Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Logo Staedtler

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

Kreativitas merupakan hal penting dalam kehidupan khususnya pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena seiring pertumbuhan usia, anak-anak tidak hanya fisiknya yang berkembang tetapi juga mengalami perkembangan dalam kepribadian. Misalnya karakter anak yang mandiri yang dapat membimbing dirinya sendiri sudah terbentuk sejak dari balita. Oleh karena itu, masa kanak-kanak adalah masa yang penting bagi orang tua untuk turut membantu anak mengembangkan karakter dasarnya.

Kecerdasan seorang anak tidak hanya dilihat berdasarkan tingkat kecerdasan saja. Lebih dari itu ada aspek lain yang ikut mempengaruhi kecerdasan anak, salah satunya adalah kreatifitas. Kreativitas secara harfiah bisa diartikan sebagai kemampuan yang mencerminkan keluwesan, kelancaran, orisinalitas dalam berfikir serta kemampuan elaborasi (memerkaya, mengembangkan, merinci) suatu gagasan. Merangsang kreativitas anak bisa dilakukan dengan memperkenalkan anak pada bahasa gambar. Melalui menggambar, anak-anak dilatih untuk bisa mencurahkan apa yang mereka pikirkan dalam bentuk visual atau gambar.

Perlu kita perhatikan bahwa kreatifitas pada anak tidak dapat diukur dari bagaimana deorang anak menggambarkan sesuatu dengan bagus dan sempurna. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya kesempurnaan bentuk pada gambar merupakan bagian dari hasil proses perkembangan motorik halus si anak, tidak ada hubungannya dengan kreatifitas itu sendiri. Anak dikatakan kreatif apabila ia dapat dengan lancar menuangkan ide dan pikiran bahkan terkadang emosinya sendiri dan menceritakannya dalam bentuk gambar.

Kreativitas tidak hanya lahir karena faktor keturunan, akan tetapi lebih karena adanya faktor dorongan dan stimulus dari lingkungan anak. Oleh karena itu, untuk mengembangkan kreativtas anak dibutuhkan stimulus dan bimbingan dari orang tua. Karena berawal dari kegiatan menulis dan menggambar, anak akan belajar untuk berpikir dengan kreatif. Kreatifitas mempunyai peran penting dalam perkembangan kecerdasan anak. Apabila kita ingin anak kita tumbuh dengan cerdas, maka kita harus harus membiarkan anak untuk berekspresi secara kreatif.

Dibutuhkan suatu media agar kreativitas anak dapat berkembang dengan maksimal. Staedtler sebagai perusahaan pensil terbaik merasa perlu memberikan perhatian ekstra, khususnya pada aspek kreativitas anak. Oleh karena itu, perusahaan Staedtler mengusung tagline “Pensil Terbaik untuk Anak”. Ada banyak sekali dukungan pensil Staedtler pada perkembangan kreativitas anak, beberapa diantaranya adalah berupa inovasi dalam pembuatan bentuk pensil. Jika biasanya pensil cenderung berbentuk lingkaran, maka staedtler berinovasi untuk membuat pensil pensil triangular. Pensil triangular pensil berbentuk segitiga yang mempunyai kelebihan mudah dipegang dan tidak gampang lepas di tangan. Pensil ini sangat cocok untuk anak-anak. Ada dua bentuk pensil triangular yang ditawarkan, yaitu pensil hitam (grapith) dan pensil warna. Dengan adanya dua jenis pensil tersebut, diharapkan Staedtler dapat membantu anak dalam berlatih menulis dan menggambar yang secara tidak langsung membantu perkembangan kreativitas anak.

Sebelum kita lanjut tentang bagaimana Staedtler mewujudkan tagline agar menjadi pensil terbaik untuk anak, mari kita simak beberapa informasi mengenai perusahaan Staedtler.

Sejarah singkat Perusahaan Staedtler®

Sejarah perusahaan Staedtler sangat erat hubungannya dengan perkembangan pensil yang ada di dunia. Hal ini tidak terlepas dari tokoh pendiri perusahaan Staedtler yang bernama Friederich Staedtler. Friederich Staedtler dinobatkan sebagai pembuat pensil pertama yang ada di dunia pada tahun 1683 karena telah berhasil membuat pensil pertama pada tahun 1662. Perkembangan industri pensil kemudian semakin baik ketika terjadi revolusi industri. Pada tahun 1835, generasi ketiga dari keluarga Staedtler yang bernama Johan Sebastian Staedtler melanjutkan usaha leluhurnya dengan membangun pabrik pensil pertama di dunia yang ada di kota Nuremberg – Germany. Pembangunan pabrik tersebut juga menandai pembuatan pensil warna pertama yang ada di dunia tahun 1834. Pabrik yang dibangun oleh Johan Sebastian Staedtler diberi nama sesuai dengan namanya, yaitu J.S. Staedtler.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Produk Awal
Produk Awal Pensil Staedtler
Berkat kerja keras perusahaan Staedtler, pada tahun 1835 J.S Staedtler sudah diwakili pada acara Pameran Dunia yang diselenggarakan di New York. Selain itu, eksistensi perusahaan pensil Staedtler semakin kuat setelah Saedtler ikut berpartisipasi di setiap pameran besar yang ada di dunia dengan menunjukkan produk-produk Staedtler yang selalu inovatif.

J.S. Staedter memperoleh penghargaan karena inovasi dalam pembatan pensil yang luuar biasa. Staedtler dibedakan dengan penghargaan dan mendali kehormatan di Nuremberh, Paris, dan London.

Selanjutnya pada tahun 1866, penjualan produk-produk Staedtler semakin luas ke berbagai negara besar yang ada di dunia termasuk Prancis, Austria, Italia, Inggris, Amerika, Rusia, dan Timut Tengah.

Pada tahun 1870, Staedtler sudah memiliki banyak tenaga kerja yaitu 54 karyawan manufaktur dan sudah lebih dari 2 juta pensil yang didistribusikan di seluruh dunia.

Karena pertumbuhan perusahaan Staedler yang pesat, maka pada tahun 1988 kantor pusat Staedtler direlokasi dari Nuremberg St Johannus ke tempat baru di pinggiran utara kota. Tempat yang baru tersebut sangat ideal untuk dijadikan sebagai pusat perusahaan karena daerahnya nyaman dan adanya akses tol yang mudah.
 
Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - kantor pusat dan pabrik Staedtler
Kantor Pusat dan Pabrik Staedtler
Kantor pusat perusahaan Staedtler yang baru mempunyai luas lahan sekitar 47.000 m2 dengan total dana investasi sekitar 130 juta DM.

Jadi, pensil pertama di dunia, pembuat pensil pertama di dunia, perusahaan pensil pertama di dunia, pembuat pensil warna pertama di dunia, dan yang serba pertama berkaitan dengan pensil sangat berhubungan dengan Staedtler.

Perkembangan Pensil Staedtler di Indonesia

Lantas, bagaimana perkembangan pensil Staedtler di Indonesia? pensil Staedtler di Indonesia didistribusikan oleh PT ASABA yang sudah lama mengembangkan bisnis dalam bidang penyediaan alat tulis seperti stationary, Copier dan solusi dokumen, manajemen data dan keamanan kantor, survey system, perlengkapan komputer digital printing, dan sebagainya.

Untuk mengembangkan pertumbuhan bisnis, PT ASABA telah mengembangkan banyak kantor distribusi di kota-kota besar seluruh Indonesia, antara lain : Jakarta (Head Quarter), Medan, Semarang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Balikpapan. PT ASABA juga mempunyai subdistributor yang luas serta jaringan reseller yang ada di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Bahan Pembutan Pensil Staedtler

Ada dua unsur penting dalam pembuatan pensil, yaitu clay atau tanah liat dan Graphite atau grafit. Grafit merupakan mineral karbon yang berwarna hitam. Grafit juga dapat dengan mudah hancur dan menjadi serpihan. Serpihan inilah yang kita gunakan untuk menulis di atas kertas. Ketika kita menulis di kertas, sebagian kecil isi pensil akan hancur menjadi serpihan dan tertinggal di kertas dan membentuk goresan sesuai dengan dengan gerakan pensil. Karena grafit kurang bagus untuk goresan yang rapi dan tajam, maka grafit dicampurkan dengan tanah liat dan bahan lain sebagai bahan pengikat.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Bahan Pensil Staedtler
Bahan Pembuatan Pensil
Komposisi campuran antara grafit dan tanah liat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika ingin agar hasil goresan lebih tebal dan hitam, maka campuran grafit harus lebih banyak dari pada tanah liat. Sebaliknya jika kita ingin agar goresan lebih tipis, maka campuran tanah liat lebih banyak dari pada grafit. Sebagai pensil terbaik untuk anak, pensil Staedtler menggunakan campuran tanah liat dan grafit yang aman sehingga dapat digunakan semua umur, khususnya anak-anak. Dengan menggunakan pensil Staedtler, orang tua tidak perlu khawatir kepada anak-anaknya ketika mereka dengan bebas mengembangkan kreativitasnya.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Komposisi pensil
Komposisi Bahan Pembuatan Pensil
Tipis tebalnya gores an dalam sebuah pensil dapat dilihat dari kode huruf yang ada pada pensil. Ada dua kode huruf yang biasanya tertera dalam pensil, yaitu kode H (Hardness) dan kode B (Bold atau Tebal). kode H menandakan kekerasan dari isi pensil tersebut, semakin besar angka yan di depan kode H, maka akan semakin keras isi pensil itu. Adapun kode B menandakan ketebalan hasil goresan pada pensil. Semakin besar angka didepan kode B, maka akan semakin tebal hasil goresan pensil tersebut.

Pensil merk Staedler mempunyai berbagai tingkatan dalam pensil grafit (hitam), beberapa di antaranya yaitu 2H, HB, 2B, 3B, 4B, 5B, dan 8B. Dengan adanya tingkatan tersebut, maka para konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika ingin menulis di atas kertas dapat menggunakan pensil 2H, jika ingin mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK) dapat menggunakan pensil 2B, dan jika ingin menggambar dengan ketebalan yang tinggi dapat menggunakan pensil 8B.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Tingkatan Pensil
Tingkatan Pensil

Macam-Macam Produk Pensil Staedtler

Perusahaan dalam mengembangkan produk pensilnya telah melahirkan banyak jenis pensil, yaitu pensil Staedtler Tradition yang dikenal sebagai “Pensil Pertama”, pensil Staedtler Mars Lumograph yang dikenal dengan “Pensil Grapith Terbaik”, pensil Staedtler Noris Triangular yang dikenal sebagai “Pensil Terbaik untuk Anak”, dan pensil Staedtler Luna yang dikenal sebagai “Pensil Warna Bagus”. Berikut ini penjelasan satu persatu tentang berbagai produk pensil Staedtler.

1.   Pensil Staedtler Tradition “Pensil Pertama”
Telah dijelaskan di depan bahwa Staedtler merupakan pensil pertama di dunia, pembuat pensil pertama di dunia, perusahaan pensil pertama di dunia, pembuat pensil warna pertama di dunia, dan yang serba pertama berkaitan dengan pensil. Perusahaan Staedtler membuat pensil pertama kali dengan nama Tradition. Pensil merk tradition dibuat di negara asalnya yaitu Jerman.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - pensil pertama tradition
 Pensil Staedtler Tradition

2.   Pensil Staedtler Mars Lumograph “Pensil Grapith Terbaik”
Setelah berhasil dengan merk pertama Staedtler yaitu Tradition, selanjutnya Staedtler membuat merk yang sering kita jumpai yaitu Staedtler Mars Lumograph. Nampaknya Staedler dengan merk Mars Lumograph berhasil di pasaran. Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya produk Mars Lumograph yang dijual di berbagai toko alat tulis. Bahkan di beberapa daerah jika masyarakat mencari pensil berkualitas, maka pilihannya hanya satu yaitu pensil Staedtler Mars Lumograph.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak -pensil pertama tradition - mars lumograph
 Pensil Staedtler Mars Lumograph


3.   Pensil Staedtler Noris Triangular “Pensil Terbaik untuk Anak”
Perusahaan Staedtler tidak ingin puas diri dengan kesuksesannya dalam memasarkan produk Mars Lumograph. Staedtler ingin terus berinovasi dalam pengembangan produk pensil. Atas dasar keinginan untuk meningkatkan kreativitas khususnya anak-anak, maka Staedtler membuat pensil Triangular (pensil berbentuk segitiga) yang diberi merk Noris Triangular.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Tradition noris triangular
Pensil Staedtler Noris Triangular

Sesuai dengan tagline “Terbaik untuk Anak”, sebenarnya pensil ini dikhususkan untuk anak-anak yang baru belajar menulis angka, huruf abjad, dan dan sebagainya. Itulah sebabnya bentuk pensil ini adalah segitiga (triangular). Dengan bentuk segitiga tentunya anak akan gampang dalam menggenggam pensil dan tidak mudah terlepas dari tangan sehingga kreativitas anak dapat meningkat.

Selain bentuknya yang ergonomis atau pas digenggam, ada banyak kelebihan lain yang dimiliki pensil Staedtler Noris Triangular, antara lain :
1.    Berbentuk segitiga
2.    Anak tidak mudah lelah
3.    Pas dan nyaman di tangan
4.    Memiliki mata pensil atau lead yang empuk untuk menulis
5.    Memiliki sertifikat 100% wood
6.    Aman untuk anak

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - karakter pensil Staedtler Noris Triangular
Karakter Pensil Staedtler Noris Triangular

Untuk mendekatkan kepada anak-anak dan menjadi “Pensil Terbaik untuk Anak”, Pensil Staedtler Noris Triangular membuat pensil dengan berbagai varian warna yang menarik. Tidak hanya warnanya yang beragam dan menarik, pensil Staedtler Noris Triangular juga membuat karakter lucu dan menggemaskan di setiap warnanya, antara lain sebagai berikut :
1.    Warna ungu dengan karakter Rocky
2.    Warna kuning dengan karakter Fred
3.    Warna biru dengan karakter Blue
4.    Warna merah muda dengan karakter pinky
5.    Warna putih dengan karakter Ms. White
6.    Warna abu-abu dengan karakter Mr. Bruno

Dengan karakter tersebut, Staedtler ingin mengajak anak-anak melalui karakter yang diciptakan untuk melatih kreativitas yang dimiliki.

4.   Pensil Staedtler Luna “Pensil Warna Bagus”
Bagi yang suka menggambar dan mewarnai, maka Pensil Staedtler Luna merupakan pensil warna bagus yang bisa kita gunakan. Mengapa demikian? Hal ini karena pensil warna Staedtler Luna mempunyai berbagai macam pilihan produk sesuai dengan jenis pewarnaan yang kita gunakan. Ada tiga jenis pensil Staedtler luna, yaitu pensil Staedtler Luna Coloured, pensil Staedtler Luna Watercoloured, dan pensil Staedtler Luna Triangular Coloured dan Watercoloured

a.   Pensil Staedtler Luna Coloured
Pensil luna colored merupakan pensil warna biasa yang dapat digunakan untuk anak-anak yang mulai belajar menggambar. Ukuran pensil luna colored terdiri dari berbagai tipe, yaitu isi 12 warna atau isi 24 warna yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.

Selain pilihan warna yang beragam, pensil staedtler luna juga mempunyai beberapa kelebihan, antara lain pensil yang tidak mudah patah dan mata pensil yang lunak.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Luna Coloured
Pensil Staedtler Luna Coloured

b.  Pensil Staedtler Luna Watercoloured
Berbeda dengan pensil luna colored, pensil luna watercoloured mempunyai kualitas standar internasional. Selain mempunyai efek cat air, warna yang dihasilkan dari pensil watercoloured juga mempunyai warna yang cerah dan arsiran warna yang lebih pekat.

Adapun untuk pilihan warna yang disediakan pensil luna watercoloured sangat beragam, mulai dari 12 warna ukuran sedang, 12 warna ukuran besar, 24 warna, 36 warna, dan 48 warna. Selain itu Staedtler juga menambahkan kuas untuk mempermudah kita ketika menggambar dengan kombinasi air. Sama dengan pensil Staedtler yang lain, pensil luna watercoloured juga aman untuk anak-anak.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Luna Watercoloured
Pensil Staedtler Luna Watercoloured

c.   Pensil Staedtler Luna Triangular Coloured dan Watercoloured
Sesuai dengan tagline menjadi Pensil Terbaik Untuk Anak, untuk mempermudah anak-anak dalam menggambar maka dibuatlah pensil warna triangular yang berbentuk segitiga. Tentu saja, dengan bentuknya yang segitiga, maka anak-anak ketika memegang pensil tidak akan mudah terlepas. Sehingga anak-anak akan dapat mengembangkan kreatifitasnya dengan nyaman dan tenang. Ada dua jenis pensil warna triangular yang dibuat oleh Staedtler yaitu Pensil Staedtler Luna Triangular Coloured dan Pensil Staedtler Luna Triangular Watercoloured.

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Luna Triangular coloured
Pensil Staedtler Luna Triangular Coloured


Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Luna Triangular Watercoloured
Pensil Staedtler Luna Triangular Watercoloured

Pensil Staedtler memang pensil terbaik untuk anak dan pensil warna yang bagus untuk mengembangkan kreativitas anak.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon