Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

33 KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK K13 Revisi 2018

Download analisis KI KD mapel Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018. Mata pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak adalah salah satu mata pelajaran wajib C3 (muatan peminatan kejuruan) kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK, selain mata pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak, Basis Data, dan Pemrograman Berorientasi Obyek.

Sesuai dengan namanya, jadi pada mata pelajaran ini, siswa SMK RPL diharapkan mampu untuk membuat aplikasi komputer yang dapat digunakan atau ditampilkan dengan bantuan browser (desktop/ mobile). Beberapa bahasa pemrograman yang cukup populer saat ini antara lain : PHP, ASP classic, ASP.NET, Python, Ruby on Rails,  JSP, Perl.

Sedangkan pemrograman bergerak ini lebih pada pembuatan program pada perangkat mobile (smartphone). Seperti yang kita ketahui sekarang, bahwa penjualan smartphone meningkat drastis, oleh karena itu pengguna smartphone juga meningkat. Untuk itu, penting bagi kita, khususnya siswa RPL untuk mempunyai keahlian atau keterampilan dalam pembuatan program aplikasi smartphone.

Dasar Hukum KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK K13 Revisi

Ketika kita masuk dalam kurikulum 2013 revisi, jangan berharap pemerintah akan menyediakan silabus mata pelajaran, khususnya mata pelajaran produktif. Guru mata pelajaran diharapkan mampu mengembangkan silabus sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang ditentukan oleh pemerintah. Guru tidak diperkenankan untuk mengurangi KD yang disediakan, namun diperbolehkan untuk menambahi KD yang ada.

Untuk KI dan KD mapel Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak K13 Revisi ini mengacu pada aturan pemerintah yang terbaru, yaitu Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Surat keputusan ini berisi informasi tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

SK dari Dirjen tersebut mulai berlaku tanggal 9 Juni 2017. Dengan adanya aturan terbaru, maka SK ini menggantikan peraturan yang sebelumnya. Bagi yang belum membaca peraturan tersebut, kami sudah melampirkan salinan SK tersebut, di akhir artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda dapat mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu : https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD mapel C3 RPL Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak K13 Revisi

Dalam Kurikulum di Indonesia, mungkin baru kali ini kita mendengar istilah KI. KI sendiri merupakan singkatan dari Kompetensi Inti. Jadi, adanya Kompetensi Inti ini merupakan langkah pemerintah dalam mengimplementasikan program pendidikan karakter, khususnya di sekolah.

Awal mula pemberlakuakn K13 pada tahun 2013 memang setiap mata pelajaran mempunyai 4 KI, yaitu KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. Masing-masing KI mempunyai konsep yang berbeda-beda. KI 1 untuk pengembangan sikap spiritual, KI 2 sikap sosial, KI 3 berisi pengetahuan, dan KI 4 memuat keterampilan. Khusus untuk K13 revisi ini, mata pelajaran C3 tidak mempunyai KI 1 dan KI 2. Jadi hanya mempunyai KI 3 dan KI 4. KI 1 dan KI 2 dimiliki oleh mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

1. KI Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK RPL hanya mempunyai 2 KI, yaitu KI 3 dan KI 4. Berikut ini KI K13 Revisi SMK RPL.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK K13 Revisi 2018

2. KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK

Kompetensi Dasar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK jurusan RPL terdiri dari banyak KD, yaitu mulai dari konsep konsep teknologi aplikasi web, hingga konektifitas aplikasi mobile dengan web. Yang jelas, ada 2 jenis KD yang harus disampaikan, yaitu KD pengetahuan (kode = 3), dan KD keterampilan (kode = 4). Bisa anda lihat di bawah ini.

Antara KD pengetahuan dan KD keterampilan tidak jauh berbeda, karena memang satu materi. Jadi setelah siswa tahu, setelah itu diterapkan atau diaplikasikan dalam sebuah keterampilan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK RPL K13 Revisi berikut ini.

3.1 Memahami konsep teknologi aplikasi web
4.1 Mempresentasikan pelbagai teknologi pengembangan aplikasi web
3.2 Menerapkan format teks pada halaman web
4.2 Membuat kode html untuk menampilkan teks dalam format tertentu pada halaman web
3.3 Menerapkan format tabel pada halaman web
4.3 Membuat kode html untuk menampilkan tabel pada halaman web
3.4 Menerapkan tampilan format multimedia pada halaman web
4.4 Membuat kode html untuk menampilkan tampilan format multimedia pada halaman web
3.5 Menerapkan format kaitan pada halaman web
4.5 Membuat kode html untuk menampilkan format kaitan pada halaman web
3.6 Menerapkan format formulir pada halaman web
4.6 Membuat kode html untuk menampilkan formulir pada halaman web
3.7 Menerapkan style pada halaman web
4.7 Membuat kode html untuk menampilkan style tertentu pada halaman web
3.8 Memahami client side scripting dalam pemrograman web
4.8 Mempresentasikan client side scripting dalam pemrograman web
3.9 Menerapkan client side scripting pada halaman web interaktif
4.9 Membuat halaman web interaktif menggunakan client side scripting
3.10 Memahami teknologi aplikasi web server
4.10 Mempresentasikan teknologi aplikasi web server
3.11 Menerapkan pemrograman server side scripting
4.11 Membuat kode program pada server side scripting
3.12 Menerapkan struktur kendali program
4.12 Membuat struktur kendali program
3.13 Menerapkan fungsi dalam program
4.13 Membuat kode fungsi dalam program
3.14 Menerapkan library standar dalam program
4.14 Menggunakan library standar dalam program
3.15 Mengevaluasi aplikasi interaktif pada web
4.15 Memodifikasi aplikasi interaktif pada web
3.16 Menerapkan operasi file
4.16 Membuat kode program untuk operasi file
3.17 Menganalisis penanganan kesalahan pada program
4.17 Melakukan perbaikan penanganan kesalahan pada program
3.18 Menerapkan user interface basis data pada halaman web
4.18 Membuat user interface basis data pada halaman web
3.19 Menerapkan aplikasi web stateful
4.19 Membuat aplikasi web stateful
3.20 Mengevaluasi pengamanan data pada aplikasi web
4.20 Merevisi pengamanan data pada aplikasi web
3.21 Merancang sistem informasi web
4.21 Membangun aplikasi sistem informasi web
3.22 Menerapkan web hosting
4.22 Membuat aplikasi web pada web hosting
3.23 Menerapkan aplikasi web dengan Model View Controler (MVC)
4.23 Membuat aplikasi web menggunakan Model View Controler (MVC)
3.24 Menerapkan teknologi framework dalam aplikasi web
4.24 Membuat aplikasi web menggunakan teknologi framework
3.25 Memahami teknologi pengembangan aplikasi mobile
4.25 Mempresentasikan teknologi pengembangan aplikasi mobile
3.26 Menerapkan teknik desain aplikasi mobile
4.26 Membuat desain aplikasi berbasis mobile
3.27 Menerapkan teknik desain aplikasi multi window
4.27 Membuat desain aplikasi multi window
3.28 Menerapkan pengkodean alur program dalam aplikasi
4.28 Membuat kode program dalam aplikasi
3.29 Menerapkan teknik pengolahan input user
4.29 Membuat antar muka input user pada aplikasi
3.30 Menerapkan teknik desain aplikasi lanjutan
4.30 Membuat desain aplikasi lanjutan
3.31 Menerapkan aplikasi basis data mobile
4.31 Membuat pengolahan basis data mobile
3.32 Mengevaluasi penggunaan library pada aplikasi mobile
4.32 Memodifikasi aplikasi mobile library pada aplikasi mobile
3.33 Menerapkan konektifitas aplikasi mobile dengan web
4.33 Membuat koneksifitas aplikasi mobile dengan web

Orang lain juga membuka :
1.20 KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek SMK RPL K13 Revisi
2. KI KD Basis Data SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi (BARU)
3. KI KD Pemodelan Perangkat Lunak SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan surat keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen tentang KI KD kompetenti keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak

Link : Download KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK K13 RPL

Demikian artikel tentang KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK K13 Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD sudah tersedia apabila anda ingin menyimpan artikel ini.

Posting Komentar untuk "33 KI KD Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak RPL SMK K13 Revisi 2018"