13 Buah Penurun Darah Tinggi yang Cepat dan Efektif

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Buah-buahan penurun darah tinggi (Hipertensi) - Darah tinggi adalah suatu kondisi kronis dimana tekanan darah yang ada pada dinding arteri meningkat. Keadaan ini sangat berbahaya apabila dibiarkan atau tidak diketahui, karena dampak buruknya adalah risiko kematian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga tekanan dara kita tetap stabil dan segera mencari cara untuk menurunkan tekanan darah jika tahu kita mengalami hipertensi. Adapun untuk mengetahui seseorang terkena darah tinggi atau tidak, satu-satunya cara adalah dengan cara menggunakan alat pengurkur darah.

Di Indonesia, penderita darah tinggi meningkat dari tahun ketahun. Adapun pemicu atau penyebab darah tinggi biasanya karena pola makan, kelebihan berat badan, kurang makan buah dan sayur, dan minum minuman beralkohol. Ketika tekanan darah seseorang naik, maka ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan atau buah-buahan penurun darah tinggi.

Ada banyak sekali buah yang dapat menurunkan darah. Selain murah, alami, dan tidak menimbulkan efek samping, buah penurun darah tinggi juga memberikan manfaat tambahan untuk tubuh. Berbeda dengan obat penurun darah yang selain mahal, tentu mempunyai dampak yang tidak baik untuk organ tubuh, misalnya ginjal.

Buah-buahan penurun darah tinggi (Hipertensi)

Setidaknya ada 13 buah yang berkhasiat menurunkan darah tinggi, misalnya melon, anggur, tomat, blewah, semangka, alpukat, pisang, buah kiwi, jambu biji, dan lain-lain. Tentu saja, buah neurun darah tinggi tersebut selain harganya relatif murah juga dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia yang mempunyai iklim tropis. Mari kita bahas satu persatu buah penurun darah tinggi.

1. Buah Ketimun
Buah penuruh darah tinggi yang pertama adalah buah ketimun. Buah ketimun mempunyai kadar mineral potasium yang tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Selain murah, buah ini dapat kita beli di pasar-pasar tradisional atau supermarket dengan mudah. Kita dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan lalapan.

2. Buah Blewah
Berbeda dengan buah ketimun yang dapat kita jumpai dengan mudah, buah blewah adalah buah musiman. Buah ini hanya dapat dengan mudah kita jumpai ketika bulan puasa saja, selain itu jarang kita jumpai. Khasiat buah blewah tidak kalah dengan buah ketimun untuk menurunkan darah tinggi. Buah blewah juga mempunyai potasium yang tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Buah blewah sangat cocok dikonsumsi dalam bentuk es buah, sup buah, atau jus blewah. Mungkin makan dengan lalapan ketimun dan mimun es blewah merupakan perpaduan yang tepat untuk menjaga tekanan dara agar tetap stabil.

3. Buah Semangka
Satu lagi buah yang segar yang dapat menurunkan darah tinggi adalah buah semangka. Buah ini sangat mudah dijumpai di negara kita. Buah semangka dapat menurunkan darah tinggi karena kandungan L-citrulline. Zat tersebut dapat membantu membuat pembuluh darah rileks, sehingga dapat menurunkan darah tinggi. Jenis semangka yang sering kita jumpai adalah semangka merah dan kuning, kedua jenis tersebut sama-sama bermanfaat menurunkan darah tinggi.

4. Buah Pisang
Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah buah pisang. Kandungan satu buah pisang ukuran sedang terdiri dari 12% kalium, 8% magnesium, dan 1% kalsium, yang kita butuhkan oleh kita setiap hari. Kandungan kalium yang tinggi pada pisang yang dapat menurunkan darah tinggi. Untuk hasil yang terbaik, kita dapat mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari agar tekanan darah kita tetap stabil dan tidak tinggi. Akan tetapi, kita dapat menambahkan satu pisang lagi setiap hari untuk mencegah penyakit stroke.

5. Buah Jeruk
Jeruk merupakan buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, jeruk juga mempunyai tinggi nutrisi dan rendah kalori. Adapun buah jeruk dipercaya dpat menurunkan darah tinggi karena kandungan kaliumnya. Kandungan kalium pada buah jeruk lah yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi.

6. Buah Melon
Melon adalah buah-buahan yang sangat baik untuk tubuh karena kandungan thiamin, kalium, vitamin C, dan vitamin A. Selain itu, buah melon juga terdapat magnesium, asam folat dan vitamin B6. Melihat kandungan buah melon tersebut, sudah jelas buah melon dapat menurunkan darah tinggi. Satu cangkir melon atau setara dengan 173 gr mengandung 484 mg kalium. Kandungan tersebut setara dengan 14% dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk tubuh, khususnya untuk menstabilkan tekanan darah.

7. Buah Alpukat
Buah penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah buah alpukat. Kandungan setengah potong buah alpukat terdiri dari 10% kalium, 5% magnesium, dan 1% kalsium. Jadi, buah alpukat mengandung mineral yang dapat menurunkan tekakan darah tinggi. Buah alpukat juga sehat bagi jantung karena kaya lemak tak jenuh tunggal.

8. Buah Anggur
Jika kita ingin mengkonsumsi anggur untuk menurunkan darah tinggi, pilihlah buah anggur yang matang untuk mendapatkan rasa dan kualitas terbaik. Buah anggru mempunyai Bioflavonoid yang tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi, namuni juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

9. Buah Jambu Biji
Buah jambu biji mempunyai kadar kalium yang tinggi dan kaya serat alami. Jadi, buah jambu dapat menurunkan darah tinggi. Selain itu, buah jambu biji juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan program diet.

Buah Penurun Darah Tinggi

10. Buah Tomat
Menurunkan tekanan darah juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah tomat. Akan tetapi, sangat dianjurkan ketika mengkonsumsi buah tomat lebih baik dimakan langsung dan tanpa pemrosesan lebih lanjut. Apalagi ditambah daging dan bahan-bahan lain seperti keju. Selain dapat menurunkan darah tinggi, buah tomat yang kaya akan lycopene yang bermanfaat dalam membantu mencegah diabetes dan penuaan dini.

Buah-buahan penurun darah tinggi (Hipertensi) yang lain

10 buah penurun darah tinggi telah kami sampaikan, dan masih ada 3 buah lagi yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. 3 buah penurun darah tinggi yang lain yaitu buah kiwi, buah blueberry, dan buah aprikot. Buah-buahan ini mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Buah-buahan ini juga jarang kita lihat di negara kita. Hanya swalayan-swalayan besar yang menjual buah tersebut.

Nah, dengan membaca artikel tentang buah-buahan penurun darah tinggi tersebut semoga dapat membantu pembaca, khususnya yang mempunyai riwayat darah tinggi untuk menstabilkan darahnya. Mengkonsumsi buah-buahan penurun darah tinggi juga membuat tubuh kita sehat karena buah mempunyai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, ada 13 buah penurun darah tinggi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, jadi pembaca tidak akan bosan jika hanya mengkonsumsi satu jenis buah penuruh darah tinggi saja.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon