Monday, May 15

Manfaat Buah Alpukat Untuk Diet & Caranya Lengkap

      Iklan (Tutup Klik 2x)
      Iklan (Tutup Klik 2x)
Manfaat buah alpukat untuk diet dan melangsingkan badan – Mempunyai bentuk badan yang ideal adalah keinginan sebagian besar orang terutama wanita. Untuk mendapatkan bentuk badan tersebut, ada banyak program yang dapat dilakukan salah satunya adakah program diet. Diet adalah sebuah program dengan aktivitas tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan berat badan yang proporsional. Supaya lebih aman, maka sebaiknya program diet menggunakan metode alami yang aman untuk tubuh, salah satunya yaitu diet menggunakan buah alpukat. Buah alpukat ternyata bermanfaat untuk diet atau menurunkan berat badan.

Manfaat buah alpukat untuk diet akan menjadi fokus utama dalam artikel ini? Program diet menggunakan buah alpukat mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan program diet lainnya, terutama diet yang menggunakan bahan kimiawi yang instan. engkonsumsi produk instan sebagai alternatif program diet memang tidak dilarang, akan tetapi sebaiknya dihindari. Hal ini karena konsumsi obat diet dalam jangka panjang dapat membuat berbagai jenis penyakit dalam tubuh, misalnya kanker. Memang diet dengan bahan alami butuh waktu lama untuk mendapatkan hasilnya, namun manfaat yang didapat juga lebih lama dibandingkan diet dengan menggunakan produk instan.

Jadi diet menggunakan bahan alami seperti alpukat lebih aman dan lebih baik dibandingkan dengan diet dengan produk instan. Lantas apa yang dimaksud dengan diet menggunakan alpukat? Terus bagamana metode diet menggunakan biah alpukat? Berikut ini penjelasannya.

Apa itu Diet Alpukat?

Diet dengan buah seperti pisang atau pepaya mungkin sudah sering kita dengar, namun diet menggunakan buah alpukat masih menjadi hal baru. Hal ini wajar saja karena buah alpukat bukan buah asli indonesia dan tidak semua daerah (toko buah) mempunyai buah alpukat. Buah alpukat merupakan buah asli amerika tengah yang dibawa ke Indonesia pada saat Belanda menjajah Indonesia.

Diet menggunakan buah alpukat adalah diet yang menggunakan buah alpukat sebagai bahan utama, khususnya sebagai makanan atau minuman. Buah alpukat dijadikan sebagai buah yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena buah alpukat mempunyai kandungan atau nutrisi yang cocok untuk tubuh dan menjadi menu makanan ketika diet.

Manfaat gizi dalam buah Alpukat untuk diet

Di dalam buah alpukat, terdapat lebih dari 20 vitamin esensial, mineral dan fitonutrien. Selain itu, alpukat ini juga mempunyai kandungan protein dan serat yang tinggi. Buah Alpukat juga merupakan sumber kalium dan asam folat, vitamin B kompleks yang berperan penting dalam menjaga tubuh, vitamin C, E dan K, dan karotenoid provitamin A.

Lemak dan gula yang terdapat dalam buah alpukat tidak menggemukkan badan, karena lemak dan gula tersebut merupakan jenis lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan karena mengandung kolesterol baik. Jumlah kadar gula dalam buah alpukat yaitu sedikit sehingga tidak akan membuat badan gemuk, malah justru dapat mengontrol berat badan.

Kandungan lain yang ada di dalam buah alpukat yaitu serat. Serat adalah zat yang ada di dalam makanan yang mempunyai fungsi utama untuk memperlancar pencernaan. Di dalam lambung, serat akan berubah menjadi gel yang membuat makanan menggumpal seperti jelly. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga kita tidak mudah lapar. Dengan demikian, berat badan akan lebih terkontrol dan tidak mudah gemuk karena tidak banyak makan namun tetap terasa karena merasa kenyang. Serat dalam buah alpukat juga bermanfaat untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan.

Cara mengkonsumsi buah alpukat untuk diet

Setelah mengetahui kandungan nutrisi buah alpukat dan manfaatnya untuk diet, tentu sudah tidak ada alasan lagi untuk menolak alpukat sebagai buah yang bermanfaat untuk diet. Akan tetapi walaupun kita percaya bahwa buah alpukat bermanfaat untuk diet, ada satu permasalahn lagi yang membuat orang enggan mengkonsumsi buah alpukat untuk diet, yaitu rasanya yang hambar. Tenang saja, ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengolah buah alpukat sebagai makanan pendaping diet.

1. Membuat jus alpukat untuk diet
Tips pertama jika ingin diet menggunakan alpukat yaitu membuat jus alpukat. Proses pembuatan jus alpukat tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan jus buah lain. Hanya saja disarankan untuk tidak menggunakan banyak gula, karena terlalu banyak gula justru akan membuat kita gemuk dan menggagalkan program diet.

2. Membuat salad alpukat untuk diet
Selain dibuat jus alpukat, kita dapat mengolahnya menjadi salad dengan sayuran yang lain misalnya keju, strawberry, selada, tomat, dan buah lain yang kemudian ditaburi dengan mayones dan minyak zaitun. Rasa salad tersebut sangat enak dan unik, jadi dapat menjadi hidangan wajib ketika diet.

3. Buah alpukat dimakan langsung untuk diet
Selain dibuat jus dan salad, buah alpukat juga dapat dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat lebih murni dan tanpa tambahan bahan yang lain.


Keuntungan Mengkonsumsi Alpukat Saat Diet

Ketika kita diet menggunakan buah alpukat, akan ada banyak keuntungan yang akan didapat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa keuntungan yang akan didapat ketika kita diet menggunakan alpukat yaitu sebagai berikut :

1. Mampu menjadi peluntur lemak perut
Di dalam buah alpukat, terdapat banyak lemak nabati yang menguntungkan bagi kesehatan. Fungsi lemak baik ini yaitu untuk meminimalisir kolesterol jahat di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung senyawa fitonutrien yang bermanfaat untuk memerangi lemak dalam perut dan membuat perut menjadi susut dan rata.

2. Membuat Anda merasa kenyang
Aplukat merupakan salah satu buah andalan yang bermanfaat mengendalikan rasa lapar ketika diet. Alpukat yang mempunyai serat tinggi dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memaksimalkan sistem pencernaan.

3. Menstabilkan gula darah
Kandungan potassium yang terdapat dalam buah alpukat dapat menjaga kestabilan darah, dan mencegah hipertensi yang dapat mengakibatkan penyakit stroke.

4. Dapat menjadi cemilan yang baik
Ketika diet, mungkin kita akan tetap ingin ngemil makanan ringan. Kita harus pandai memilih cemilan yang sehat dan tidak mengganggu program diet. Salah satu cemilan tersebut yaitu buah alpukat.

5. Sumber Energi Tubuh
Buah alpukat dapat dikonsumsi sebagai sumber energi tubuh. Di dalam Buah alpukat terdapat lemak 20-30 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan dari buah lainnya. Kandungan lemak pada buah alpukat dapat menjadi sumber energi yang tinggi untuk tubuh. Apalagi jenis lemak yang terdapat dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh sehingga dapat dicerna oleh tubuh dengan mudah.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Diet- Caranya

6. Menangkal radikal bebas
Buah alpukat selain untuk kesehatan jantung juga dapat menangkal radikal bebas. Kandungan Asam oleat yang terdapat dalam buah alpukat merupakan jenis antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang kemungkinan akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti gangguan metabolisme hingga kanker. Dengan demikian, buah alpukat merupakan salah satu antioksidanyang bermanfaat untuk tubuh dalam mengeluarkan racun melalui air seni atau keringat.

7. Anti-penuaan
Buah alpukat merupakan buah dengan manfaat alat anti-penuaan yang murah. Lemak tak jenuh yang terdapat dalam buah alpukat dapat mengontrol komedo dan jerawat serta meningkatkan warna kulit dan. Vitamin E, Antioksi, dan karotenoid, melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dan paparan sinar ultraviolet. Selain itu, vitamin C dalam buah alpukat dapat mempertahankan kekencangan dan elastisitas kulit. Manfaat alpukat yang sangat bermanfaat untuk penampilan tubuh dimasukan ke dalam menu diet.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon