Sunday, December 20

Inilah Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Merasa Iri dengan Teman Kerja

      Iklan (Tutup Klik 2x)
      Iklan (Tutup Klik 2x)
Inilah Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Merasa Iri dengan Teman Kerja - Manusia hidup dengan berbagai kebutuhan yang ada. Kebutuhan akan bisa terpenuhi jika kita mempunyai alat untuk memenuhi kebutuhan yang kita miliki, yaitu uang. Sedangkan uang hanya dapat kita dapat ketika kita bekerja. Dengan bekerja, kita akan memperoleh hak setelah kita melakukan kewajiban kita untuk bekerja. Ketika kita bekerja, tentu ada banyak sekali permasalahan yang kita jumpai dalam lingkungan kerja. Salah satunya mungkin iri atau bekerja dengan menggunakan teman kerja sebagai patokan kerja.

Contoh sederhana yang terjadi yaitu misalnya kita yang awalnya datang ke tempat kerja dengan tepat waktu, akan tetapi berubah datang terlambat setelah melihat teman kerja kita datang  terlambat dan tidak dimarahi oleh atasan. Iri ketika atasan kita menilai kita yang datang tepat waktu sama dengan teman kita yang datang terlambat.

Hal di atas merupakan contoh sederhana dari sifat iri yang ada di lingkungan kerja. Sebenarnya masih ada contoh lain, misalnya gaji  kita yang bekerja dengan gigih lebih rendah dibanding teman kerja kita yang bekerja dengan malas-malasan dan mendapatkan gaji lebih besar dari  pada kita. Pada kesempatan kali ini, ijinkan kami dari tim alifqafrahamzah untuk memberikan saran kepada teman-teman supaya terhindar dari sifat iri yang membuat produktifitas kita dalam bekerja dapat menurun. Ha-hal yang dapat teman-teman lakukan untuk mengatasi rasa iri di tempat kerja antara lain sebagai berikut :

1. Pahami siapa atasan anda  
Siapakah atasan anda? Apakah seseorang yang memimpin instansi tempat kita bekerja? Ataukah seseorang yang menilai kita dalam bekerja? Jika jawaban teman-teman adalah iya, maka teman-teman akan sulit mengatasi sifat iri yang ada dalam diri anda. Teman-teman, kita harus sadar jika atasan kita adalah manusia. Sama dengan kita, manusia adalah makhluk yang hidup dengan berbagai kelebihan dan kelemahan. Sangatlah susah jika kita menginginkan atasan kita dapat berlaku adil 100% kepada seluruh karyawannya.

Teman-teman, apakah teman-teman lupa tentang penciptaan kita sebagai manusia oleh Allah Swt. Kita diciptakan tidak lain hanya untuk beribadah kepada Allah Swt.  Bekerja juga adalah ibadah jika kita niat demi Allah Swt. Mulai sekarang jangan beranggapan jika atasan kita di tempat kerja kita adalah atasan kita.

Mulai sekarang, Allah Swt adalah atasan kita. Allah Swt yang akan menilai  kita dibanding teman-teman kita dengan adil. Jika kita berangkat kerja tepat waktu, Allah Swt yang akan tahu. Jika kita bekerja dengan gigih dan lembur, Allah Swt pun juga yang akan tahu. Jadi, nikmatilah lingkungan pekerjaan kita, apapun itu. Dengan kita bekerja demi Allah Swt yang maha mengetahui lagi maha adil, kita tidak perlu irilagi dengan teman kerja kita.

2. Beri ucapan selamat pada prestasi rekan kerja
Apa pun prestasinya, ucapan selamat dari Anda akan mencairkan suasana kompetisi di antara Anda berdua. Selain itu, Anda juga akan memberikan getaran positif sehingga pertemanan Anda dengan dia tersebut semakin erat.

3. Fokus pada kemampuan diri sendiri
Dengan demikian, Anda akan mencurahkan energi dan waktu Anda untuk menyelesaikan semua tugas-tugas Anda, bukan memikirkan prestasi rekan kerja Anda. Setiap orang yang berprestasi karena kemampuannya dalam bekerja. Oleh karenanya, jika Anda fokus pada kemampuan Anda, Anda juga akan berprestasi seperti rekan kerja Anda yang berprestasi tersebut.

4. Tingkatkan pembelajaran
Cara berikutnya adalah dengan meningkatkan pembelajaran terhadap aspek soft skills dan hard skills Anda. Soft skills adalah hal-hal yang berkaitan dengan Emotional Intelligence Quotient (EQ) antara lain paradigma, optimisme, sopan santun, kebiasaan, manajemen emosi, dan perilaku kerja Anda, sedangkan hard skills mencakup keterampilan-keterampilan teknis yang berkaitan dengan pekerjaan Anda.

5. Fokus pada pekerjaan Anda
Dari pada iri kepada prestasi orang lain, lebih baik Anda fokus kepada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Oleh karenanya, energi dan waktu Anda akan bernilai sehingga hari-hari kerja Anda menyenangkan. Selain itu, fokus ini akan membantu Anda berprestasi juga di departemen atau unit tempat Anda bekerja.

Inilah Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Merasa Iri dengan Teman Kerja

6. Jauhi lingkungan yang memberi pikiran negatif
Jauhi juga rekan-rekan kerja yang biasa memiliki sifat iri terhadap orang lain. Mengapa? Karena kalau Anda bergabung dengan mereka, perasaan Anda akan semakin negatif (memancarkan aura negatif). Bagaimana kalau seorang rekan kerja Anda memancing Anda untuk membicarakan rekan kerja Anda yang berprestasi dari sisi negatifnya? Yang perlu Anda lakukan adalah menolak secara halus pancingan tersebut. Ini bisa berupa Anda meminta tidak diganggu karena Anda sedang menyelesaikan pekerjaan Anda.

Selain itu, hapus juga pesan dan atau surat elektronik (email) negatif tentang rekan kerja yang berprestasi. Kalau perlu, jangan dibaca email-email tersebut karena memang tidak ada gunanya bagi Anda.

7. Bangun kerja sama
Hubungi rekan kerja yang berprestasi untuk membangun pertemanan yang langgeng. Bentuk pertemanan ini bisa berupa kerja sama dalam sebuah proyek baru atau yang sedang berlangsung. Dengan bekerja sama dengan orang berprestasi tersebut, Anda akan ketularan ritme kerja yang kondusif sehingga Anda dapat berkembang menjadi lebih baik.

Demikian artikel kami tentang  beberapa hal yang perlu kita lakukan ketika merasa iri dengan teman kerja. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon