Jumat, Desember 18

Sejarah Perkembangan Akuntansi Evolusi Pembukuan Berpasangan

Sejarah perkembangan akuntansi evolusi pembukuan berpasangan - Akuntansi merupakan suatu cabang ilmu yang banyak dipelajari diberbagai tingkatan pendidikan mulai dari SMA/MA, SMK, hingga sampai di perguruan tinggi. Akan tetapi, apakah pembaca tahu tentang lahirnya sistem pembukuan berpasangan? Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang sejarah pembukuan berpasangan dalam perkembangan akuntansi.

A. Sejarah Awal Akuntansi
1. Sitem pencatatan telah muncul 3000 SM peradaban Kaldea-Babilonia, Asiria dll
2. Peradaban lembah sungai, seperti:
a. Mesir (pusat berkembangnya mesin keuangan dan departemen).
b. Peradaban China adanya muncul akuntansi pemerintahan pada Dinasti Chao (1122 – 256 SM)
c. Peradaban Roma adanya pajak
3. Bentuk2 dasar akuntansi berpasangan yg belum sempurna muncul tahun 1577 pada masa peradaban Inca Kuno di Italia

B. Kontribusi Luca Pacioli
1. Seorang agamawan dan ahli matematika
2. 1494 dia menulis buku “Summa de Arithmetica Geomeria, Proportioni et Proportionalita” dalam 2 bab Tractatus de computis et scripturis membahas mengenai pembukuan berpasangan.
3. Istilah adebeo dan credito
4. Muncul metode Venesia / Italia
5. Tujuan pembukuan : untuk memberi informasi yg tepat bagi pedagang atas aset & kewajiban
6. Tiga buku digunakan : memorandum, jurnal & buku besar

C. Perkembangan Double Entry Accounting
1. Buku Luca Pacioli tersebar di Eropa Barat dan dikembangkan oleh para pengarang berikutnya. Sistem pembukuan berpasangan berkembang dengan sistem yang menyebut asal negaranya, misalnya sistem Belanda, sistem Inggris, dan sistem Amerika Serikat.
2. Pada abad pertengahan, pusat perdagangan pindah dari Venesia ke Eropa Barat terutama Inggris menjadi pusat perdagangan pada masa revolusi industri.
3. Pada akhir abad ke-19, sistem pembukuan berpasangan berkembang di Amerika Serikat yang disebut accounting (akuntansi). Sejalan dengan perkembangan teknologi di negara itu,
4. Pertengahan abad ke-20 telah dipergunakan komputer untuk pengolahan data akuntansi.

D. Perkembangan Akuntansi di Indonesia
1. Awalnya menganut sistem pembukuan belanda (kontinental) Sistem ini disebut dengan sistem tata buku
2. Muncul investor2 asing di Indonesia shg muncul sistem akuntansi anglo saxon
3. Banyak scholarship ke Amerika
4. Periode Sekarang = Campuran

E. Organisasi Profesi Akuntansi di Indonesia
Ikatan Akuntan Indonesia yang selanjutnya disebut IAI, adalah organisasi profesi yang menaungi seluruh Akuntan Indonesia. Sebutan IAI dalam Bahasa Inggris adalah Institute of Indonesia Chartered Accountants.

IAI menjadi satu-satunya wadah yang mewakili profesi akuntan Indonesia secara keseluruhan, baik yang berpraktik sebagai akuntan sektor publik, akuntan sektor privat, akuntan pendidik, akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan pajak, akuntan forensik, dan lainnya.

IAI didirikan pada tanggal 23 Desember 1957 dengan dua tujuan yaitu 1. membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan; dan 2. mempertinggi mutu pekerjaan akuntan.

IAI bertanggungjawab menyelenggarakan ujian sertifikasi akuntan profesional (ujian Chartered Accountant-CA Indonesia), menjaga kompetensi melalui penyelenggaraan pendidikan profesional berkelanjutan, menyusun dan menetapkan kode etik, standar profesi, dan standar akuntansi, menerapkan penegakan disiplin anggota, serta mengembangkan profesi akuntan Indonesia.

IAI merupakan pendiri dan anggota International Federation of Accountants (IFAC), organisasi profesi akuntan dunia yang merepresentasikan lebih 3 juta akuntan yang bernaung dalam 170 asosiasi profesi akuntan yang tersebar di 130 negara. Sebagai anggota IFAC, IAI memiliki komitmen untuk melaksanakan semua standar internasional yang ditetapkan demi kualitas tinggi dan penguatan profesi akuntan di Indonesia. IAI juga merupakan anggota sekaligus pendiri ASEAN Federation of Accountants (AFA). Saat ini IAI menjadi sekretariat permanen AFA.

IAI terdiri dari tiga seksi:
a. IAI seksi Akuntan Publik, yaitu anggota IAI yang berprofesi sebagai akuntan publik
b. IAI seksi Akuntan Manajemen, yaitu anggota IAI yang bekerja dalam perusahaan, termasuk BUMN, Bank pemerintah dll
c. IAI seksi Akuntan Pendidik, Yaitu anggota IAI yang berprofesi sebagai pendidik

Komite IAI:
a. Komite Norma Pemeriksaan Akuntan
b. Komite Kode Etik
c. Komite Perpajakan


Sejarah Perkembangan Akuntansi Evolusi Pembukuan Berpasangan
F. Bidang Profesi Akuntansi
1. Akuntan Intern adalah akuntan yang bekerja sebagai pegawai dalam bidang akuntansi di perusahaan milik negara dan daerah serta perusahaan swasta.
2. Akuntan Publik adalah akuntan yang bekerja dengan membuka kantor akuntan publik (KAP) yang memberikan pelayanan kepada perusahaan dalam bidang audit, penyusunan sistem akuntansi dan jasa lainnya secara independen.
3. Akuntan Pemerintah adalah akuntan yang bekerja sebagai pegawai pemerintah yang bidang dan aktivitas pekerjaannya berkaitan langsung dalam bidang akuntansi, seperti BPK, kantor pajak dan sebgainya.
4. Akuntan yang bekerja di luar bidang akuntansi, misalnya akuntan membuka usaha sendiri, akuntan yang bekerja di pemerintahan tetapi tidak dalam bidang akuntansi dan sebagainya.
5. Akuntan pendidik adalah akuntan yang bergerak dalam bidang pendidikan, baik sebagai dosen maupun sebagai guru di sekolah lanjutan.
Sumber : FE UNNES

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon