Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas X, XI, XII – 2020

Contoh RPP 1 lembar Bahasa Indonesia SMA SMK kelas X XI XII kurikulum 2013 revisi 2018 tahun 2020. Sesuai dengan judul di atas, kali ini kami akan membagikan artikel tentang RPP 1 lembar SMA SMK, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. RPP 1 lembar ini sesuai dengan arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa RPP setidaknya memuat 3 komponen, yaitu tujuan pembelajaran, Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran, dan assessment atau penilaian pendidikan. Adapun komponen lainnya hanya bersifat pelengkap saja ya.

RPP 1 lembar Bahasa Indonesia dibuat dengan harapan konsentrasi guru langsung pada peserta didik atau siswa. Jadi, tidak memikirkan tentang administrasi mengajar melulu. Dengan berkurangnya beban pikiran para guru, diharapkan guru dapat memberikan perhatian kepada siswa secara maksimal.

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA SMK Kurikulum 2013 Revisi

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang paling lama dipelajari oleh siswa. Mengapa? Hal ini dikarenakan mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, hingga Perguruan Tinggi tetap wajib memberikan pelajaran Bahasa Indonesia. 

Harapannya apa sih? Tentu saja ingin membuat generasi sekarang ini semakin cinta dan mau menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dalam berkomunikasi, dibandingkan dengan bahasa serapan lain, apalagi Bahasa dari luar negeri.

Sebelum kami membagikan RPP 1 lembar Bahasa Indonesia SMA/SMK, kami perlu menyampaikan KI KD yang kami gunakan sebagai dasar dalam penyusunan RPP Bahasa Indonesia ini. Karena kita tahu, pemerintah dalam 10 tahun terakhir ini sering merevisi Kurikulum, sehingga mengakibatkan perubahan KI KD mata pelajaran.
 

Daftar Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD) RPP Bahasa Indonesia

Pada awalnya, Bahasa Indonesia terdiri dari 4 KI/KD, yakni KD 1, KD 2, KD 3, dan KD 4. Hanya saja, dikarenakan adanya revisi kurikulum, maka KD mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya ada 2, yakni KD 3 dan KD 4. Adapun untuk KD 1 (sikap spiritual) dan KD 2 (sikap sosial) hanya khusus ada pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas X XI XII 2020

Jadi, intinya yang tersisa hanya KD 3 (Pengetahuan) dan KD 4 (Keterampilan). Lantas, apa saja KD 3 dan KD 4 mata pelajaran Bahasa Indonesa SMA/SMK? Berikut ini kami sampaikan sebagian KD 3 dan KD 4 bahasa Indonesia SMA/SMK.
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.; 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.; 4.2 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.

3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.; 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.; 4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.; 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
3.6 Dan Selanjutnya

RPP Bahasa Indonesia 1 Lembar

Kami harap, KD yang kami sampaikan di atas, sama seperti milik pembaca. Jika tidak sama, kami akan melakukan evaluasi kembali, namun jika sama mari kita lanjutkan artikel kami tentang RPP 1 lembar Bahasa Indonesia. Jadi intinya, perubahan administrasi guru dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu terletak pada penyusunan RPP.

Para Bapak/Ibu guru tidak perlu merubah atau merevisi Silabus, KKM, Prota, Promes. Silahkan untuk digunakan kembali, hanya saja di ganti tahun. Yang perlu Bapak/Ibu ganti adalah RPP Bahasa Indonesia yang awalnya terdiri dari beberapa lembar, sekarang hanya 1 lembar. Oh ya, 1 lembar jangan diartikan jumlah RPP terbaru ini "1 lembar" ya. 

"1 lembar" hanya istilah popular untuk format RPP terbaru ini. Walaupun memang contoh yang akan kami sampaikan ini memang 1 lembar. Tanpa Panjang lebar lagi, berikut ini contoh RPP Bahasa Indonesia 1 lembar. Kami hampir saja lupa menyampaikan, bahwa LINK DOWNLOAD RPP 1 lembar ini ada di bawah ya. Semoga saja tidak ada kendala. Jika anda menjumpai kendala, silahkan masukkan saran anda pada kolom komentar.

1. RPP 1 lembar Bahasa Indonesia Kelas X

2. RPP 1 lembar Bahasa Indonesia Kelas XI

3. RPP 1 lembar Bahasa Indonesia Kelas XII

Memang hanya sebagian KD yang kami upload, tidak semua kami upload. Mengapa? Karena kami khawatir jikalau ada perbedaan kebijakan di masing-masing daerah atau satuan Pendidikan. Jika anda cocok dengan RPP 1 lembar di atas, anda dapat melanjutkan dengan KD berikutnya hanya dengan mengganti KD, tujuan, dan materi. Semoga tidak mengalami kesulitan. Tetap semangat ya Bapak/Ibu guru.

Demikian artikel kami terkait beberapa contoh RPP Bahasa Indonesia 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2018 tahun 2020. LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan di bawah. Silahkan diklik, maka anda akan langsung diarahkan halaman download RPP. 

Posting Komentar untuk "3 RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas X, XI, XII – 2020"

Iklan (Tutup K!ik 2x)
Iklan (Tutup K!ik 2x)
Link Download

Berlangganan via Email