Sektor Publik & Sektor Swasta (Pengertian, Persamaan, Perbedaan)

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Pengertian Sektor publik dan sektor swasta beserta persamaan dan perbedaannya. Pada kali ini, kami akan membagikan salah satu materi pelajaran praktikum akuntansi lembaga/ instansi pemerintah (akuntansi publik) yaitu tentang apa itu sektor publik dan sektor swasta. Materi ini merupakan materi paling dasar sebelum anda mempelajari akuntansi publik lebih jauh lagi.

1. Definisi/ Pengertian Sektor Publik
Apabila dipandang dari sudut ilmu ekonomi, Mardiasmo berpendapat bahwa sektor publik sering didefinisikan sebagai suatu entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan hak publik atau masyarakat. Ada pendapat lain tetang sektor publik, yaitu Indra Bastian. Menurutnya, sektor publik adalah bidang yang membicarakan metode manajemen negara, sedangkan dalam arti sempit sektor publik diartikan sebagai pungutan oleh negara.

Selanjutnya menurut Indra Bastian, akuntansi sektor publik adalah mekanisme teknik dan analisis akuntansi yang diterapkan pada pengelolaan dana masyarakat di BUMN, BUMD, lembaga tinggi negara, pemerintah daerah, LSM, yayasan sosial, maupun pada proyek-proyek yang bekerja sama dengan sektor publik dan swasta. Kelompok organisasi sektor publik meliputi Yayasan, institusi pendidikan, organisasi agama, lembaga pemerintah, organisasi kesehatan, dan organisasi sosial

Pengertian Entitas Akuntansi
Entitas akuntansi merupakan unit pada pemerintahan yang mengelola anggaran, kekayaan, dan kewajiban yang menyelenggarakan akuntansi dan menyajikan laporan keuangan atas dasar akuntansi yang diselenggarakannya. Entitas pelaporan merupakan unit pemerintahan yang terdiri dari satu atau lebih entitas akuntansi yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan wajib menyajikan laporan pertanggungjawaban, berupa laporan keuangan yang bertujuan umum, yang terdiri dari: Pemerintah pusat;Pemerintah daerah; Masing-masing kementerian negara atau lembaga di lingkungan pemerintah pusat;dan Satuan organisasi di lingkungan pemerintah pusat/daerah atau organisasi lainnya, jika menurut peraturan perundang-undangan satuan organisasi dimaksud wajib menyajikan laporan keuangan.

2.  Persamaan sektor publik dan sektor swasta
Sektor publik dan sektor swasta mempunyai beberapa persamaan. Beberapa hal persamaan sifat dan karakteristik sektor publik dan sektor swasta antara lain
a. Sama-sama bagian dari perekonomian nasional yang mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Bagian dari sistem ekonomi negara yang tidak dapat terpisahkan dari suatu sistem perekonomian nasional sektor publik dan sektor swasta merupakan bagian integral dari sistem ekonomi di suatu negara dan keduanya menggunakan sumber daya yang sama untuk mencapai tujuan organisasi
b. Sama-sama menghadapi masalah “ekonomi” yang sama. Sektor publik dan sektor swasta sama-sama menghadapi masalah yang sama yaitu masalah kelangkaan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, sektor swasta maupun sektor publik dituntut untuk menggunakan sumber daya dengan efektif, efisien, dan ekonomis,.
c. Sama-sama menggunakan ilmu manajemen dalam pengelolaan lembaga. Pola pengendalian manajemen keuangan termasuk manajemen keuangan kedua sektor sama-sama membutuhkan informasi yang handal dan relevan untuk melaksanakan fungsi manajemen yaitu perencanaan pengorganisasian dan pengendalian
d. Sama-sama beroperasi di berbagai bidang. Baik sektor publik dan sektor swasta sama-sama menghasilkan produk yang bergerak di bidang transportasi masa pendidikan kesehatan penyediaan energi dan sebagainya
e. Mematuhi peraturan pemerintah sebagai pihak regulator. Dikarenakan ada beberapa bidang yang dimasuki oleh sektor publik dan swasta, maka pemerintah menerbitkan peraturan perundangan dan ketentuan hukum yang disyaratkan untuk mengatur jalannya usaha sehingga tidak terjadi bentrokan antar kedua pihak.

Sektor Publik Sektor Swasta Pengertian Persamaan Perbedaan

3.  Perbedaan sektor publik dan sektor swasta
Selain mempunyai persamaan, sektor swasta dan sektor publik mempunyai perbedaan. Perbedaan sifat dan karakteristik organisasi sektor publik dengan sektor swasta menurut mardiasmo antara lain :

Tabel Perbedaan Sektor Publik dan Sektor Swasta
No Unsur Sektor Publik Sektor Swasta
1 Tujuan Organisasi nonprofit motif (tidak mencari untung) profit motive (mencari untung)
2 Sumber pendanaan Pajak, retribusi, laba BUMN/ BUMD, obligasi pemerintah, utang, penjualan aset negara, dan sebagainya 1) pembiayaan eksternal : obligasi, utang bank, penerbitan saham. 2) Pembiayaan internal : laba ditahan, modal sendiri, penjualan aktiva.
3 Struktur organisasi kaku, Birokratis, dan hierarkis Flexible, lintas fungsional, Piramid, datar, dan sebagainya
4 Pertanggung jawaban pertanggungjawaban kepada masyarakat dan parlemen pertanggungjawaban kepada pemegang saham dan kreditor
5 Karakteristik anggaran terbuka untuk publik tertutup untuk publik
6 sistem akuntansi Cash Accounting Accrual Accounting
4.  Komponen lingkungan sektor publik
Setelah mendalami persamaan dan perbedaan sektor publik dan sektor swasta, maka yang terakhir yang kita pelajari yaitu komponen sektor publik. Jadi, sektor publik mempunyai beberapa komponen, antara lain :
a. Faktor ekonomi, terdiri dari : pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, tingkat inflasi, nilai tukar mata uang, struktur produksi, infrastruktur, cadangan devisa utang, arus modal dalam negeri, dan bantuan luar negeri dan pertumbuhan pendapatan perkapita.
b. Faktor politik, terdiri dari : legitimasi pemerintah, hubungan negara dan masyarakat, elit politik dan masa, tipe rezim yang berkuasa, ideologi negara, jaringan internasional kelembagaan.
c. Faktor kultural, terdiri dari : keragaman suku, bahasa dan budaya, agama, ras, sosiologi masyarakat, sistem nilai di masyarakat, historis, karakteristik masyarakat, tingkat pendidikan.
d. Demografi, terdiri dari : struktur usia penduduk, pertumbuhan penduduk, migrasi tingkat kesehatan.

Demikian materi tentang sektor publik dan sektor swasta, termasuk persamaan dan perbedaan antar kedua sektor tersebut. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon