Sunday, May 14

16 Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil dan Janin, Penting !!!

Manfaat alpukat bagi ibu hamil dan janin – Alpukat (Avokado) adalah salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat, mulai dari buahnya, daunnya, hingga bijinya. Semua yang berhubungan dengan alpukat mempunyai banyak manfaat. Ketika hamil, seorang wanita membutuhkan nutrisi yang khusus. Hal ini karena apa yang dikonsumsi ibu hamil akan sangat mempengaruhi perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

Dari sekian banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin, buah alpukat adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Manfaat alpukat bagi ibu hamil dan janin ternyata tidak sedikit. Alpukat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil agar sang ibu dan janin selalu sehat, khususnya kebutuhan asam folat. Ibu hamil secara normal membutuhkan asam folat sebanyak 400 mcg/hari, dibandingkan tidak hamil yang hanya perlu 180 mcg/hari. Dengan mengkonsumsi buah alpukat akan bermanfaat untuk memenuhi asam folat ibu hamil.


16 Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil dan Janin

Dalam praktiknya, untuk mendapatkan manfaat dari buah alpukat, maka buah alpukat dapat dijadikan sebagai makanan pendamping ibu hamil. Adapun cara makan alpukat untuk ibu hamil dapat dikonsumsi dalam bentuk jus alpukat. Buah alpukat merupakan buah yang aman untuk dinikmati ibu hamil, hanya saja jika ibu hamil mempunyai alergi maka sebaiknya dihindari. Selain itu, walaupun buah alpukat lebih terlindungi dari pestisida karena kulitnya yang tebal, namun buah alpukat sebaiknya tetap dicuci terlebih dahulu sebelum disantap agar mengurangi kontaminasi.

Berikut ini akan dijabarkan 16 manfaat buah alpukat bagi ibu hamil dan janin.

1. Memberi Perlindungan pada Penglihatan Mata Ibu Hamil
Manfaat buah alpukat bagi ibu hamil nomor saru yaitu memberikan perlindungan pada penglihatan ibu hamil. Kurangnya lituein ketika hamil pada umumnya dapat meningkatkan risiko gangguan penglihatan, oleh karena itu dengan mengkonsumsi alpukat, lituein akan meningkat sehingga berbagai gangguan penglihatan bisa dicegah.

2. Mengurangi resiko stroke bagi ibu hamil
Manfaat buah alpukat bagi ibu hamil yang kedua adalah dapat mengurangi stroke.  Buah alpukat mempunyai asam folat yang tinggi, sehingga ketika Ibu hamil mengkonsumsi buah alpukat maka akan mengurangi terkena stroke.

3. Melindungi bayi sebelum lahir
Selain melindungi ibu hamil, memakan satu cangkir buah alpukat bermanfaat untuk memenuhi 1/4 asupan asam folat harian sehingga mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat.

4. Mengurangi peradangan pencernaan pada ibu hamil.
Manfaat buah alpukat bagi ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi peradangan pada lambung dan peradangan lapisan mukosa pada usus halus. Dalam buah alpukat terdapat nutrisi penting berupa karotenoid yang termasuk dalam beta karoten dan likopen.

5. Meningkatkan penyerapan nutrisi
Selain memberikan banyak nutrisi kepada ibu hamil, manfaat alpukat bagi ibu hamil yang lain yaitu dapat membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat, maka dapat meningkatkan penyerapan karotenoid dalam tubuh. Karotenoid sendiri didapat dari vitamin A yang ada pada buah alpukat.

6. Obat kram pada ibu hamil
Pada ibu hamil, kaki kram merukapan masalah yang setring dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah-buahan, misalnya alpukat. Manfaat buah alpukat bagi ibu hamil yaitu untuk mendapatkan potasium sehingga membantu mengurangi sakit kram.

7. Menurunkan kolesterol dan kadar gula darah
Buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan juga mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Kadar gula dan respon insulin akan lebih ditekan karena rasa kenyang setelah mengkonsumsi buah alpukat. Selain itu, pada sebuah penelitian, buah alpukat secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 17 % dan dan kolesterol baik meningkat sebesar 11%. Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung, sehingga buah alpukat dapat mencegahnya.

8. Alpukat membuat ibu hamil cepat kenyang
Buah alpukat mempunyai 3,4 gram serat sehingga bermanfaat agar ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Pada buah Alpukat, terdapat asam oleat yang akan mengaktifkan bagian dari otak sehingga membuat ibu hamil merasa kenyang. Manfaat alpukat bagi ibu hamil terdapat lemak tak jenuh yang sehat dan terbukti menghasilkan rasa kenyang lebih besar dibandingkan lemak jenuh dan lemah trans yang ada didalam olahan.

9. Makanan otak bagi ibu hamil
Menurut Dr Daniel G, buah alpukat adalah salah satu makanan otak terbaik untuk mengurangi resiko Alzheimer. Didalam buah alpukat, terdapat Omega 3 pada asam lemak serta vitamin E yang terbukti dapat menghentikan penyakit Alzheimer.

10. Mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir
Asam folat merupakan nutrisi yang penting dalam pengembangan organ tubuh janin. Kekurangan asam folat akan mengakibatkan terjadinya deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas adalah susunan gigi tetap yang tidak teratur karena gangguan rahang yang saat sedang mengalami perkembangan.

11. Mencegah cacat syaraf pada janin
Asam folat yang terdapat dalam buah alpukat selain mencegah deformitas juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Untuk cara mengkonsumsinya, Ibu hamil dapat menyantap setengah cangkir buah alpukat.

12. Mencegah komplikasi
Ketika hamil, ada kondisi dimana seorang ibu akan mengalami kelelahan. Oleh karena itu, asam folat dapat digunakan untuk mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preeklamsia. Seorang ibu hamil sering mengalami kekurangan zat besi (Fe) sehingga terjadi anemia. Sedangkan preklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Buah Alpukat bermanfaat bagi ibu hamil sehingga memakan beberapa potong alpukat cukup dalam memenuhi kebutuhan ini.

13. Buah Alpukat Kaya akan B1 dan B2 juga B6
Manfaat buah alpukat bagi ibu hamil yaitu untuk mengatasi mual saat hamil muda dengan asupan vitamin B1 yang terkandung dalam alpukat. Jadi, B1 (Tiamin) dikenal untuk mengurangi rasa mual dan muntah dipagi hari. Terutama pada akhir kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran dan paska menyusui. Vitamin B2 atau riboflavin. Hal tersebut merupakan elemen penting untuk membantu penguraian zat makanan untuk janin. Sedangkan vitamin B6 disebut sebagai Pridoksin yang sangat penting untuk membantu daya tahan ibu yang sedang hamil.

Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil dan Janin

14. Meningkatkan fungsi pencernaan
Seorang ibu hamil selama kehamilan terutama diakhir kehamilan akan mengalami sembelit. Manfaat buah alpukat bagi ibu hamil yaitu memiliki banyak sehingga dapat meningkatkan pergerakan usus dan pencernaan menjadi lebih baik.

15. Asupan Kalsium
Kebutuhan tubuh akan naik berlipat ganda selama masa kehamilan. Oleh karena itu, kebutuhan akan kalsium harus diperhatikan. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium baik untuk ibu hamil dan janin, maka peran buah alpukat sangat diperlukan. Buah alpukat mempunyai banyak kalsium yang bermanfaat sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang janin.

16. Mengandung dengan Vitamin C, E, dan K
Dalam buah alpukat, terdapat vitamin C, E, dan K yang bermanfaat bagi ibu hamil. Pada ibu hamil, Vitamin C bermanfaat untuk mempercepat penyerapan zat besi (Fe) dalam tubuh karena ketika hamil, seorang wanita sering kali mengalami anemia. Vitamin C yang didapat dari buah alpukat lebih aman dibandingkan dengan mengkonsumsi vitamin C kimiawi yang dikhawatirkan tidak baik.

Sedangkan Vitamin E yang ada pada buah alpukat akan memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi. Dalam hal ini vitamin E dapat menghasilkan hormon prolaktin yang pengaruh terhadap kondisi emosional dan metabolisme tubuh. Selain itu, manfaat vitamin E bagi ibu hamil dapat sebagai antipenuaan. Adapun vitamin K bermanfaat dalam pembentukan tulang janin.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon