Friday, October 7

Pengertian Geografi Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap

Pengertian Geografi Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap

Pengertian Geografi Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengertian ilmu geografi yaitu pengertian geografi secara umum dan pengertian geografi menurut pendapat para ahli.

A.  Pengertian Geografi Secara Umum
1.   Pengertian geografi secara harfiah
Istilah geografi bersumber dari bahasa Yunani yaitu kata geo yang artinya bumi dan kata graphein yang artinya tulisan. Jadi, secara harfiah, geografi artinya adalah tulisan tentang bumi. Oleh sebab itu, geografi sering kali disebut sebagai ilmu bumi.

2.   Pengertian geografi secara umum
Akan tetapi, dalam geografi yang dipelajari tidak hanya tentang permukaan bumi saja, akan tetapi juga berbagai hal yang berada di permukaan bumi, di luar bumi, bahkan juga benda-benda di ruang angkasa juga menjadi objek kajian dalam ilmu geografi. Dengan demikian, definisi singkat di atas perlu diperluas dan dilengkapi sehingga dapat mencakup banyak hal yang dipelajari dalam studi geografi.

Geografi yaitu ilmu pengetahuan yang mendeskripsikan tentang segala hal yang ada di permukaan bumi. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada intinya ilmu geografi terpusat pada gejala geosfer dalam kaitan hubungannya dengan persebaran dan interaksi keruangan. Jelaslah di sini jika kajian ilmu geografi yang paling utama yaitu menelaah bumi dalam konteks hubungannya dengan kehidupan manusia

B.  Pengertian Geografi Menurut Pendapat Ahli
Setelah kita pahami tentang pengertian geografi secara harfiah, sekarang kita akan mempelajari pengertian geografi menurut pendapat ahli.

Konsep geografi sudah ada sejak pada zaman dahulu. Bangsa Yunani Kuno telah berusaha mendokumentasikan berbagai macam keterangan yang berkaitan dengan geografi. Pada masa itu Geograf yang pertama yaitu Thales (640– 546 SM). Thales telah melakukan berbagai penelitian dan mencari informasi geografi dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Langkah Thales untuk mendalami geografi diikuti oleh geograf Yunani yang lain. Misalnya adalah Herodotus (485–425 SM) yang membuat laporan geografi di sekitar daerah Timur Tengah, Phytheas yang melakukan pengukuran jarak Matahari terhadap Bumi, dan yang paling fenomenal adalah Eratosthenes (276–194 SM), karena dapat menghitung keliling Bumi dengan hasil yang hanya berselisih kurang dari satu persen dari keliling bumi yang sebenarnya.

Para ahli geografi dari Yunani tersebut merupakan pelopor geografi dunia. Selang beberapa dekade kemudian muncullah konsep ilmu geografi yang dikemukakan oleh para ahli berikut ini.

1.   Pengertian geografi menurut Bintarto (1977)
Menurut Bintaro, geografi yaitu ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menganalisis gejala-gejala alam, menerangkan sifat-sifat bumi, penduduk, dan mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. Dalam hal ini dijelaskan jika geografi tidak hanya mempelajari alam atau bumi beserta gejala-gejalanya, akan tetapi geografi juga mempelajari manusia beserta semua kebudayaan yang dihasilkannya.

2.   Pengertian geografi menurut Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980)
Geografi yaitu deskripsi atau gambaran dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya mengenai hal yang selalu berubah atau dinamis, dan tidak statis. Dari pengertian tersebut Vernor dan Glen menitikberatkan pengertian geografi pada aspek fisik yang ada di bumi dan dari masa ke masa.selalu berubah
Contoh:
a.    Perubahan iklim maupun cuaca di suatu wilayah atau tempat.
b.    Kesuburan tanah berubah yang disebabkan oleh proses pelapukan dan erosi yang sangat tinggi.

3.   Pengertian geografi menurut Hartshorne (1960)
Geografi menurut Hartshorn yaitu ilmu yang berkepentingan untuk memberikan gambaran atau deskripsi yang beraturan, teliti, serta rasional tentang sifat variabel dari permukaan bumi. Menurut Hartshorne, geografi yaitu suatu ilmu yang dapat menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara beraturan, teliti, dan rasional.

Contohnya adalah setelah melakukan analisis kewilayahan seorang ahli geografi dapat membagi suatu wilayah menjadi beberapa satuan lahan yang potensial dan lahan yang tidak potensial. Dasar pembagian ini yaitu beberapa parameter kebumian yang sesuai dengan syarat-syarat peruntukannya.

4.   Pengertian geografi menurut Yeates (1963)
Menurut pandangan Yeates, geografi yaitu suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional serta lokasi dari sifat-sifat di permukaan bumi yang beraneka ragam. Dalam pandangan Yeates, geografi yaitu ilmu yang mempunyai peranan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh berbagai sifat di permukaan bumi dengan tidak mengesampingkan berbagai alasan yang rasional.

5.   Pengertian geografi menurut Alexander (1958)
Geografi menurut Alexander yaitu suatu studi mengenai pengaruh lingkungan alam pada aktivitas-aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander sudah mulai dibahas hubungan yang terjadi antara aktivitas manusia serta pengaruhnya pada lingkungan alam. Contoh, penebangan hutan yang tidak terkendali oleh manusia mengakibatkan terjadinya penggundulan hutan dan kerusakan lahan, yang dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

6.   Pengertian geografi menurut Karl Ritther (1859)
Menurut pandangan karl Ritter, geografi ialah suatu telaah atau kajian mengenai bumi sebagai tempat hidup umat manusia. Dalam kajiannya, studi geografi melingkupi semua fenomena yang ada di permukaan bumi, baik itu alam organik ataupun alam anorganik yang terkait dengan kehidupan umat manusia, termasuk aktivitas manusia juga ikut dibahas. Misalnya, sungai merupakan bagian dari alam anorganik yang memiliki hubungan secara langsung dengan kehidupan umat manusia.

7.   Pengertian geografi menurut Von Ricthoffen (1905)
Geografi yaitu studi mengenai gejala serta sifat-sifat permukaan bumi beserta penduduk bumi yang disusun atas dasar letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara sifat dan gejala-gejala tersebut.

8.   Pengertian geografi menurut Paul Vidal de La Blace
Geografi mmenurut Paul, merupakan studi tentang kualitas berbagai negara, di mana penentuan suatu kehidupan sangat tergantung dari para manusia dalam mengelola alam ini.

9.   Pengertian geografi menurut Bernard Varenius (1622–1650)
Bernard dalam bukunya yaitu Geographia Generalis mengemukakan jika geografi yaitu campuran dari matematika yang mengkaji kondisi Bumi beserta bagian-bagiannya dan juga tentang benda-benda langit yang lain. Dalam buku itu, Varenius mengklasifikasikan studi geografi menjadi dua, yaitu geografi umum (terestrial, astronomis, dan komparatif) dan geografi khusus (atmosferis, litoeferis, manusia)

10.   Pengertian geografi menurut Immanuel Kant (1724–1821)
Menurut Imanuel Kant, geografi merupakan ilmu yang objek studinya yaitu benda-benda, gejala-gejala atau hal-hal yang tersebar di seluruh permukaan Bumi.

11.   Pengertian geografi menurut Friederich Ratzel (1844–1904)
Ratzel merupakan guru besar geografi di Leipzig. Konsep geografi ia kemukakan dalam bukunya yaitu Politische Geographie. Dalam buku tersebut, konsep geografi disebut Lebensraum yang maksudnya adalah wilayah geografis yang digunakan sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang. Ratzel memandang suatu negara mempunyai kecenderungan untuk meluaskan Lebensraum-nya sesuai dengan kemampuan dimiliki.

12.   Pengertian geografi menurut Elsworth Huntington (1876–1947)
Huntington merupakan geograf dari Amerika Serikat. Dalam bukunya yaitu The Pulse of The Earth, Elsworth menuturkan jika peradaban manusia dan kelangsungan hidup sangat dipengaruhi oleh iklim. Atas dasar teori tersebut, Elsworth kemudian dikenal sebagai determinis iklim yang artinya memandang iklim sebagai penentu kehidupan. Elsworth mengutarakan, geografi sebagai studi tentang fenomena permukaan Bumi beserta penduduknya. Elsworth juga menambahkan dalam geografi ada hubungan timbal balik antara sifat-sifat dan gejala permukaan Bumi dengan penduduk yang menghuninya.

Demikian artikel kami yang membahas tentang pengertian geografi baik itu pengertian geografi secara umum dan harfiah ataupun pengertian geografi menurut para ahli.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon