Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi


Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Hampir setiap hari media massa seperti televisi dan koran memberitakan hal-hal yang berhubungan dengan perekonomian.  Dari pemberitaan dan perbincangan mengenai masalah-masalah ekonomi, sering disebut istilah pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Samakah pertumbuhan ekonomi (economic growth) dengan pembangunan ekonomi (economic develoment)? Jika berbeda, di mana letak perbedaannya? Berikut ini kita akan membahas hal-hal seputar pembangunan ekonomi dan perbedaannya dengan pertumbuhan ekonomi serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.

( Baca Juga : Teori Pertumbuhan Ekonomi )


A.  Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Perbedaan Pembangunan Ekonomi dengan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan ekonomi memiliki arti yang berbeda dengan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi mencakup hal-hal yang lebih luas dibanding pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai suatu keadaan perekonomian yang menunjukkan adanya kenaikan PDB (Produk Domestik Bruto) tanpa memandang apakah persentase kenaikan PDB tersebut lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk. Pengertian PDB sendiri adalah jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan seluruh masyarakat di suatu negara selama satu tahun. Jadi, pertumbuhan ekonomi lebih difokuskan pada kenaikan jumlah PDB. Secara sederhana, suatu negara dikatakan telah mengalami pertumbuhan ekonomi bila jumlah PDB tahun sekarang lebih besar dibanding PDB tahun sebelumnya.

Walaupun suatu negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi, belum Tentu negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi. Karena, pembangunan ekonomi mencakup hal yang lebih luas dibanding pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi bisa diartikan sebagai proses yang bertujuan menaikkan pendapatan per kapita untuk jangka waktu yang panjang dan disertai adanya perubahan struktur ekonomi dan perkembangan IPTEK. Pendapatan per kapita diperoleh dengan rumus sebagai berikut:

Pendapatan per Kapita = PDB tahun a : Jumlah penduduk tahun a

Karena pembangunan ekonomi bertujuan menaikkan pendapat per kapita, itu berarti pembangunan ekonomi tidak hanya menekankan pentingnya kenaikan PDB, tetapi juga memerhatikan apakah persentase kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk. Apabila persentase kenaikan PDB lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk maka pendapatan per kapita akan turun. Dan, itu berarti pembangunan ekonomi yang dilaksanakan belum berhasil.

Untuk memperjelas perbedaan pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi, perhatikan tabel berikut ini.
Pertumbuhan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi
Hanya menekankan pada kenaikan PDB kenaikan PDB

Tidak hanya menekankan pada kenaikan PDB

Tidak memperhatikan apakah persentase kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk
Memerhatikan apakah persentase kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk.
Tidak memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh perubahan ekonomi dan kemajuan IPTEK.
Memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh perubahan struktur ekonomi dan kemajuan IPTEK Struktur ekonomi berubah dari tradisional ke modern, dari modern menjadi lebih modern, atau dari agraris ke industri dan perdagangan
Tidak memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh peningkatan dan pemerata an kesejahteraan masyarakat
Memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat

B. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi


Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi di suatu negara tidak tetap, bisa naik dan bisa turun. Demikian juga pembangunan ekonomi di suatu negara tidaklah tetap, karena pendapatan per kapita suat saat bisa naik, tapi di saat lain justru turun. Mengapa demikian? Karena banyak faktor yang bisa memengaruhi naik turunnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Faktorfaktor tersebut di  antaranya sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, dan teknologi.

1. SDA (Sumber Daya Alam)

Sumber daya alam atau faktor produksi alam merupakan faktor yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Jika suatu negara memiliki sumber daya alam yang memadai dan kemudian dikelola dengan baik, tentu akan menghasilkan PDB yang tinggi, yang diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

2. SDM (Sumber Daya Manusia)

Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dan mampu memengaruhi tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Sebagai bukti, bila dibandingkan dengan Jepang, Indonesia memiliki SDA yang lebih kaya. Akan tetapi, Jepang lebih makmur dibanding Indonesia karena kualitas SDM Jepang lebih tinggi. SDM merupakan faktor yang sangat penting, karena dalam proses produksi manusia mempunyai peran sebagai tenaga kerja sekaligus sebagai pengusaha yang bertugas mengombinasikan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Selain itu, manusia pula yang berperan menciptakan teknologi baru yang lebih modern untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan hasil produksi. Oleh karena itu, bila suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Ini berarti negara tersebut harus lebih dulu meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi maka negara tersebut harus lebih dulu meningkatkan kualitas SDMnya dengan  cara memperbaiki kualitas ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan, sikap dan pola pikir.

3. Modal

Apabila suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi tentu memerlukan modal, baik modal barang maupun modal uang. Bagi negara berkembang seperti Indonesia, jumlah modal yang terbatas menjadi masalah. Di negara berkembang, tingkat pembentukan modal yang rendah disebabkan karena kemampuan menabung yang rendah. Kemampuan menabung yang rendah disebabkan karena rendahnya tingkat pendapatan. Tingkat pendapatan rendah disebabkan karena tingkat produktivitas yang rendah. Tingkat produktivitas yang rendah disebabkan karena tingkat pembentukan modal yang rendah, sehingga kegiatan investasi tidak bisa berkembang. Demikian seterusnya sehingga membentuk suatu lingkaran setan (vicious circle) yang tidak ada putusnya dan saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Lingkaran setan itu disebut juga dengan istilah lingkaran setan kemiskinan.

Jika suatu negara ingin memutus tali lingkaran setan tersebut, negara  itu harus melakukan suatu hentakan besar agar lingkaran setan dapat putus dan lepas dari ikatannya. Caranya antara lain dengan melakukan investasi yang lebih besar, meningkatkan keahlian penduduk dan mengurangi pertumbuhan penduduk melalui program KB (Keluarga Berencana). Agar bisa melakukan investasi yang lebih besar, umumnya negara-negara berkembang melakukan pinjaman ke luar negeri. Pinjaman luar negeri akan sangat membantu negara-negara berkembang keluar dari kemiskinan, dengan catatan pinjaman tersebut dikelola dengan baik. Sebaliknya, pinjaman luar negeri justru akan mendatangkan keterpurukan bila dikelola dengan buruk dan dikorupsi terus-menerus. Pokok pinjaman yang besar dan bunga utang yang menumpuk pada akhirnya dapat memperparah kemiskinan yang ada.

4. Teknologi

Semakin tinggi tingkat teknologi yang dikuasai suatu negara akan mempermudah negara yang bersangkutan dalam mengolah SDA yang dimiliki dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Dengan menggunakan teknologi tinggi, proses produksi bisa berjalan lebih cepat, mampu memproduksi lebih banyak, lebih baik dan dengan harga lebih murah. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan teknologi tinggi, efisiensi dan efektivitas, proses produksi dapat tercapai.

Demikian penjelasan singkat kami tentang pembangunan ekonomi dan perbedaannya dengan pertumbuhan ekonomi serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.. Semoga artikel kami yang membahas tentang pembangunan ekonomi dan perbedaannya dengan pertumbuhan ekonomi serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. bermanfaat untuk para pembaca.

Bagikan Artikel

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon