8 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Sederhana

Loading...
Kunci sukses mengatur keuangan keluarga. Memutuskan untuk berkeluarga atau menikah merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup seseorang. Ketika kita berkeluarga, maka salah satu konsekuensinya adalah kita akan hidup mandiri dengan pasangan kita. Akan merasa gengsi jika kita meminta bantuan orang tua apabila kita mengalami kesulitan, khsusnya kesulitan masalah keuangan.

Mengatur keuangan keluarga adalah hal yang susah-susah gampang. Meskipun begitu, mengatur keuangan keluarga jangan sampai diremehkan. Jika kita tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, maka dipastikan keluarga kita akan mendapatkan masalah besar. Pada umumnya, yang mempunyai tugas dan wewenang dalam mengatur keuangan keluarga adalah istri. Ya hal ini karena dari sisi agama dan adat istiadat, istri lah yang punya wewenang dalam mengatur keuangan keluarga.

Meskipun keuangan keluarga dikelola oleh istri, tidak serta merta seorang istri dapat dengan bebas membelanjakan uang keluarga. Masih tetap saja diperlukan komunikasi yang baik antara suami dan istri jika menyangkut keuangan keluarga. Komunikasi yang baik adalah satu diantara kunci sukses  mengatur keuangan keluarga Anda.

8 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Agar lebih mudah dalam mengelola keuangan keluarga, suami istri harus memiliki pedoman dalam mengatur keuangan. Jangan sampai terjadi “besar pasak dari pada tiang”, artinya pengeluaran keuangan lebih besar dari pada pendapatan yang diperoleh. Karenanya, Anda membutuhkan suatu kunci sukses untuk  mengatur keuangan keluarga agar efisien.

1. Komunikasi Yang Baik
Hal yang utama dan pertama dalam mengatur keuangan keluarga adalah komunikasi. Komunikasi yang baik didalam rumah tangga sangatlah dibutuhkan, termasuk juga dalam soal keuangan. Dalam berkomunikasi utamakan kejujuran. Anda harus mengkomunikasikan tentang visi keluarga. Anda mesti bicara dengan terbuka masalah beragam aset yang dipunyai sekarang ini, contohnya : jumlahnya tabungan, tabungan pensiun, properti, asuransi, warisan, dan juga hutang yang dibayar tiap bulan. Dengan itu Anda akan mempunyai data awal keadaan keuangan rumah tangga yang sebetulnya. Data awal itu bakal jadi kunci sukses untuk mengatur keuangan keluarga.

2. Buat Rencana Anggaran Bulanan
Setelah kita berkomunikasi dan mempunyai data awal keuangan keluarga, maka langkah selanjutnya yaitu mempunyai rendaba anggaran keuangan keluarga. Tak perlu bikin biaya keuangan keluarga yang repot, cukup sederhana saja misalnya mulai dari kebutuhan pokok, bayar angsuran rumah, angsuran mobil, menabung atau investasi. Anggaran keuangan keluarga harus diurutkan berdasarkan prioritas kebutuhan yang lebih terpenting.

3. Disiplin
Disiplin yaitu kunci sukses mengatur keuangan keluarga yang selanjutnya, termasuk juga disiplin dalam menjalankan apa yang sudah direncanakan di awal. Tak ada gunannya anda membuat rencana anggaran jika pada akhirnya anda langgar. Ada beberapa “disiplin: dalam mengatur keuangan keluarga, antara lain :

a. Mengutamakan tagihan rutin : Anda harus mengutamakan tagihan rutin anda, contohnya pendidikan anak, belanja kebutuhan pokok, tagihan listrik, angsuran rumah, angsuran motor, asuransi mobil, asuransi kesehatan, hutang ke rekan serta lainnya jadinya.
b. Sisakan untuk menabung/ investasi : Senantiasa sisakan gaji yang anda dapatkan untuk ditabung di awal sebelum anda memakainya untuk kebutuhan lainnya. Hal semacam ini sangat bermanfaat, untuk menolong anda ketika mendapatkan pengeluaran yang tiba-tiba.
c. Tulis pengeluaran harian anda : Tulis semuanya pengeluaran sekecil apa pun. Tulis juga pendapatan sekecil apa pun. Hal semacam ini sangatlah bermanfaat untuk tahu untuk apapun uang Anda sampai kini. Catatan itu dapat juga jadi bahan analisis untuk menysusun biaya keuangan bulan selanjutnya.

4. Coret Pengeluaran Yang Tidak Terlalu Penting
Umumnya pada pertama kalinya membuat biaya keuangan, Anda belumlah demikian bagus dalam memisah-milah jenis pengeluaran. Tetapi bersamaan dengan waktu Anda bakal makin mahir. Dengan pertolongan catatan keuangan harian Anda, anda dapat melakukan analisis jenis-jenis belanja keluarga.

Berdasarkan pada data catatan keuangan harian, sangatlah mungkin saja Anda temukan ada banyak jenis pengeluaran yang sebetulnya tak dibutuhkan. Coretlah pos-pos itu dalam pengaturan biaya keuangan keluarga di bulan selanjutnya.

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Sederhana

5. Hidup Sederhana
Bukan berarti hidup sederhana itu tampak seperti orang miskin. Sederhana yaitu hidup sesuai dengan keperluan dan kemampuan. Janganlah beli suatu hal yg tidak diperlukan, terutama bila arahnya cuma untuk tampak ‘wow’. Bila konsep hidup sederhana ini tidak dapat Anda jalankan, maka dapat memperberat beban tagihan bulanan anda. Ujung-ujungnya malah keperluan pokok keluarga justru tak terbeli.

6. Selalu Mengambil Keputusan Bersama
Seperti telah dijelaskan diatas, aspek terpenting yang disebut kunci sukses dalam mengatur keuangan keluarga yaitu komunikasi. Suami istri wajib berkomunikasi dengan jujur serta terbuka perihal permasalahan keuangan lantaran hal semacam ini bakal jadi data awal untuk membuat sistem pengelolaan keuangan dalam keluarga.

7. Miliki Beberapa Rekening
Untuk lebih mudah dalam mengatur keuangan keluarga, disarankan untuk membuat Anda dapat mempbuat 2 rekening Bank. Rekening yang pertama untuk keperluan harian, sedangkan rekening kedua untuk keperluan investasi. Rekening Bank untuk investasi janganlah dibuatkan ATM agar Anda tak “gatal” untuk menariknya.

8. Lakukan Analisa Setiap Akhir Bulan
Evaluasi setiap bulan sangat penting untuk melihat sejauh mana pengelolaan keuangan keluarga kita. Bagaimanapun pengeluaran ini tentu bergantung pada pendapatan Anda. Bila pendapatan Anda tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga, maka cepatlah melakukan tindakan. Contohnya pindah kerja, mencari kerja sambilan atau apapun. Intinya kunci sukses mengatur keuangan keluarga yang baik adalah pendapatan anda mampu memenuhi pengeluaran anda.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Sederhana"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan (Tutup KI!k 2x)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan (Tutup KI!k 2x)

Iklan Bawah Artikel