Apa Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil? Ini Jawabnya

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil – Ada anggapan bahwa wanita dikatakan sempurna jika sudah mempunyai anak. Oleh karena itu, banyak dari pasangan yang baru menikah langsung ingin merencanakan program kehamilan. Namun, masa kehamilan adalah masa sulit yang dialami oleh wanita hamil. Ibu hamil mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menjaga diri, menjaga janin, dan bahkan harus rela mengorbankan nyawa mereka ketika proses persalinan.

Selama masa kehamilan, seorang calon ibu akan berusaha memberikan yang terbaik untuk janinnya, salah satunya yaitu dengan memakan makanan yang bermanfaat untuk ibu hamil. Salah satu makanan yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah buah apel. Buah apel ternyata mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil karena mempunyai kandungan vitamin yang bagus dan dibutuhkan ibu hamil. Mungkin pembaca ada yang pernah mendengar tentang manfaat buah apel untuk ibu hamil, namun belum mengetahuinya secara lebih mendetail. Buah apel mempunyai banyak kandungan vitamin yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Lantas, Apa saja Kandungan Buah Apel untuk Ibu Hamil?

Buah apel mempunyai banyak kandungan vitamin yang menyehatkan, khususnya jenis apel hijau. Vitamin yang terkandung dalam buah apel antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Dengan mengkonsumsi apel secara teratur, dapat memebuhi kebutuhan kebutuhan vitamin tubuh kita. Selain vitamin, buah apel juga mempunyai kandungan yang kaya serat, sehingga buah apel sangat bermanfaat bagi ibu hamil sebagai makanan sehat. Apel juga mempunyai asam malat dan tannin.

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Nah, untuk mengetahui sejauh mana manfaat buah apel untuk ibu hamil, dalam artikel ini, akan kita bahas apa saja manfaat buah apel untuk ibu hamil. Ada sekitar 16 manfaat yang akan didapatkan oleh ibu hamil ketika mengkonsumsi buah apel, antara lain sebagai berikut :

1. Mengurangi Bengkak pada Tubuh
Ketika menjadi ibu hamil, maka beberapa bagian tubuh akan membesar (bengkak). Jadi tidak hanya perut saja yang membesar. Sebagai wanita, tentu hal ini akan membuat tidak nyaman, khsusnya pada bagian kaki. Nah, untuk mengatasinya ibu hamil dapat mengkonsumsi buah apel dengan teratus. Dengan mengkonsumsi buah apel, manfaat untuk ibu hamil yang akan didapat adalah terjadinya penurunan pembengkakan bagian tubuh pada area tertentu, seperti kaki, tangan, dan siku.

2. Mengatasi Sembelit dan Diare
Salah satu kesulitan yang didapat oleh ibu hamil adalah ketika mau buang air besar, baik itu dalam posisi duduk maupun proses pencernaan makanan. Seperti yang disampaikan di atas, bahwa buah apel mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Jadi dengan mengkonsumsi buah apel, akan membantu ibu hamil dalam melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit serta diare.

3. Mengurangi Kemungkinan Bayi Prematur
Manfaat apel untuk ibu hamil yang lain yaitu dapat mengurangi resiko bayi lahir prematur. Kelahiran prematur pada umumnya disebabkan karena ibu hamil mengalami sekresi empedu berlebih, sehingga mengalami komplikasi. Dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat mengurangi risiko bayi prematur. Selain itu, manfaat lain yang didapat adalah dapat membantu proses kelahiran bayi.

4. Sebagai Antioksidan
Buah apel tidak hanya mempunyai banyak vitamin dan serat, namun juga mempunyai kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah apel maka racun-racun jahat yang ada dalah tubuh dapat dibasmi, sehingga radikal bebas dari luar dapat dikurangi.

5. Mengurangi Resiko Asma
Mengkonsumsi buah apel akan bermanfaat untuk menyehatkan untuk Ibu hamil dan janin, selain itu juga dapat menjauhkan janin dari berbagai penyakit, misalnya asma dan paru-paru.

6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Ketika hamil, wanita akan mudah emosional dan tekanan darahnya tidak stabil. Untuk itu, silahkan konsumsi apel secara teratur. Buah apel bermanfaat untuk ibu hamil, yaitu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Dengan begitu tekanan darah yang awalnya tinggi menjadi normal.

7. Mengurani Rasa Mual dan Muntah
Ketika hami, wanita akan merasa sensitif pada perutnya. Hal ini terjadi karena meningkatnya asam lambung, sehingga memberikan efek rasa mual dan dan ingin muntah. Buah apel bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan muntah ibu hamil, karena mempunyai fungsi yang dapat menurunkan asam lambung. Biasanya ketika mual dan ingin muntah, ibu hamil ingin makan yang asam. Kebetulam buah apel mempunyai rasa asam yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah.

8. Menjaga Nafsu Makan
Ibu hamil sering merasa mual, oleh karena itu malas makan. Padahal, gizi ibu hamil harus selalu dijaga khususnya pada bulan awal kehamilan. Jika nutrisi untuk Ibu hamil kurang, maka nutrisi untuk janin juga berkurang. Untuk menjaga pola makan teratur dan sehat dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah apel. Selain itu, buah apel terutama apel hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

9. Buah Apel membuat wanita hamil terlihat lebih cantik
Mungkin belum ada yang banyak tahu, jika memakan buah apel dapat membuat ibu hamil terlihat lebih cantik. Kok bisa? Jadi ketika memakan apel, karena buah apel cukup keras, kita akan lebih banyak mengunyah sehingga membuat otot-otot di wajah ikut bergerak seperti senam wajah. Gerakan tersebut dapat mencegah wajah terlihat lesu dan keriput. Oleh sebab itu, ketika sedang hamil usahakan mengkonsumsi apel.

10. Mencegah pikun (alzheimer) pada anak
Buah apel bermanfaat untuk mencegah pikun pada anak (alzheimer). Buah apel mengandung asetikolin, yaitu zat yang memindahkan pesan antar sel-sel saraf dalam tubuh. Ketika ibu hamil rutin makan apel, maka dapat menjaga daya ingat otakdan menghindarkan janin dari penyakit alzeimer.

11. Memenuhi Kebutuhan Protein
Buah apel merupakan salah satu sumber protein nabati. Jadi, selain dari kacang-kacagan, protein nabati juga dapat didapat dari buah apel, khususnya jenis apel hijau.

12. Mencegah kanker
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang makan buah apel secara rutin dapat mengurangi berkembangnya sel kanker sampai 42%.

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

13. Buah Apel dapat Menyehatkan Kulit
Pada umumnya, ibu hamil malas untuk memperhatikan tubuh, khusunya kulit seperti jerawat, kulit kusam, maupun kulit kering. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan secara teratur makan buah apel, khususnya apel hijau. Apel hijau mempunyai banyak vitamin yang dapat menjaga kesehatan kulit. Dan yang paling penting adalah, cara tersebut adalah cara yang alami. Jadi pasti aman.

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat apel untuk ibu hamil? Akan tetapi, bagi para ibu hamil, silahkan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang lain. Karena tidak hanya buah apel saja yang bermanfaat untuk ibu hamil. Lagi pula akan cepat bosan jika mengkonsumsi buah apel secara terus menerus.

2 komentar

Blognya lengkap, dan berisi informasi yang dibutuhkan sehari-hari...
Salam kenal, dan terimakasih....

Iya, sama-sama. artikrl di blog strategikeuangan,com juga bagus. Beberapa sudah saya baca.Khususnya yang tantangan generasi milenia.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon