Wednesday, May 17

Inilah 8 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Wajah & Kulit

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah (Kulit) – Siapa sih yang tidak ingin mempunyai wajah yang cantik atau tampan? Wajah yang cantik atau tampan adalah salah satu pendukung penampilan seseorang. Oleh karena itu, tidak heran jika orang zaman sekarang suka pergi ke klinik kecantikan untuk merawat wajah mereka agar tetap prima. Akan tetapi, sebagian orang juga masih menggunakan cara alami yang aman untuk merawat wajah mereka. Salah satu yang cara yang dapat digunakan adalah terapi belimbing wuluh. Buah belimbing wuluh mempunyai manfaat untuk wajah.

Lantas apa saja manfaat belimbing wuluh untuk wajah? Secara singkat, manfaat belimbing wuluh dapat mengobati jerawat, komedo, penuaan dini, menghasluskan kulit, dan lain-lain. Sedangkan cara pemanfaatan buah belimbing wuluh untuk kecantikan dapat dibuat menjadi masker atau jus. Namun, sebelum kita membahas secara detail manfaat belimbing wuluh untuk wajah, alangkah lebih baiknya kita baca dulu, apa saja kandungan dalam belimbing wuluh. Kok belimbing wuluh bisa bermanfaat untuk wajah.

Belimbing wuluh salah satu buah yang mempunyai banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah wajah dan kulit. Beberapa kandungan yang terdapat dalam belimbing wuluh yaitu potasium, kalsium, serat, karbohidrat, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, mineral, fosfor, zat besi, dan lain-lain. Sedangkan kandungan buah belimbing wuluh yang bermanfaat untuk wajah dan kulit yaitu flavonoid, saponin, glukosid, tanin, sulfur, oksalat dan kalium sitrat.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah dan Kulit

Dalam artikel ini, setidaknya ada 8 manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan kulit. Sebagian manfaat belimbing wuluh mungkin sudah dipaparkan di atas, tetapi penjelasannya belum. Nah simak 8 manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan kulit.

1.  Belimbing Wuluh dapat menghaluskan Kulit
Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang pertama adalah menghaluskan kulit. Kandungan vitamin C yang ada pada belimbing wuluh dapat menjaga kulit agar tetap halus.

2.  Belimbing Wuluh dapat mengecilkan Pori-Pori
Manfaat yang kedua dari belimbing wuluh yaitu  mengecilkan pori-pori pada kulit. Pori-pori yang besar dapat menjadi penyebab munculnya jerawat, selain itu bakteri atau kotoran akan tersumbat dalam pori-pori. Dengan menggunakan belimbing wuluh, maka pori-pori dalam tubuh akan mengecil sehingga bakteri tidak akan tersumbat di dalam pori-pori.
 
3.  Belimbing Wuluh dapat menghambat Proses Penuaan
Setiap manusia pasti mempunyai usia yang akan bertambah dari waktu ke waktu. Tentu saja, penuaan usia akan membuat wajah kita kriput dan terlihat tua. Dari pada menggunakan bahan kimia yang berbahaya, sebaiknya coba menggunakan belimbing wuluh yang alami dan aman. Di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan vitamin yang bermanfaat untuk penuaan, yaitu vitamin C dan A. Vitamin tersebut bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sebagai penyebab proses penuaan dini. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada belimbing wuluh berkhasiat untuk mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit yang menjadikan wajah akan terlihat awet muda.

4.  Belimbing Wuluh dapat memutihkan Kulit Wajah
Sudah terbukti bahwa belimbing wuluh bermanfaat untuk memutihkan dan mencerahkan wajah. Hal ini karena belimbing wuluh mempunyai nutrisi yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

5.  Belimbing Wuluh dapat mengurangi Minyak Berlebih
Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Akan tetapi, minyak berlebih tersebut dapat dikurangi menggunakan belimbing wuluh, tentu saja secara alami. Dalam belimbing wuluh terdapat vitamin C yang berfungsi untuk mengangkat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

6.  Belimbing Wuluh dapat mengangkat Sel Kulit Mati
Sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah harus diangkat agar kulit wajah terlihat bersinar dan merona. Untuk itu, kita dapat menggunakan masker belimbing wuluh. Belimbing wuluh mempunyai kandungan yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Dengan demikian, kulit akan terlihat seperti remaja dan semakin segar.

7.  Belimbing Wuluh dapat meronakan Warna Bibir
Setiap wanita biasanya ingin mempunyai bibir merona supaya terlihat menawan. Tidak perlu memakai lispik yang menor, melainkan kita dapat menggunakan belimbing wuluh untuk meronakan bibir. Belimbing wuluh bermanfaat untuk meronakan warna bibir secara alami. Selain membuat bibir merona, belimbing wuluh mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesegaran bibir.

Kandungan nutrisi belimbing wuluh yang mampu membuat bibir merona merah yaitu vitamin C dan vitamin A. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, caranya yaitu dengam mengoleskan belimbing wuluh pada bibir dua kali dalam sehari. Selain itu, dapat juga bisa dikombinasikan dengan madu supaya kulit mati pada bibir bisa terangkat. Dengan demikian, bibir akan terlihat merah alami dan segar.

8.  Belimbing Wuluh dapat mengatasi jerawat dan komedo
Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang terakhir yaitu belimbing wuluh bermanfaat untuk mengatasi jerawat, komedo, dan panu. Jerawat termasuk dalam masalah sepele, akan tetapi harus segera diatasi. Mengapa? Hal ini karena jerawat dapat mengakibatkan bekas dan flek hitam di wajah. Belimbing wuluh mempunyai antioksidan yang bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat.  Selain itu, kandungan anti bakteri pada belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat karena kotoran atau bakteri yang menyumbat pada pori-pori kulit.

Selain jerawat, belimbing wuluh juga  dapat mengatas komedo. Baik jerawat maupun komedo, dapat diatasi dengan menggunakan belimbing wuluh dengan menggunakan masker belimbing wuluh. Dengan menggunakan masker belimbing wuluh, komedo dan jerawat pada wajah akan segera hilang secara efektif dan alami.

Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh untuk Wajah

Setelah mengetahui manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan kecantikan, sekarang kita akan bahas bagaimana belimbing wuluh dapat digunakan untuk kecantikan. Cara penggunaan belimbing wuluh untuk wajah yaitu dengan membuat masker belimbing wuluh. Sebenarnya ada beberapa resep pembuatan masker belimbing wuluh, namun dalam hal ini akan kita bahas salah satunya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, cara membuat, dan cara  penggunaan masker belimbing wuluh.

Manfaat Blimbing Wuluh untuk Wajah, Kulit

1. Bahan pembuatan
10 buah belimbing wuluh dan air hangat secukupnya

2. Cara membuat
a. Cuci belimbing wuluh sampai bersih.
b. Masukkan buah belimbing wuluh dan air hangat ke dalam blender. Lalu, blender sampai halus.
c. Masker belimbing wuluh siap untuk digunakan.

3. Cara penggunaan:
a. Bersihkan wajah Anda hingga benar-benar bersih
b. Setelah wajah kering, balurkan masker belimbing wuluh pada wajah dengan merata.
c. Diamkan sekitar 10 menit, kemudian gosok kulit wajah secara perlahan agar sel kulit mati dapat terangkat.
d. Setelah selesai, bilas wajah menggunakan air yang mengalir.

Waktu penggunaan masker belimbing wuluh yang terbaik yaitu sesaat sebelum tidur. Karena pada malam hari, kulit dapat bernafas dan menyerap nutrisi dengan lebih baik. Jadi, wajah akan tampak lebih cantik dan cerah keesokan harinya. Demikianlah manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan kulit.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon