Friday, July 7

Apa Saja Manfaat berwudhu Sebelum Tidur? Ini Penjelasannya

Manfaat berwudhu sebelum tidur - Memang ini kedengarannya terlalu sepele, tetapi jangan anggap enteng soal ini. Pasalnya, nabi Muhammad Saw senantiasa menjalankan kebiasaan ini, yaitu berwudhu sebelum tidur. Berwudhu disamping mempunyai nilai ibadah, juga bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian dari Universitas Alexanderia, Dr Mustafa Syahatah yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT menjelaskan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak berwudhu.

Manfaat berwudhu secara Medis

Dengan ber istinsyaq (menghidup air dalam hidung), kita dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung. Dengan mencuci kedua tangan, kita bisa menjaga kebersihan tangan. Kita juga dapat menjaga kebersiha kulit wajah bila rajib berwudhu. Kita juga bisa menjaga kebersihan pada daun telinga dan telapak kaki. Artinya, dengan berwudhu kita dapat menjaga kesehatan tubuh. Lalu bagaimana jika berwudhu dilakukan sebelum kiat tidur?

Nah, para pakar kesehatan senantiasa menganjurkan agar mencuci kaki, mulut, dan muka sebelum tidur. Sejumlah pakar kecantikan memproduksi alat kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka. Alat kosmetik itu digunakan dengan memoleskannya dibagian kulit muka. Tidak hanya itu saja, sejumlah pakar kesehatan gigi menyarankan agar kita tidak lupa menggosok gigi sebelum tidur. Ini dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi.

Bahkan para dokter selalu menyarankan agar anak sebelum tidur mencuci kaki sebelum naik ke tempat tidur. Pendek kata, semua hal terkait dengan menjaga kesehatan dilakukan sebelum kita tidur. Nah, jika memang demikian, maka saran nabi Muhammad Saw tentu sangat relevan. Jauh-jauh hari sebelum pakar kesehatan menyarankan tentang pentingnya membersihkan anggota tubuh sebelum tidur justru nabi Muhammad Saw terlebih dulu yang menyarankan agar senantiasa berwudhu sebelum tidur.

Manfaat berwudhu secara Islami

Oleh sebab itu, dalam aktivitas wudhu, kita membasuh beberapa bagian penting dalam tubuh. Itu artinya nabi Muhammad Saw tahu persis manfaat berwudhu bagi kesehatan manusia. Disamping itu, tentunya anjuran berwudhu mengandung nilai ibadah. Sebab ketika seseorang dalam keadaan wudhu, ia berada dalam keadaan suci. Jika seseorang berada dalam keadaan suci, ia dekat dengan Allah Swt. Karena Allah Swt akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan yang suci. Bahkan nabi Muhammad Saw bersabda : “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat dengan wajah putih berkilau-kilau karena bekas air wudhu. Barang siapa diantara kamu sanggup untuk memanjangkan kilauan cahayanya, hendaklah dia lakukan berwudhu yang sempurna  (HR Imam Ahmad dan Abu Daud).”

Berwudhu Ketika Sedang Junub
Ada satu riwayat yang menjelaskan tentang latar belakangnya keluarnya hadis soal wudhu sebelum kita tidur. Di dalam kita Al Jamiul Kabir diterangkan bahwa suatu hari Ibnu umar bertanya kepada nabi, “Ya Rasul, saya mempunyai janabad (hadas besar), apakah saya boleh tidur?”. Rasul menjawab, “Jika kamu akan tidur, maka berwudhulah terlebih dahulu.” Artinya, anjuran berwudhu sebelum tidur menurut keterangan hasis ini diperuntukkan bagi seseorang yang memiliki hadas besar atau junub. Jika ia tidak dalam keadaan junub, maka ajuran wudhu itu tidak berwudhu. Namun begitu ada juga hadits yang menjelaskan tentang manfaat wudhu sebelum tidur. Berwudhu sebelum tidur tidak hanya dianjurkan untuk mereka yang dalam keadaan junub saja. Mereka yang tidak junub tetap dianjurkan untuk selalu berwudhu sebelum tidur.

Berwudhu Mendapatkan Jaminan Mati Syahid
Hal ini dituliskan dalam kitab Tanqih al qaul al hatsis karangan Syekh muhammad bin umar an nawawi al bantany.Dari umar bin harits,bahwa nabi muhammad saw bersabda : ”Barang siapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila ia mati disaat ia tidur, maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah”. (HR.Hakim dan Tirmidzi). Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan mendapat posisi yang tinggi disisi Allah. Bila ia dicabut nyawanya ketika dia sedang dalam keadaan tidur dan sebelumnya dia berwudhu maka dia akan mendapat predikat meninggal dalam keadaan mati syahid.Sementara itu, predikat mati syahid balasannya ialah surga. Semua dosanya akan diampuni oleh Allah swt.

Apa Saja Manfaat berwudhu Sebelum Tidur?

Manfaat Berwudhu Sama dengan Berpuasa Di siang Hari
Lebih dari itu,nabi muhammad saw juga pernah bersabda : ”Orang tidur dalam keadaan suci sama seperti orang berpuasa sunnah di siang hari”. (HR.Hakim dan Tirmidzi). Artinya pahala orang berwudhu sebelum tidur sama dengan orang yang menjalankan puasa sunnah di siang hari. Sedangkan orang yang berpuasa akan menempati  posisi mulia di sisi Allah swt.

Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa berwudhu sebelum tidur adalah anjuran nabi muhammad saw yang harus dikerjakan bila seseorang berkeinginan memperoleh kemuliaan di sisi Allah swt.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon