14 KI KD Siskomdig SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 (BARU)

Iklan (Tutup)
Iklan (Tutup)
Loading...
Download KI KD Siskomdig SMK/ MAK Kurikulum 2013 (K13) Revisi terbaru. Melanjutkan artikel kami sebelumnya, pada kali ini kami akan membagikan KI KD kurikulum 2013 SMK/MAK. Jika sebelumnya kami membagikan KI KD mapel pendidikan agama, PPKn, dan yang lainya, maka kali ini kami akan membagikan KI KD Mapel Siskomdig.

Siskomdig sebenarnya bukan mata pelajaran baru di dunia SMK, namun siskomdig sebenarnya pengembangan dari mata pelajaran KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) yang sudah disempurnakan dengan situasi yang ada saat ini. Mata pelajaran siskomdig sebenarnya juga merupakan singkatan dari Simulasi dan Komunikasi Digital.

Jika kalian mendalami perubahan mata pelajaran Siskomdig, dulu ketika awal mula kurikulum 2013, mata pelajaran ini diberi nama simulasi digital (Simdig). Namun, karena adanya penyesuaian dengan kondisi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU DI), maka mata pelajaran tersebut ditambahi kata komunikasi, yang pada akhirnya bernama Simulasi dan Komunikasi Digital.

Sama halnya mata pelajaran KKPI, mata pelajaran Siskomdig juga ada pada semua kompetensi keahlian (bidang keahlian) SMK, mulai dari teknologi dan rekayasa, energi dan pertambangan, kemaritiman, dan bidang keahlian SMK yang lain. Pokoknya, di setiap SMK pasti ada Siskomdig.

Hanya saja, ada perbedaan yang nyata antara KKPI dengan Siskomdig, yaitu terletak pada penempatan mata pelajaran. KKPI merupakan mata pelajaran yang selalu ada mulai dari keals 10, 11, dan 12, sedangkan mata pelajaran Siskomdig hanya ada pada kelas 10 saja. Salah satu dampak dari pemberlakuan aturan ini yaitu banyak guru yang ikut Program Keahlian Ganda.

Dasar Hukum Pelaksanaan KI KD Siskomdig Kurikulum 2013 Revisi

Kurikulum 2013 merupakan salah satu kurikulum yang paling banyak direvisi sejak diterbitkan tahun 2013 lalu. Adapun peraturan pemerintah yang kami gunakan dalam penyampaian KI KD Siskomdig ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Anda dapat melihat peraturan ini di bawah. Yang jelas aturan ini ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad mulai pada tanggal 9 Juni 2017. Peraturan tersebut dapat anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Siskomdig SMK K13 Revisi

Jika anda cermati, ada satu hal yang menjadi pembeda antara kurikulum 2013 (K13) revisi ini dengan kurikulum sebelum-sebelumnya KTSP 2006. Jadi, dalam K13 ini menggunakan Kompetensi Inti 1, 2, 3, dan 4. Untuk KI 1 berisi sikap spiritual, KI 2 berisi sikap sosial, KI 3 berisi penilaian pengetahuan, dan KI 4 berisi penilaian keterampilan.

Awal mula penerapan K13 ini semua mata pelajaran mempunyai KI 1, dan KI 2. Nah, untuk peraturan yang terbaru, KI 1 dan 2, diberikan kepada guru agama dan guru PPKn secara langsung. Namun, untuk guru mata pelajaran lain tetap diharapkan dapat membantu meningkatkan sikap spiritual dan sikap sosial melalui pembelajaran di dalam kelas.

KI Siskomdig SMK Kurikulum 2013 Revisi

Dikarenakan Siskomdig tidak berhubungan langsung dengan sikap spiritual dan sosial, maka tidak ada KI 1 dan KI 2 dalam KI Siskomdig. Hanya ada KI 3 dan KI 4. Berikut ini merupakan Kompetensi Inti mata pelajaran Siskomdig SMK K13 Revisi terbaru, yang terdiri dari KI 3 dan KI 4.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI KD Siskomdig SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018

KD Siskomdig SMK Kurikulum 2013 Revisi

Diakarenakan hanya dipelajari di kelas 10, maka jumlah Kompetensi Dasar (KD) yang disampaikan tidak sebanyak KKPI. Hanya ada 14 KD yang harus disampaikan kepada para siswa. Lantas apa saja KD Siskomdig kurikulum 2013 revisi? Berikut ini penjabaran satu persatu.

3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer
4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
3.2 Menerapkan metode peta-minda
4.2 Membuat peta-minda
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif
4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan data
4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide
4.5 Membuat slide untuk presentasi
3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif
4.6 Melakukan presentasi yang efektif
3.7 Menganalisis pembuatan e-book
4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
3.8 Memahami konsep KewargaanDigital
4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
4.9 Melakukan penelusuran informasi
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi
4.12 Membuat dokumen tahap pra- produksi
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital
4.14 Membuat laporan hasil pasca- produksi

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Sejarah Indonesia SMK Kurikulum 2013 Revisi (2018)
2. 10 KI KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Full

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

Seperti yang kami sampaikan di atas, bahwa KI KD Siskomdig Kurikulum 2013 revisi 2018 ini sesuai keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang terbaru. Berikut ini merupakan salinan SK Dirjen tentang KI KD salah satu kompetenti keahlian SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi : https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Siskomdig SMK K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel lengkap dan terbaru tentang KI KD mapel Siskomdig SMK/MAK kurikulum 2013 revisi tahun 2017. LINK DOWNLOAD sudah terlampir jika anda membutuhkan salinan peraturan pemerintah tersebut.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon