ditarik ke bawah belakang.
c. Ketika bola berada pada ketinggian pinggang, pada saat itu lengan kanan diayunkan dari arah belakang ke depan atas untuk memukul bola.
d. Telapak tangan menghadap bola dan pada saat perkenaan dengan bola, telapak tangan dalam keadaan ditegangkan agar terjadi pantulan sempurna. Selain itu dapat pula ditambah dengan gerakan tangan secara eksplosif.

Peraturan Permainan Bola Voli

Selain teknik dasar permainan bola voli, kita juga perlu mengetahui beberapa peraturan permainan bola voli. Setidaknya ada 6 peraturan bola voli yang harus anda ketahui. Berikut ini penjelasan peraturan bola voli.
1. Jumlah pemain adalah 10 orang tiap regunya, 6 orang sebagai pemain inti dan 4 orang sebagai pemain cadangan, dan terdiri dari 2 regu. Apabila di lapangan terdapat kurang dari4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.

2. Perlengkapan dalam permainan bola voli sebagai berikut.
a. Bola, memiliki keliling lingkaran 65-67 cm, dengan berat 260-280 gr.
b. Tekanan dalam dari bola tersebut sekitar 0,30-0,325 kg/cm2, 74,26-4,61 pi, 294,3-318,82 Pa.
c. Seragam berupa kaus, celana pendek, dengan warna tanda tersendiri di belakang seragam berupa huruf "L".

3. Lapangan permainan dalam bola voli sebagai berikut.
a. Panjang lapangan : 18 m
b. Lebar lapangan : 9 m
c. Jarak garis serang : 3 m
d. Garis belakang : 6 m
e. Jarak area servis : 3m
f. Tinggi net putra : 2,43 m
g. Tinggi net putri : 2,24m

4. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah dipastikan pemenangnya, maka babak ketiga tidak perlu dilaksanakan.

5. Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Jika ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan

6. Sistem lapangan adalah 25 rally point. Artinya, jika kedua tim seri (24-24), maka pertandingan bola voli ditambah 2 poin. Tim yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon