Silabus Akuntansi Keuangan SMK Kelas XI Kurikulum 2013 (Revisi)

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Silabus akuntansi keuangan SMK Kelas XI Kurikulum 2013/ K13, semester 1 dan semester 2. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu silabus kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga (AKL) SMK, yaitu mata pelajaran akuntansi keuangan. Mata pelajaran ini dipelajari di kelas XI dan XII dengan alokasi waktu 6 jam perminggu.

Silabus akuntansi keuangan ini kami sesuaikan dengan revisi struktur kurikulum 2013 tahun 2018, yaitu berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/Kk/2018, Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Mata pelajaran Akuntansi Keuangan (C3) SMK

Mata pelajaran akuntansi keuangan adalah tindak lanjut dari akuntansi dasar. Jadi, di mata pelajaran ini, unsur-unsur (akun) dalam akuntansi akan dipelajari lebih dalam lagi. Misalnya jika di akuntansi dasar kita mengenal tentang piutang, jadi piutang adalah pendapatan kita yang belum kita terima uangnya.

Dalam akuntansi keuangan, piutang tidak hanya sebatas itu. Kita akan mempelajari tentang pengukuran dan pengakuan piutang, kartu piutang, pencatatan piutang tidak tertagih, dan masih banyak lagi. Jadi akun-akun dalam akuntansi akan di pelajari pada mata pelajaran akuntansi keuangan dengan lebih rinci lagi.

Kompetensi Dasar Akuntansi Keuangan (C3) SMK

Selain piutang, masih ada banyak akun lain yang dipelajari dalam akuntansi keuangan, antara lain : transaksi penjualan barang dagangan, pencatatan utang, pencatatan persediaan barang dagang, harga pokok produksi perusahaan manufaktur, pencatatan kas dan kas kecil, pencatatan asset tetap, pencatatan beban perusahaan, dan beberapa tansaksi lain.

Dengan mempelajari akuntansi keuangan, diharapkan siswa SMK dapat menganalisis berbagai transaksi di perusahaan, baik di sektor jasa, dagang, dan manufaktur. Untuk standarisasi pendidikan, pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan, menerbitkan standar kompetensi inti dan kompetensi dasar semua mata pelajaran Kurikulum 2013 yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ Kep/ KR/ 2017. Yang masih belum mempunyai salinan keputusan Dirjen tersebut, berikut ini kami lampirkan :


Standar kompetensi inti dan kompetensi dasar tersebut selanjutnya akan digunakan dalam penyusunan silabus mata pelajaran. Nah, termasuk silabus mapel akuntansi keuangan SMK yang kami bagikan kali ini mengacu pada aturan di atas.

Dalam aturan tentang KI KD mata pelajaran akuntansi keuangan yang ada pada Keputusan Dirjen di atas, ditentukan bahwa setidaknya ada 21 Kompetensi Dasar yang harus dipelajari dan diselesaikan. Memang banyak, tapi 21 Kompentensi Dasar akuntansi keuangan ini di pelajari untuk kelas XI dan XII. Tidak ada aturan baku, sampai nomor berapa yang dipelajari di kelas XI. Semua itu diserahkan pada masing-masing satuan pendidikan (sekolah). Namun, untuk silabus akuntansi keuangan SMK kelas XI yang kami bagikan ini dimulai dari kompetensi dasar nomor 1 hingga nomor 10. Untuk lebih jelasnya tentang KD Akuntansi keuangan SMK, silahkan simak tabel berikut.

Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis pencatatan transaksi penjulan barang dagangan secara kredit, wesel, dan penjualan angsuran
4.1 Melakukan pencatatan transaksi penjulan barang dagang secara kredit, wesel, dan penjualan angsuran
3.2 Menerapkan pengukuran dan pengakuan piutang
4.2 Melakukan pengukuran dan pengakuan piutang
3.3 Menganalisis metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tidak tertagih
4.3 Melakukan pencatatan metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tidak tertagih
3.4 Menganalisis kartu piutang
4.4 Melakukan pencatatan kartu piutang
3.5 Menganalisis piutang wesel
4.5 Melakukan pencatatan piutang wesel
3.6 Menerapkan pencatatan utang jangka pendek (pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka)
4.6 Melakukan pencatatan utang jangka pendek (pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka)
3.7 Menganalisis Kartu Utang
4.7 Melakukan Pencatatan Kartu Utang
3.8 Menerapkan pencatatan persediaan
4.8 Melakukan pencatatan persediaan
3.9 Menerapkan metode persediaan (FIFO, LIFO, Average, dan identifikasi khusus)
4.9 Melakukan perhitungan persediaan (FIFO, LIFO, Average, dan identifikasi khusus)
3.10 Menganalisis harga pokok produksi perusahaan manufacture
4.10 Menyusun harga pokok produksi perusahaan manufacture
3.11 Menganalisis pembentukan kas kecil
4.11 Melakukan pencatatan kas kecil
3.12 Menganalisis pengelolan dana kas perusahaan di bank.
4.12 Melakukan pengelolaan dana kas perusahaan di bank
3.13 Menerapkan asset tetap
4.13 Melakukan pencatatan asset tetap
3.14 Menerapkan metode penyusutan asset tetap dan pencatatannya
4.14 Melakukan pencatatan penyusutan asset tetap
3.15 Mengevaluasi pengeluaran untuk pemeliharaan/ pengembangan aset tetap dan penghentian asset tetap
4.15 Membuat keputusan pengeluaran untuk pemeliharaan/pengembangan aset tetap dan penghentian asset tetap
3.16 Menganalisis pencatatan beban deplesi aset tetap berupa sumber daya alam.
4.16 Melakukan pencatatan beban deplesi aset tetap berupa sumber daya alam.
3.17 Menganalisis aset tetap tidak berujud serta amortisasinya
4.17 Melakukan pencatatan aset tetap tidak berujud serta amortisasinya
3.18 Menerapkan pencatatan utang wesel jangka panjang.
4.18 Melakukan pencatatan utang wesel jangka panjang.
3.19 Menerapkan pencatatan penerbitan utang obligasi
4.19 Melakukan pencatatan penerbitan utang obligasi
3.20 Menganalisis penjualan konsinyasi
4.20 Melakukan pencatatan penjualan konsinyasi
3.21 Menganalisis berbagai jenis modal perusahaan (Perbedaan Modal perorangan, firma, PT, CV, dan Koperasi)
4.21 Melakukan pencatatan modal perusahaan (Modal perorangan, firma, PT, CV, dan Koperasi)

Silabus Akuntansi Keuangan SMK (C3)

Silabus Akuntansi Keuangan SMK Kelas XI Kurikulum 2013
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran : Akuntansi Keuangan
Kelas/ Semester : XI (Sebelas)
Durasi (Waktu) : 6 jam pelajaran/minggu @45 menit

KI-3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Link : Download Silabus Akuntansi Keuangan 

Silabus mata pelajaran akuntansi keuangan SMK Kelas XI Kurikulum 2013 telah kami bagikan. Sekali lagi, bahwa dalam pengembangan silabus ini kami kembangkan sendiri. Jadi tentu ada banyak sekali kekurangannya. Masukan dan saran dari para pembaca sangat kami tunggu.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon