Soal Ekonomi : Kebijakan Moneter dan Kunci Jawaban Lengkap

Soal Ekonomi : Kebijakan Moneter dan Kunci Jawaban Lengkap

Soal Ekonomi : Kebijakan Moneter dan Kunci Jawaban Lengkap


Pada kali ini, kami akan membagikan soal ekonomi yang membahas tentang kebjakan moneter. Soal tentang kebijakan moneter yang akan kami bagikan kali ini hanya ada satu jenis soal, yaitu soal uraian. Berikut ini soal ekonomi tentang kebijakan moneter.

Soal Uraian : Kebijakan Moneter

Jawablah soal-soaldi bawah ini dengan benar!
1.   Apakah yang dinamakan dengan kebijakan moneter?
2.   Sebutkan tujuan dilaksanakannya kebijakan moneter!
3.   Jelaskan macam-macam kebijakan moneter!
4.   Bagaimana perbedaan efek yang akan ditimbulkan apabila bank sentral membeli obligasi kepada bank-bank umum dan masyarakat?
5.   Jelaskan cara-cara yang bisa mengakibatkan ketentuan cadangan wajib minimum akan mempengaruhi kemampuan dalam proses penciptaan uang giral oleh sistem perbankan?

Jawaban Soal Uraian Kebijakan Moneter

1.   Kebijakan moneter yaitu tindakan yang dilakukan oleh bank sentral untuk mempengaruhi kredit dan jumlah uang yang beredar yang nantinya diharapkan dapat mempengaruhi kegiatan perekonomian masyarakat.

2.   Ada empat tmpat kebijakan moneter antara lain:
·      Kesempatan kerja ditingkatkan
·      stabilitas ekonomi dijaga
·      Perbaikan neraca pembayaran
·      Stabilitas harga dijaga

3.   Setidaknya ada delapan macam kebijakan moneter, antara lain sebagai berikut :
·      Politik diskonto merupakan tingkat bunga yang wajib dibayar oleh bank umum terhadap pinjaman dari bank sentral.
·      Operasi pasar terbuka (OPT) merupakan kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral dengan membeli atau menjual surat-surat berharga baik milik swasta atau pemerintah.
·      Mengubah kas rasio yaitu angka perbandingan minimum antara uang tunai dengan jumlah uang giral yang dimiliki bank umum, contohnya giro dan cek yang hanya boleh dikeluarkan oleh bank yang bersangkutan.
·      Perubahan cadangan minimum adalah dengan cara menaikkan atau menurunkan cadangan minimum yang wajib dipunyai oleh bank umum.
·      Kebijakan Revaluasi dan Devaluasi
Kebijakan revaluasi merupakan kebijakan bank sentral dengan cara menaikkan nilai mata uang dalam negeri (rupiah) terhadap mata uang asing.
Devaluasimerupakan kebijakan bank sentral untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri (rupiah) terhadap mata uang asing.
·      Sanering merupakan suatu kebijakan bank sentral untuk memotong nilai mata uang dalam negeri (rupiah)
·      Melebur atau menarik uang lama.
·      Kebijakan kredit selektif yang bertujuan untuk mengawasi apakah kredit yang diberikan bank umum kepada nasabah sesuai dengan keinginan pemerintah atau tidak.

4.   Perbedaan efek yang ditimbulkan apabila bank sentral membeli obligasi kepada masyarakat dan kepada bank-bank umum antara lain yaitu apabila pembelian obligasi dilakukan oleh bank sentral dari bank umum maka transaksi tersebut akan dapat menambah cadangan kelebihan dan cadangan actual sebesar nilai pembelian. Akan tetapi, apabila pembelian obligasi itu dari masyarakat, maka tambahan cadangan kelebihan dan cadangan aktual di bank umum akan lebih kecil.

5.   Ada dua cara perubahan ketentuan cadangan minimum, antara lain :
·      Cadangan wajib minimum mempengaruhi besarnya cadangan kelebihan yang dimiliki.
·      Cadangan wajib minimum mengubah angka pengganda uang giral yang tercipta dengan cara memberikan pinjaman.

Demikian artikel kami yang membahas tentang soal ekonomi bab kebijakan moneter. Semoga pengetahuan kita tentang kebijakan moneter dapat bertambah.

Artikel Terkait

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon