Pengertian, Ciri, Kebaikan, dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian, Ciri, Kebaikan, dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna


Pengertian, Ciri, Kebaikan, dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian, ciri, kebaikan, dan keburukan pasar persaingan sempurna. Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna? Mengapa pasar disebut dengan pasar persaingan sempurna? Jika ada pasar persaingan sempurna, apa ada juga pasar persaingan tidak sempurna? Apa hubungan antara pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pasar persaingan sempurna dan menjawab semua pertanyaan berkaitan dengan pasar persaingan sempurna. Sebelum mempelajari pasar persaingan sempurna, kita akan membahas tentang pasar output. Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan barang dan jasa yang merupakan output (hasil) dari kegiatan produksi.

Pasar output memiliki dua macam struktur pasar, yakni pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Apa perbedaan pasar persaingan sempurna dengan pasar persaingan tidak sempurna? Di mana letak perbedaannya? Berikut ini yang pertama kita bahas adalah pasar persaingan sempurna yang meliputi pengertian pasar persaingan sempurna, ciri pasar persaingan sempurna, kebaikan pasar persaingan sempurna, dan keburukan pasar persaingan sempurna.

1.      Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian pasar persaingan sempurna. Hal pertama yang kita pelajari tentang pasar persaingan sempurna yaitu pengertian pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna adalah salah satu pasar yang memiliki banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak mampu memengaruhi harga pasar. Pada pasar persaingan sempurna, harga yang terbentuk sungguh-sungguh mencerminkan keinginan penjual dan pembeli secara keseluruhan (bersama-sama). Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk pasar yang paling baik dan ideal, karena pasar persaingan sempurna mampu menjamin terjadinya kegiatan produksi yang sangat efisien. Namun, dalam kenyataannya hampir tidak ada satu pun pasar yang bisa memenuhi seluruh ciri pasar persaingan sempurna. Selalu saja ada salah satu ciri yang tidak dipenuhi.

2.      Ciri Pasar Persaiangan Sempurna

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Agar kita bisa mengenali lebih jauh tentang pasar persaingan sempurna, berikut ini merupakan ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

a. Jumlah Pembeli dan Penjual Sangat Banyak

Ciri yang pertama dari pasar persaingan sempurna adalah jumlah pembeli dan penjual sangat banyak. Karena jumlah penjual dan pembeli sangat banyak maka masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak akan mampu memengaruhi harga pasar. Tak akan ada gunanya seorang pembeli menawar harga karena penjual tidak akan menurunkannya sebab masih banyak pembeli yang lain. Tak ada gunanya pula seorang penjual menaikkan harga karena seluruh pembeli akan segera berpindah ke penjual lain. Keadaan ini sangat berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna yang kadangkadang hanya ada  satu penjual atau produsen yang menguasai penjualan barang sehingga dapat seenaknya menaikkan harga, dan konsumen tidak bisa berpindah ke penjual/produsen lain.

b. Barang dan Jasa yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Ciri yang kedua dari pasar persaingan sempurna adalah barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen.. Bersifat homogen berarti barang dan jasa yang diperjualbelikan memiliki ciri dan kualitas yang sama. Konsumen pun beranggapan bahwa antara barang dan jasa satu dengan yang lain tidak memiliki perbedaan.

c. Pembeli dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar dengan Sempurna

Ciri yang ketiga dari pasar persaingan sempurna adalah pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar dengan sempurna. Mengetahui keadaan pasar dengan sempurna, artinya pembeli mengetahui keadaan, kualitas dan harga barang maupun jasa yang akan dibeli. Demikian juga dengan penjual, bila seorang penjual atau produsen menaikkan harga barang untuk mencari laba lebih banyak maka pembeli akan segera beralih ke penjual lain. Akan tetapi, bila ada penjual yang berani menurunkan harga maka pembeli akan berbondong-bondong membeli ke penjual tersebut. Ini bisa terjadi karena pembeli mengetahui dengan baik tentang kualitas dan harga barang.

d. Pembeli dan Penjual Bebas Keluar Masuk Pasar

Ciri yang keempat dari pasar persaingan sempurna adalah pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar. Pasar persaingan sempurna memberikan kebebasan bagi penjual untuk berdagang dan pembeli untuk berbelanja. Bila sewaktu-waktu penjual atau pembeli ingin keluar dari pasar maka pasar tidak akan menghalanginya. Dengan kata lain, siapa pun bebas keluar masuk pasar.

e. Faktor-Faktor Produksi Bebas Bergerak

Ciri yang kelima dari pasar persaingan sempurna adalah faktor-faktor produksi bebas bergerak. Dalam pasar ini, faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, mesin, dan pengusaha dapat bebas bergerak ke mana pun tanpa ada halangan. Pemerintah tidak turut campur dalam menentukan harga atau memberikan fasilitas khusus bagi produsen tertentu. Dengan demikian, mekanisme yang terjadi dalam pasar ini benar-benar bebas dari campur tangan pemerintah.


f. Tidak Ada Campur Tangan Pemerintah

Ciri yang keenam dari pasar persaingan sempurna adalah tidak ada campur tangan pemerintah. Dalam kenyataan, keadaan pasar yang memenuhi seluruh ciri pasar persaingan sempurna tidak pernah ada seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Yang ada hanyalah pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna, seperti pasar yang menjual hasil pertanian, contoh: pasar buah, pasar sayur, pasar jagung, pasar kedelai, dan lain-lain. Begitu banyaknya hasil pertanian yang dihasilkan oleh banyak petani, yang dijual secara bersamaan saat panen, akan menyulitkan pembeli untuk mengetahui perbedaan produk petani yang satu dengan petani yang lain. Petani secara perseorangan tidak akan mampu memengaruhi harga pasar yang sudah terbentuk. Bila seorang petani berani menaikkan harga maka pembeli akan segera berpindah ke petani yang lain.

3.      Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna memiliki kebaikan dan keburukan. Berikut ini kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna.

Yang pertama kita bahas dalam kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna adalah kebaikan pasar persaingan sempurna. Ada banyak kebaikan pasar persaingan sempurna. Kebaikan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

a. Mampu mendorong efisiensi (penghematan) dalam produksi

Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan produsen berjumlah banyak, sehingga antarpenjual atau produsen akan berusaha membuat produk dengan mutu yang baik dengan biaya sehemat mungkin. Lain halnya bila jumlah produsen hanya satu seperti pada pasar monopoli, produsen cenderung akan kurang efisien dalam berproduksi karena tidak ada saingan. Dengan demikian kebaikan pasar persaingan sempurna adalah mampu mendorong penghematan dalam produksi.

b. Tidak memerlukan iklan

Karena barang dan jasa dalam pasar persaingan sempurna bersifat homogen (serba sama) maka para produsen atau penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan. Dalam pasar persaingan sempurna percuma beriklan, karena memang barang dan jasa yang dijual serba sama. Jadi dalam pasar persaigan sempurna tidak memerlukan iklan.

c. Pembeli dan penjual bebas bertindak

Pasar persaingan sempurna memberikan keleluasaan bagi penjual untuk keluar masuk pasar kapan saja. Siapa saja yang memiliki modal dalam pasar persaingan sempurna bisa segera masuk sebagai penjual atau produsen, dan siapa saja yang merasa rugi bisa segera keluar dari pasar. Demikian juga dengan pembeli, kapan saja pembeli bisa berbelanja kebutuhannya tanpa ada yang menghalangi di pasar persaingan sempurna.

d. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli;

Pada pasar persaingan sempurna harga yang terbentuk benar-benar merupakan hasil tarik-menarik seluruh permintaan dan seluruh penawaran. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual yang bisa merugikan para pembeli. Harga juga tidak dikendalikan oleh satu pembeli yang bisa merugikan para penjual.

Selain memiliki kebaikan, pasar persaingan sempurna juga memiliki keburukan. Keburukan pasar persaingan sempurna juga ada banyak. Beberapa diantara keburukan pasar persaingan sempurna yaitu sebagai berikut.

a. Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk

Karena laba yang diperoleh produsen atau penjual dalam pasar persaingan sempurna bersifat normal (secukupnya) maka produsen atau penjual tidak mampu menyisihkan dana untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk. Dengan demikian, inovasi (penemuan baru) akan lambat diperoleh dalam pasar persaingan sempurna.

b. Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli

Karena barang dan jasa yang diperjualbelikan di pasar persaingan sempurna bersifat homogen (serba sama) maka konsumen tidak bisa memilih sesuai selera dan tingkat pendapatannya di pasar persaingan sempurna.

c. Demi efisiensi (penghematan) biaya produksi, 

      Di pasar persaingan sempurna kadang kala produsen atau penjual memberikan upah/gaji yang terlalu rendah bagi pekerjanya.
Demikian penjelasan singkat kami tentang pengertian pasar persaingan sempurna, ciri pasar persaingan sempurna, kebaikan pasar persaingan sempurna, dan keburukan pasar persaingan sempurna. Semoga artikel kami yang membahas tentang pengertian pasar persaingan sempurna, ciri pasar persaingan sempurna, kebaikan pasar persaingan sempurna, dan keburukan pasar persaingan sempurna bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 komentar

komentar
29 October 2016 at 22:57 delete

wah artikelnya mudah dimengerti, terimakasih

Reply
avatar
31 October 2016 at 09:36 delete

iya, sama-sama. terima kasih sudah mampir.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon