Pengertian, Pelaku, dan Fungsi Pasar Valuta Asing

Pengertian, Pelaku, dan Fungsi Pasar Valuta Asing

Pengertian, Pelaku, dan Fungsi Pasar Valuta Asing

Dalam transaksi perdagangan internasional, dikenal istilah valuta asing yang disingkat dengan Valas. Apa itu valuta asing? Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang valuta asing tang terdiri dari pengertian valuta asing, cara menghitung valuta asing, fungsi pasar valuta asing, dan fungsi pasar valuta asing.

a. Pengertian Kurs Valuta Asing

Pengertian kurs valuta asing sangat perlu kita pahami khususnya dalam perdagangan internasional. Valuta asing merupakan salah satu bentuk devisa (alat pembayaran internasional) yang paling banyak digunakan dalam menyelesaikan transaksi ekonomi internasional. Apa yang dimaksud dengan valuta asing? Valuta asing atau mata uang asing adalah jenis mata  uang yang dipergunakan di negara lain. Bagi Indonesia, ringgit Malaysia merupakan valuta asing, sebaliknya rupiah Indonesia bagi Malaysia merupakan valuta asing. Nilai mata uang masing-masing negara tidaklah sama dan nilai mata uang tersebut dalam mata uang negara lainnya terus berubah dari waktu ke waktu.

Perbandingan nilai mata uang satu negara dengan negara lain disebut kurs valuta asing. Jadi kurs valuta asing adalah suatu nilai yang menunjukkan jumlah mata uang dalam negeri yang diperlukan untuk mendapatkan satu unit mata uang asing. Di pasar, valuta asing diperdagangkan seperti halnya barang dan jasa oleh penjual valuta asing (money changer).

b. Menghitung Nilai Valuta Asing Berdasarkan Kurs yang Berlaku

Setelah kalian mengunjungi money changer, akan kalian temukan bahwa dalam jual beli valuta asing ada dua kurs yang berlaku yaitu kurs jual dan kurs beli. Kurs jual adalah kurs yang digunakan money changer saat menjual valuta asing kepada masyarakat sedangkan kurs beli adalah kurs yang digunakan money changersaat membeli valuta asing dari masyarakat. Nilai kurs jual selalu lebih tinggi daripada nilai kurs belinya. Selisih antara nilai kurs jual dan nilai kurs beli merupakan keuntungan bagi pedagang valuta asing yang melakukan transaksi valuta asing.

Adapun contoh untuk menghitung nilai valuta asing tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

1.   Bu Doni akan melakukan transaksi bisnis dengan orang Amerika Serikat. Ia membutuhkan uang dollar Amerika sebesar US $ 10.000. Untuk mendapatkan dolar yang dibutuhkan Bu Doni datang ke money changer. Ternyata kurs yang berlaku saat ini adalah:
Kurs Jual : US$ 1 = Rp10.000,00
Kurs Beli : US$ 1 = Rp9.800,00
Berapa uang rupiah yang harus ditukarkan Bu Doni untuk memperoleh dollar sebanyak yang ia inginkan?

Jawab:
Karena money changermenjual valuta asing kepada Bu Doni, maka kurs yang digunakan untuk melakukan transaksi adalah kurs jual. Perhitungannya adalah:
US $ 10.000 x Rp10.000,00 = Rp100.000.000,00
Dengan demikian untuk mendapatkan US $ 10.000 yang diperlukan Bu Doni harus menukarkan dengan Rp100.000.000,00

2.   Pada hari yang sama serombongan turis asing menginginkan uang rupiah yang akan mereka gunakan untuk berbelanja selama tinggal di Indonesia. Mereka hendak menukarkan US $ 10.000 dalam mata uang rupiah. Berapa rupiah yang akan diperoleh serombongan turis asing tersebut dengan kurs yang sama seperti tersebut di atas?

Jawab:
Karena money changer membeli valuta asing dari turis asing, maka kurs yang digunakan untuk melakukan transaksi adalah kurs beli.
Perhitungannya adalah: US $ 10.000 x Rp9.800,00 = Rp98.000.000,00
Dengan demikian US $ 10.000 milik para turis asing dapat ditukarkan dengan Rp98.000.000,00

c. Pelaku Pasar Valuta Asing

Setiap negara memiliki mata uang yang nilainya berbeda dengan nilai mata uang negara lain. Oleh karena itu, agar ia bisa melakukan transaksi perdagangan internasional, penduduk satu negara harus menukarkan dahulu mata uang negaranya dengan mata uang negara rekan dagangnya atau mata uang lain yang bisa diterima rekan dagangnya tersebut. Seseorang yang membutuhkan valuta asing dapat menukarkan mata uang yang dimiliki dengan valuta asing yang dibutuhkan di pasar valuta asing.

Ada banyak pihak yang membutuhkan valuta asing. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
1)     Orang-orang Indonesia yang akan berkunjung ke luar negeri.
2)     Orang Indonesia yang membiayai anggota keluarganya yang hidup di luar negeri.
3)     Para importir yang hendak membayar barang atau jasa yang dibeli dari luar negeri.
4)     Para investor dalam negeri yang ingin membayar kewajiban-kewajibannya terhadap orang di luar negeri.
5)     Pemerintah/orang-orang di dalam negeri yang akan membayar utang atau bunga ke luar negeri.
6)     Pedagang valas yang berspekulasi karena harga valuta asing yang berfluktuasi.
7)     Perusahaan-perusahaan asing (yang ada di dalam negeri) yang akan membayar dividen kepada para pemegang sahamnya di luar negeri.

d. Fungsi Pasar Valuta Asing

Fungsi pasar valuta asing antara lain:
1)  memperlancar penukaran valuta asing,
2)  memperlancar terjadinya kegiatan ekspor dan impor/ transaksi antarnegara,
3)  memperlancar pemindahan dana dari suatu negara ke negara lainnya,
4)  memberikan tempat para pedagang valuta asing untuk melakukan spekulasi, dan
5)  meningkatkan kegiatan perekonomian secara umum.

Demikian penjelasan singkat kami tentang valuta asing tang terdiri dari pengertian valuta asing, cara menghitung valuta asing, fungsi pasar valuta asing, dan fungsi pasar valuta asing. Semoga artikel kami yang membahas tentang valuta asing tang terdiri dari pengertian valuta asing, cara menghitung valuta asing, fungsi pasar valuta asing, dan fungsi pasar valuta asing bermanfaat untuk para pembaca.

Bagikan Artikel

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon