10 KI KD Fisika SMK Kurikulum 2013 Revisi (BARU) Lengkap

Iklan (Tutup KIlk 2x)
Iklan (Tutup KIlk 2x)
Loading...
Download KI KD Fisika SMK Kurikulum 2013 (K13) Revisi terbaru dan terlengkap. Sesuai dengan judul di atas, kali ini kami akan membagikan artikel lengkap tentang KI dan KD Fisika SMK K13. Jika belum mengenal KI KD, KI merupakan kepanjangan dari Kompetensi Inti, sedangkan KD merupakan singkatan dari Kompetensi Dasar.

Tidak seperti mata pelajaran Pendidikan Agama dan PPKn, mata pelajaran Fisika tidak diajarkan disemua bidang keahlian. Jadi, mata pelajaran fisika SMK/MAK hanya diajarkan pada bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, Energi dan Pertambangan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan sebagainya. Intinya yang ada hitung menghitungnya (Bidang keahlian MIPA).

Jika kita ikuti, nama mata pelajaran fisika tidak mengalami perubahan seperti mata pelajaran pendidikan agama, pendidikan pancasila, dan beberapa mata pelajaran lain, namun terjadi pergeseran jenis mapel di kurikulum 2013 revisi. Jika pada KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), mapel fisika masuk dalam mapel adaptif, nah untuk kurikulum 2013 (K13) ini, mapel fisika masuk dalam mata pelajaran C1 (Dasar Bidang Keahlian).

Dasar Hukum KI KD Fisika SMK K13 Revisi

Selain berubah di struktur, mapel fisika juga sekarang hanya diajarkan di kelas 10 saja. Di kelas 11 dan kelas 12 sudah tidak ada lagi mata pelajaran fisika. Pasti seneng banget bagi siswa yang tidak suka hitung-hitungan. Namun, pengembangan kurikulum SMK/ MAK tidak masalah senang atau tidak, tapi karena mempersiapkan siswa menghadapi dunia usaha/ dunia industri (DU DI).

Kurikulum 2013 atau disingkat K13 adalah salah satu kurikulum yang paling banyak direvisi sejak diterbitkan tahun 2013 lalu (sesuai dengan namanya). Adapun peraturan pemerintah yang kami gunakan sebagai dasar dalam penyampaian KI KD Fisika SMK yaitu Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Untuk lebih detail, kami sudah melampirkan salinan peraturan pemerintah tersebut pada akhir artikel. Peraturan tersebut ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad mulai pada tanggal 9 Juni 2017. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda dapat mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Fisika SMK K13 Revisi

Kompetensi Inti atau disingkat KI merupakan hal baru di dunia pendidikan kita saat ini. Namun, sebagai seorang guru, kita tidak boleh menyerah dengan banyaknya aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Adanya KI dianggap sebagai salah satu alat untuk memberikan pendidikan karakter kepada para siswa yang saat ini kondisinya mulai memprihatinkan.

Ada 4 Kompetensi Inti (KI) yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu KI 1 memuat aspek spiritual, KI 2 memuat aspek sosial, KI 3 memuat aspek pengetahuan, dan KI 4 memuat aspek keterampilan. Jika pada K13 sebelum revisi, mata pelajaran fisika mempunyai KI 1 dan KI 2. Namun, untuk K13 revisi, KI 1 dan KI 2 diberikan kepada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

Sedangkan untuk kompetensi dasar memuat aspek pengetahuan (mempunyai kode : 3) dan aspek keterampikan (mempunyai kode : 4). Kompetensi dasar ini sudah mengalami banyak perubahan jika kita menengok pada KTSP. Namun, harus tetap kita kembangkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

1. KI Fisika SMK K13 Revisi

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa mata pelajaran fisika SMK tidak mempunyai KI 1 dan KI 2. Oleh karena itu, hanya mempunyai KI 3 dan KI 4. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah KI 3 dan KI 4 mapel fisika SMK.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI KD Fisika SMK Kurikulum 2013 Revisi (BARU)


2. KD Fisika SMK K13 Revisi 

KD Fisika SMK terbagi menjadi 2 kode, yaitu kode 3 (pengetahuan) dan kode 4 (keterampilan). KI 3 dan KI 4 ini berdampingan, misalnya KI 3.1 dan 4.1 pasti mempunyai hubungan yang kuat. Setidaknya ada 10 KD pada mata pelajaran Fisika SMK. Apa saja? Berikut ini penjelasan satu persatu.

3.1 Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan dalam pengukuran
4.1 Menyaji hasil pengukuran besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat
3.2 Memahami konsep usaha, energi, daya dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Melakukan percobaan untuk menentukan usaha pesawat sederhana
3.3 Menganalisis sifat elastisitas bahan
4.3 Menyajikan hasil percobaan tentang elastisitas benda
3.4 Menganalisis hubungan antara getaran dan gelombang serta besaran-besaran nya yang terkait
4.4 Mendemonstrasikan fenomena gelombang dengan peralatan sederhana
3.5 Menganalisis optik fisis dan geometri
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang optik fisis / geometri
3.6 Mengevaluasi proses pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor
4.6 Menyaji hasil penyelidikan mengenai perpindahan kalor menggunakan azas black
3.7 Menganalisis konsep listrik statis dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi
4.7 Mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan oleh listrik statis pada komponen- komponen teknologi informasi dan komunikasi
3.8 Memahami hukum-hukum kelistrikan arus searah
4.8 Menyajikan hasil percobaan hukum-hukum kelistrikan arus searah
3.9 Memahami konsep kemagnetan dan elektromagnet
4.9 Menyajikan hasil percobaan tentang medan magnet dan induksi magnet
3.10 Mengevaluasi dampak radiasi elektromagnetik secara kualitatif
4.10 Membuat karya tulis tentang dampak radiasi elektromagnetik

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Sejarah Indonesia SMK Kurikulum 2013 Revisi (2018)
2. 10 KI KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Full

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

Dasar hukum Seperti yang kami sampaikan di atas, bahwa KI KD Fisika Kurikulum 2013 revisi 2018 ini sesuai keputusan Dirjan Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru. Untuk lebih jelasnya, berikut ini salinan SK Dirjen tentang KI KD salah satu kompetenti keahlian SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD FISIKA SMK K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel tentang KI KD Fisika SMK/MAK kurikulum 2013 revisi tahun 2017. LINK DOWNLOAD sudah terlampir jika anda membutuhkan salinan peraturan pemerintah tersebut.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon