10 Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam & Penjelasannya

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Manfaat berpakaian sesuai syariat islam. Pernahkan anda ebrpikir untuk apa syariat islam mengatur kita dalam berpakaian? Apakah ada manfaat yang didapat jika berpakaian sesuai syariat islam? Dapat dikatakan bahwa agama islam mempunyai banyak aturan untuk para umatnya. Adanya aturan tersebut, salah satunya ditujukan agar manusia menjadi makhluk yang beradab dan berbeda dengan makhluk yang lain. Dalam hal ini, salah satu hal yang menjadi pembeda antara manusia dengan makhluk lain yaitu tentang adab berpakaian. Syariat islam mengatur tentang tata cara berpakaian umat islam, tentu saja agar manusia menjadi makhluk yang berdab, tidak seperti hewan.

Sebelum kita membahas tentang manfaat lain berpakaian sesuai syariat islam, kita samakan persepsi dulu tentang bagaimana berpakaian menurut syariat islam. Dalam syariat islam, adab berpakaian antara laki-laki dan perempuan tidak sama. Secara sederhana, dalam berpakaian syariat islam mengatur agar wanita wajib menutup semua tubuh mereka kecuali wajah dan telapak tangan, sedangkan untuk laki-laki pakaiannya yaitu minimal menutup pusar sampai lutut.

Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Syariat islam mengatur tentang adab berpakaian bukan tanpa alasan. Sebagai umat islam, ada beberapa manfaat jika kita mematuhi syariat islam tentang berpakaian. Setidaknya ada 10 manfaat berpakaian sesuai syariat islam, berikut ini diantaranya.

Manfaat pertama : Menghindarkan diri dari dosa akibat mengumbar aurat
Dikisahkan bahwa kelak bahwa manusia yang paling banyak masuk neraka yaitu dari kaum wanita? Mengapa, sebagain besar penyebabnya adalah wanita tersebut tidak berpakaian yang menutup aurat. Jadi, manfaat utama berpakaian menurut syariat islam adalah menghindarkan diri dari dosa dan menjauhkan dari siksa neraka.

Manfaat kedua : Menghindari fitnah pandangan negatif
“Ajining raga ana ing busana” atau harga diri seseorang ada pada pakaiannya. Manfaat kedua berpakaian menurut syariat islam adalah menghindari pandangan negatif terhadap diri kita. Jika ada orang memakai pakaian yang sedikit terbuka dan memperlihatkan lekuk tubuh, maka akan timbul pandangan negatif. Dikira orang tersebut adalah wanita nakal, wanita penggoda, wanita murahan, dan sebagainya. Untuk menghindari penilaian tersebut, disinilah manfaat dari berpakaian. Jika orang berpakaian sesuai syariat islam, maka akan lebih di hargai orang lain.

Manfaat ketiga : Mencegah rasa cemburu pasangan hidup kita
Manfaat berpakaian sesuai syariat kali ini khusus untuk yang sudah berumah tangga. Dalam berumah tangga, yang berhak untuk melihat aurat istri adalah suami, dan sebaliknya. Bagaimana jika seorang istri dengan sengaja memperlihatkan auratnya kepada laki-laki lain dengan cara berpakaian tidak sesuai syariat islam? Tentu saja hal ini akan membuat sang suami cemburu  dan membuat konflik dalam rumah tangga. Untuk itulah, manfaat berpakaian sangat besar.

Manfaat keempat : Memberikan sesuatu yang spesial bagi suami atau isteri kita
Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa aurat hanya untuk pasangan sah kita. Jadi kita hanya memamerkan aurat pada suami/ istri kita. Oleh karena itu, penting bagi kit auntuk menjaga aurat kita, agar jangan sampai ada orang lain (pacar) yang melihat aurat kita sebelum pasangan kita. Hal ini karena kita untuk memberikan kejuta atau yang spesial untuk pasangan hidup kita. Jika kita dapat menjaga aurat untuk suami/ istri kita kelak, maka kita akan sangat disayang oleh pasangan kita.

Manfaat kelima : Mencegah timblnya penyakit dan gangguan kesehatan
Ada berbagai penyakit yang akan muncul jika kita tidak menutup aurat kita, khsusunya diruang terbuka, misalnya  kanker kulit, kulit menjadi hitam, noda flek di kulit, kulit terbakar, dan lain sebagainya. Kita dapat mencegah berbagai penyakit tersebut dengan memakai pakaian sesuai syariat islam yang dapat melindungi tubuh dari berbagai  penyebab penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat keenam : Melindungi tubuh dan kulit dari lingkungan
Dengan berpakaian sesuai syariat islam, maka  akan menutupi tubuh secara sempurna. Manfaat yang akan kita dapatkan yaitu kita tidak merasakan kedinginan saat suhu sedang dingin, dan tidak akan merasakan kepanasan saat mentari bersinar terik. Begitu juga dengan kotoran atau debu, akan terhalang mengenai kulit kita secara langsung langsung karena tertutu pakaian, sehingga kebersihan tubuh dapat tetap terjaga dengan baik.

Manfaat ketujuh : Melindungi diri kita dari berbagai tindak kejahatan
Pada umumnya, wanita yang auratnya terbuka adalah yang paling sering menjadi korban tindak kriminal seperti penjambretan, perampokan, hipnotis, dan lain sebagainya. Coba bandingkan dengan wanita yang tampil tidak menarik di mata penjahat karena berpakaian sesuai syariat islam. Pasti  membuat pelaku kejahatan enggan menjahati wanita  tersebut.

Manfaat kedelapan : Menutupi aib rahasia yang ada pada diri kita
Jika ada cacat pada tubuh maupun kulit, kita bisa kita menutupi kekurangan tersebut dengan memakai pakaian sesuai syariat islam, sehingga tidak ada seorang pun yang tahu kecacatan yang terjadi pada diri kita. Apabila kekurangan tersebut diumbar di depan orang banyak dengan memakai pakaian tidak sesuai syariat islam, pasti orang-orang akan tahu kekurangan yang kita punya.
Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Manfaat kesembilan : Mencegah timbulnya hawa nafsu lawan jenis 
Laki-laki normal pada umumnya akan terangsang jika melihat wanita yang memakai pakaian ketat, modis, rok mini ketat atau celana pendek, wajah dimakeup seksi, rambut disalon, dan lain sebagainya. Banyak lelaki yang ingin berinteraksi dengan perempuan yang seperti itu baik secara paksa maupun tanpa paksaan.

Manfaat kesepuluh : Menunjukkan diri sebagai bukan perempuan / laki-laki murahan 
Menutup aurat adalah salah satu identitas orang-orang yang baik. Ditambah lagi dengan perilaku yang baik dan sopan maka tidak mungkin ada orang yang mengatakan kita sebagai perempuan murahan atau pria murahan.

Demikian manfaat berpakaian menurut syariat islam. Semoga dapat memberikan pelajaran bagi kita tentang pentingnya mengenakan pakaian menurut syariat islam.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon