9 Manfaat dan Khasiat Kurma untuk Buka Puasa

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Manfaat kurma untuk buka puasa – Berbuka puasa adalah saat dimana kita diperbolehkan makan dan minum setelah seharian kita menahannya. Karena kita sudah menahan untuk tidak makan dan minum seharian, tentu tubuh kita akan kekurangan asupan makanan. Oleh karena itu, disaat berbuka puasa, kita harus makan makanan yang bermanfaat untuk berbuka puasa.

Nah berbicara tentang makanan yang bermanfaat untuk buka puasa, pasti kita tidak akan meninggalkan buah yang satu ini, yaitu buah kurma. Selain menjadi  sunnah rasul, makan buah kurma bermanfaat untuk berbuka puasa. Jadi, berbuka puasa dengan kurma tidak hanya menjadi tradisi masyarakat Timur Tengah. Akan tetapi, nabi Muhammad SAW pun menganjurkan untuk memakan kurma basah untuk membatalkan puasanya sebelum menjalankan kewajiban shalat magrib. Apabila tidak ada kurma basah, maka Nabi akan memakan kurma kering, dan jika tidak ada lagi, barulah nabi meminum air putih. Melihat sikap nabi muhammad yang memposisikan kurma sebagai makanan nomor 1 dan nomor 2 ketika berbuka puasa, tentu bukan tanpa alasan. Pasti ada khasiat dan manfaat kurma untuk berbuka puasa.

Lantas, apa saja manfaat kurma untuk berbuka puasa? Sebelum kita paparkan tentang manfaat buah kurma untuk berbuka puasa, kita harus tahu dulu tentang kandungan yang terdapat dalam buah kurma. Buah kurma mempunyai kandungan yang sangat bermanfat bagi kesehatan, antara lain gula 75%-87%, (glukosa sekitar 55% sedangkan fruktosa sekitar45%). Selainitu, buah kurma banyak mengandung mineral, lemak, protein, dan berbagai vitamin (vitamin A, B2, B12). Melihat kandungan buah kurma yang sangat diperlukan oleh tubuh, tidak heran jika buah kurma sangat bermanfaat untuk berbuka ketika menjalankan ibadah puasa.

Khasiat dan Manfaat Kurma untuk Buka Puasa

Berdasarka berbagai sumber, ternyata ada 9 khasiat dan manfaat buah kurma untuk berbuka puasa. Berikut ini kita paparkan satu persatu.

1. Kurma Mempunyai Kandungan Gula Alami
Buah kurma mempunyai kandungan yang sangat banyak seperti sukrosa, glukosa, dan juga fruktosa. Zat tersebut merupakan gula alami yang baik untuk menormalkan kadar gula darah setelah sebelumnya menurun karena menjalankan puasa. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga dapat mengembalikan energi tubuh kita setelah menjalankan puasa puasa.

2. Kurma Mudah Dicerna oleh Tubuh
Memakan buah kurma ketika berbuka puasa sangat baik bagi pencernaan, karena perut tidak akan kaget ketika kita memakan buah kurma. Buah kurma mudah dicerna dan tidak menimbulkan masalah diperut, hal ini berarti kurma sangat ramah diperut. Manfaat buah kurma ketika dikonsumsi pada saat berbuka puasa yaitu dapat memicu keluarnya zat yang dapat mengaktifkan sistem pencernaan karena ketika puasa perut akan istirahat seharian.

3. Kurma Memiliki Kandungan Serat Tinggi
Kandungan air yang ada dalam buah kurma sangat sedikit, akan tetapi seratnya cukup banyak dan ini sangat bermanfaat bagi tubuh yang sedang berpuasa. Kurma dapat mengatasi sembelit karena proses kurangnya cairan pada tubuh pada saat berpuasa.

4. Kurma Untuk Keseimbangan Tingkat Keasaman Darah
Kurma juga memiliki kandungan zat yang dapat menjaga keseimbangan keasaman darah pada tubuh, yang mana tingkat keasaman ini akan meningkat pada saat berbuka puasa. Peningkatan asam darah ini dikarenakan makan daging dan juga karbohidrat yang berlebih. Dengan memakan kurma, badan akan lebih seimbang.

5. Menyiapkan Perut Untuk Menerima Makanan Lain
Ketika berbuka puasa dengan langsung memakan makanan besar sama halnya memacu kendaraan tanpa memanasinya terlebih dulu. Cara ini dapat memunculkan masalah pencernaan seperti sakit perut melilit, maag, dan diare. Kita juga akan malas beraktifitas dan mudah merasa mengantuk. Hal ini terjadi karena tubuh harus mencurahkan energi ke sistem pencernaan. Berbuka puasa dengan kurma akan membantu perut untuk menerima makanan lain. Kurma akan mengaktifkan cairan pencernaan dan pelepasan enzim dalam perut. Tubuh juga lebih bertenaga dan siap untuk menjalankan fungsinya.

6. Kurma dapat Menyediakan Energi Secara Cepat
Ketika kita berpuasa, maka kita akan merasa lemas atau pusing. Hal ini terjadi karena rendahnya kadar gula ketika perut kosong dan beristirahat selama seharian. Untuk mengembalikan energi dan menormalkan kadar gula darah, orang akan berbuka dengan makanan atau minuman yang manis. Sayangnya, beberapa di antara mereka justru memilih makanan tidak sehat dan dapat mengakibatkan terjadinya lonjakan glukosa dan nafsu makan meningkat. Buah kurma dapat menjadi alternatif makanan sehat ketika berbuka. Nafsu makan lebih terkontrol karena tingginya serat pangan yang ada pada buah kurma. Selain itu, gula alaminya dapat ke liver dan diubah menjadi energi lebih cepat dari nutrisi lainnya.

7. Kurma Mencegah Makan Berlebih
Kurma mempunyai serat pangan yang tinggi sehingga dapat membuat perut merasa cepat kenyang. Selain itu, karbohidrat buah kurma juga tinggi karena kandungan gula alaminya. Gula dalam kurma merupakan karbohidrat kompleks yang dapat mengendalikan nafsu makan dan mencegah kita untuk makan berlebihan setelah seharian berpuasa.

8. Kurma dapat Mencukupi kebutuhan nutrisi
Kurma sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kurma mengandung banyak mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan. Memakan buah kurma yang diimbangi dengan pola makan sehat lainnya akan menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama menjalankan ibadan puasa.

9. Kurma dapat menyehatkan sistem pencernaan
Selama menjalankan ibadah puasa akan terjadi perubahan jam makan dan asupan serat yang berkurang sehingga dapat mengakibatkan berbagai masalah pencernaan. Selain itu, banyak orang mengkonsumsi makanan yang tidak sehat baik ketika berbuka puasa dan sahur.Nah, dengan mengkonsumsi beberapa butir kurma secara teratur ketika berbuka puasa bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat yang ada pada buah kurma dapat melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari berbagai zat dan racun berbahaya. Sifat lakasatif yang ada pada kurma dapat mencegah sembelit yang sering terjadi ketika kita sedang berpuasa. Kurma juga mampu menghambat pertumbuhan organisme pengganggu dan menstimulasi perkembangan bakteri baik di usus.


Manfaat Buah Kurma yang Lain

Dengan membaca 9 manfaat buah kurma untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa, kita dapat mengetahui bahwa buah kurma adalah buah yang kaya akan manfaat, khuusnya pada kesehatan manusia. Buah kurma mempunyai kandungan tanin yang tinggi sehingga, secara kedokteran buah kurma mempunyai khasiat sebagai daya pembersihan yang baik dan astringent untuk usus yang bermasalah. Buah kurma juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, sakit pilek, dan meringankan demam. Adapun pengaplikasian buah kurma untuk sajian buka puasa dapat dijadikan sirup, infus, ramuan, dan pasta.

Manfaat dan Khasiat Kurma untuk Buka Puasa

Selain dalam ilmu kesehatan, buah kurma menurut keyakinan orang Arab bermanfaat untuk menetralkan keracunan karena alkohol. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, ternyata getah dari batang pohon kurma dapat digunakan untuk obat penyakit kencing genital dan diare. Sedangkan akar pohon kurma juga bermanfaat untuk obat sakit gigi. Demikian artikel tentang khasiat dan manfaat buah kurma  untuk berbuka puasa. Semoga bermanfaat untuk para pembaca, khususnya yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon