Silabus Komputer Akuntansi SMK Kurikulum 2013 Revisi (XI)

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Download silabus komputer akuntansi SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017/2018 kelas XI (MYOB). Perubahan kurikulum pendidikan, khususnya SMK dari kurikulum 2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013, dan sekarang ini berubah lagi menjadi kurikulum 2013 revisi 2018 mengakibatkan munculnya berbagai konsekuensi, mulai dari perubahan metode pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan yang mungkin paling memusingkan bagi guru yaitu perubahan silabus pelajaran.

Silabus kurikulum 2013 revisi 2018 sangat berbeda dengan silabus kurikulum sebelumnya. Jika pada kurikulum sebelumnya, silabus mata pelajaran sudah disediakan oleh pemerintah, nah untuk silabus kurikulum 2013 revisi ini pemerintah hanya memberikan daftar kompetensi dasarnya saja. Guru diwajibkan membuat dan mengembangkan silabus mata pelajaran sendiri.

Dalam hal ini, kami ingin membantu teman-teman, khususnya guru SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), dalam menyusun dan mengembangkan silabus  kurikulum 2013 revisi 2018. Nah, silabus yang akan kami bagikan ini yaitu silabus mapel Komputer Akuntansi (MYOB).

Jika kita mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 07/ D.D5/ KK/ 2018 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), maka mata pelajaran Komputer Akuntansi masuk dalam mata pelajaran C3 Kompetensi Keahlian dengan alokasi waktu 5 jam perminggu.

Dasar penyusunan Silabus Komputer Akuntansi SMK 

Dalam pembuatan dan pengembangan silabus komputar akuntansi ini, kami megacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ Kep/ KR/ 2017 tentang standar kompetensi inti dan kompetensi dasar semua mata pelajaran Kurikulum 2013. Jika anda belum mempunyai salinan keputusan tersebut, dapat anda lihat pada lampiran dokumen di bawah ini.

Jika anda cermati, dalam keputusan tersebut, mata pelajaran komputer akuntansi mempunyai 30 kompetensi dasar yang terbagi menjadi kompetensi pengetahuan (KI 3) dan kompetensi keterampilan (KI 4). Kompetensi dasar tersebut memang jumlahnya banyak, namun dipelajari selama dua tahun, yaitu kelas XI dan kelas XII. Berikut ini 30 KD Komputer Akuntansi yang dapat digunakan untuk penyusunan silabus komputer akuntansi SMK.

Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis pencatatan transaksi penjulan barang dagangan secara kredit, wesel, dan penjualan angsuran
3.1 Menerapkan program komputer akuntansi
4.1 Menginstal program komputer akuntansi
3.2 Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan jasa.
4.2 Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan jasa.
3.3 Menganalisis daftar akun untuk perusahaan jasa.
4.3 Menyusun daftar akun untuk perusahaan jasa.
3.4 Menganalisis saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa.
4.4 Melakukan entry saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa.
3.5 Menganalisis transaksi pembelian bahan-bahan, perlengkapan (supplies), aset tetap, dan pembayaran utang pada perusahaan jasa.
4.5 Melakukan entry transaksi- transaksi pembelian bahan- bahan, perlengkapan (supplies), aset tetap dan pembayaran utang pada perusahaan jasa.
3.6 Menganalisis transaksi penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa.
4.6 Melakukan entry transaksi penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa.
3.7 Menganalisis transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan jasa.
4.7 Melakukan entry transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan jasa.
3.8 Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan jasa.
4.8 Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan jasa.
3.9 Mengevaluasi laporan keuangan perusahaan jasa.
4.9 Mencetak laporan keuangan perusahaan jasa.
3.10 Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.
4.10 Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.
3.11 Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan dagang.
4.11 Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan dagang.
3.12 Menganalisis daftar akun untuk perusahaan dagang.
4.12 Menyusun daftar akun untuk perusahaan dagang.
3.13 Menganalisis pencatatan saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item barang dagang, dan kartu aset tetap pada perusahaan dagang.
4.13 Melakukan entry saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item barang dagang, dan kartu aset tetap pada perusahaan dagang.
3.14 Menganalisis pencatatan transaksi pembelian bahan- bahan  perlengkapan (supplies), barang dagangan, aset tetap, dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang.
4.14 Melakukan entry transaksi pembelian bahan-bahan perlengkapan (supplies), barang dagangan, aset tetap, dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang.
3.15 Menganalisis transaksi penjualan barang dagangan dan transaksi pelunasan piutang  pada perusahaan dagang.
4.15 Melakukan entry transaksi penjualan barang dagangan dan transaksi pelunasan piutang dagang pada perusahaan dagang.
3.16  Menganalisis transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan dagang.
4.16  Melakukan entry transaksi- transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan dagang.
3.17 Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan dagang.
4.17 Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan dagang.
3.18 Menganalisis laporan keuangan perusahaan dagang.
4.18 Mencetak laporan keuangan perusahaan dagang.
3.19 Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan dagang.
4.19 Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan dagang.
3.20 Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan manufaktur.
4.20 Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan manufaktur.
3.21 Menganalisis daftar akun perusahaan manufaktur.
4.21 Menyusun daftar akun perusahaan manufaktur.
3.22 Menganalisis saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan/supplies, kartu bahan baku, kartu bahan pembantu, kartu barang jadi, dan kartu asset tetap pada perusahaan manufaktur.
4.22 Melakukan entry saldo kartu piutang, utang, kartu item perlengkapan/supplies, kartu bahan baku, kartu bahan pembantu, kartu barang jadi, dan kartu asset tetap pada perusahaan manufaktur.
3.23 Menganalisis pencatatan transaksi pembelian bahan baku, bahan pembantu, aset tetap dan pencatatan transaksi pembayaran utang pada perusahaan manufaktur.
4.23 Melakukan entry transaksi pembelian bahan baku, bahan pembantu, aset tetap dan pencatatan transaksi pembayaran utang pada perusahaan manufaktur.
3.24 Menganalisis pencatatan transaksi biaya bahan baku/bahan pembantu, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik untuk proses produksi pada perusahaan manufaktur.
4.24 Melakukan entry transaksi biaya bahan baku/bahan pembantu, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik untuk proses produksi pada perusahaan manufaktur.
3.25 Menerapkan pencatatan transaksi pengiriman barang jadi ke gudang pada perusahaan manufaktur.
4.25 Melakukan entry transaksi pengiriman barang jadi ke gudang pada perusahaan manufaktur.
3.26 Menganalisis pencatatan transaksi penjualan barang jadi dan transaksi pelunasan piutang dagang pada perusahaan manufaktur.
4.26 Melakukan entry transaksi penjualan barang jadi dan transaksi pelunasan piutang dagang pada perusahaan manufaktur.
3.27 Menganalisis pencatatan transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang jadi) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan manufaktur.
4.27 Melakukan entry transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang jadi) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan manufaktur.
3.28 Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan manufaktur.
4.28 Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan manufaktur.
3.29 Mengevaluasi laporan keuangan perusahaan manufaktur.
4.29 Mencetak laporan keuangan perusahaan manufaktur.
3.30 Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan manufaktur.
4.30 Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan manufaktur.

Silabus Komputer Akuntansi Kurikulum 2013 Revisi

Perlu anda tahu, bahwa silabus komputer akuntansi SMK ini kami susun sendiri. Jadi tentu akan ada banyak kekurangannya. KD yang kami pilih dalam penyusunan silabus komputer akuntansi ini yaitu mulai dari KD 1 hingga KD Kami tunggu masukan dan saran dari Bapak/Ibu untuk perbaikan dan pengembangan silabus komputer akuntansi.

Silabus Komputer Akuntansi SMK 

Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran : Komputer Akuntansi
Kelas/ Semester: XI (Sebelas)
Durasi (Waktu) : 5 jam pelajaran/minggu @45 menit

KI-3 (Pengetahuan) 
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan) 
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Link : Download Silabus Komputer Akuntansi SMK

Silabus Komputer Akuntansi SMK Kurikulum 2013 telah kami sampaikan kepada Bapak/Ibu. Semoga silabus akuntansi tersebut bermanfaat. Link download sudah kami sediakan jika anda ingin mendownload silabus akuntansi SMK di atas.

4 comments

makasih banyak silabus komputer akuntansi ini sangat bermanfaat bagi kami... semoga anda sllu sehat

Iya, sama2... Jika ada kakurangan pada silabus komputer akuntansi SMK ini, mohon untuk diberitahukan kepada kami.

Mas Muttaqin , koq gk bisa saya download ya dari link yang disediakan? mohon petunjuknya.. trims..

Terima kasih sudah berkunjung di blog kami dengan artikel silabus komputer akuntansi smk. Untuk link download silabus, dapat dilihat pada :
https://drive.google.com/file/d/1-dF-GdS9z-qu8uajjZx-ZleSR1EPHHv5/view

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon