Mengapa Slogan Pendidikan Indonesia Tut Wuri Handayani ?

Mengapa Slogan Pendidikan Indonesia Tut Wuri Handayani  ?

Mengapa Slogan Pendidikan Indonesia Tut Wuri Handayani  ?

Bagi para pembaca yang pernah duduk di bangku sekolah pasti tidak asing dengan kalimat "Tut Wuri Handayani" yang menjadi slogan Pendidikan di Indonesia. “Tut Wuri Handayani” merupakan salah satu dari 3 (tiga) ajaran kepemimpinan dari Ki Hajar Dewantara. Ketiga ajaran kepemimpinan tersebut yaitu :

“Ing Ngarso Sun Tulodho”
“ng Madyo Mangun Karso”
“TutWuri Handayani”

Ketiga ajaran tersebut merupakan kalimat dalam bahasa jawa yang berari :

“Ketika Kita Berada di Depan Memberi Contoh”
“Ketika Kita Berada dI Tengah Ikut Berbaur dan Memotivasi”
“Ketika Kita Berada di Belakang memberi Dorongan atau motivasi”

Dari ketiga ajaran tersebut, ternyata kalimat terakhir yang digunakan untuk semboyan pendidikan di negeri Indonesia yaitu Tut Wuri Handayani yang berarti di belakang Memberi Dorongan. Selama bertahun tahun di sekolah, mungkin baru ini saya menemukan alasan di balik  penggunaanya slogan “Tut Wuri handayani” dalam pendidikan di Indonesia.

Sebagai seorang pendidik, sebisa mungkin kita memposisikan diri kita di belakang siswa - siswi kita. Jangan buat siswa kita berada di belakang kita dengan mengejar - ngejar kita, karena jika siswa kita terjatuh, kita tidak akan melihatnya. Kita tidak akan bisa membantu siswa – siswa kita ketika terjatuh. Berbeda jika kita memposisiskan diri kita berada di belakang siswa, siswa akan kita dorong semaksimal kita. Jangan buat siswa meniru gaya atau jalan hidup kita, kita harus memotivasi siswa agar selalu selangkah lebih baik dari pada kita. Seorang siswa harus lebih baik dari pada gurunya.

Berbeda apabila kita berada di belakang dan siswa - siswa kita berada di depan. Apabila siswa kita terjatuh, kita bisa membantunya untuk bisa bangkit lagi. Dengan kita berada di belakang siswa- siswa kita, kita bisa melihat seluruh siswa kita berlari mengejar mimpi mereka. Kita hanya perlu memberi dorongan agar siswa kita bersemangat mengejar mimpi mereka. Dengan siswa selalu berada di depan guru, diharapkan dia bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari pada gurunya. Itulah makna dibalik "Tut Wuri Handayani" untuk pendidikan kita menurut saya.

Demikian artikel kami yang membahas tentang alasan "Tut Wuri Handayani"  dipakai Slogan di Pendidikan Indonesia. Semoga dapat mengispirasi kita semua. Terima kasih . . .

Artikel Terkait

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon