Pengertian Struktur Sosial Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap

 Pengertian Struktur Sosial Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap

Pengertian Struktur Sosial Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap


A.  Pengertian Struktur Sosial Menurut Secara Umum


Setiap manusia seharusnya bisa memahami tentang struktur sosial setelah mereka memahami tentang makna dari kata sosial. Hal ini disebabkan karena manusa merupakan makhluk sosial dengan individu yang satu dengan yang lain tidak sama.

Kata struktur berasal dari kata bahasa latin yaitu structum yang artinya membangun atau menyusun. Oleh sebab itu, struktur dimaknai sebagai susunan terhadap sesuatu yang mempunyai bagian, dasar, ataupun unsur-unsur tertentu yang dapat membentuk suatu susunan.

Secara umum, pengertian struktur sosial yaitu kumpulan dari individu dengan pola perilaku yang berbeda. Struktur sosial juga bisa digambarkan sebagai sebuah bangunan sosial yang terdiir dari berbagai unsur pembentuk masyarakat. Secara fungsional, unsur-unsur pembentuk masyarakat tersebut saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya. Hal ini mengakobatkan adanya suatu perubahan apabila terjadi perubahan di antara unsur tersebut. Ada juga yang mengartikan struktur sosial sebagai sebuah tatanan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat yang dapat tersusun secara horizontal contohnya adalah berbagai agama atau secara vertical contohnya adalah kelompok atasan dan bawahan.

B.  Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli


1.      Pengertian struktur sosial menurut Koentjaraningkat
Menurut Koentjaraningrat struktur sosial yaitu kerangka yang bisa mendeskripsikan hubungan antara berbagai elemen yang ada dalam masyarakat.

2.      Pengertian struktur sosial menurut Soeleman B Taneko
Soeleman B. Taneko mengemukakan jika struktur sosial yaitu keseluruhan hubungan antara pokok-pokok unsur sosial, yaitu lembaga lembaga sosial, kaidah-kaidah sosial, lapisan-lapisan sosial serta kelompok-kelompok sosial.

3.      Pengertian struktur sosial menurut menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Struktur sosial adalah keseluruhan hubungan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu lembaga-lembaga sosial, kaidah-kaidah sosial atau norma-norma sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial.

4.      Pengertian struktur sosial menurut Abdul Syani
Struktur sosial menurut Abdul Syani yaitu suatu tatanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok atau dasar.

5.      Pengertian struktur sosial menurut D. Hendropuspito
Menurut Hendropuspito, struktur sosial yaitu suatu skema penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, agar organisme masyarakat berfungsi sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan tiap-siap bagian untuk jangka waktu yang cukup lama.

6.      Pengertian struktur sosial menurut Firth
Firth menganggap struktur sosial sama dengan organisasi sosial yang mendasarkan pada hubungan-hubungan sosial yang lebih dasar atau fundamental yang memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisatoris.

7.      Pengertian struktur sosial menurut George Simmel
Struktur sosial menurut George Simmel yaitu kumpulan dari individu dan pola perilakunya.

8.      Pengertian struktur sosial menurut George C. Homans
George C. Homans mengemukakan bahwa struktur sosial yaitu suatu hal yang mempunyai hubungan yang erat dengan dasar perilaku sosial di kehidupan sehari-hari.

9.      Pengertian struktur sosial menurut E.R. Lanch
Menurut E.R Lanch, struktur sosial yaitu cita-cita atau harapan mengenai distribusi dan pembagian kekuasaan di antara individu serta kelompok sosial.

10.   Menurut Soerjono Soekanto
Struktur sosial menurut Soerjono Soekanto yaitu berarti hubungan timbal balik antar status sosial dan antar peran sosial. Jadi, struktur sosial bisa diartikan sebagai suatu tatanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang menjadikan hubungan timbal balik baik berupa peranan dan status atauppun perilaku dalam masyarakat.

11.   Pengertian struktur sosial menurut Raymond Firth,
Menurut Raymond Firth, yang dimaksud dengan struktur sosial yaitu suatu pergaulan hidup manusia yang terdiri dari berbagai jenis kelompok yang terbentuk dari banyak individu serta meliputi berbagai jenis tipe kelompok yang muncul serta banyak meliputi lembaga dimana di dalamnya terdapat orang yang ikut ambil bagian.

12.   Pengertian struktur sosial menurut Calhoun
Menurut Calhoun, struktur sosial yaitu pola hubungan-hubungan, status-status serta jumlah orang yang memberikan kerangka bagi suatu organisasi manusia, baik dalam kelompok kecil ataupun dalam kelompok yang lebih luas.

13.   Pengertian struktur sosial menurut Coleman
Menurut Coleman, struktur sosial adalah pola relasi antar manusia dan antarkelompok manusia dalam masyarakat.

14.   Pengertian struktur sosial menurut Kornblum
Struktur sosial adalah pola perilaku individu dan kelompok, yaitu perilaku dirulang-ulang yang menciptakan hubungan antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat.

15.   Pengertian struktur sosial menurut George C. Homans
George C. Homans, struktur sosial merupakan hal yang mempunyai relasi yang kuat dengan dasar perilaku sosial di kehidupan sehari-hari.

16.   Pengertian struktur sosial menurut Talcott Parsons.
Menurut Talcot, Struktur sosial merujuk pada adanya keterkaitan antar institusi atau lembaga.

17.   Pengertian struktur sosial menurut Ralph Linton
Ralph Linton menambahkan bahwa struktur sosial terdiri atas dua konsep penting, yaitu status atau kedudukan serta peran sosial.

Dari beberapa pendapat ahli di atas,dapat disimpulkan bahwa struktur sosial yaitu suatu pola relasi atau hubungan timbal balik antar individu atau kelompok kecil ataupun besar sehingga individu atau kelompok tersebut dapat berperan dalam masyarakat.

Artikel Terkait

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon