10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya + Penjelasan Pdf

Loading...
Ciri-ciri makhluk hidup beserta gambar dan penjelasannya. Pada kali ini kami akan membagikan salah satu materi mata pelajaran IPA (Biologi) tentang ciri khusus makhluk hidup. Untuk IPA kelas berapa, materi ciri makhluk hidup ini dipelajari, sangat menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Yang jelas sudah dimulai sejak IPA SD/MI dan dimatangkan di IPA SMP/MTs.

Namun, sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang apa saja ciri-ciri makhluk hidup, apa kalian sudah mengerti tentang apa yang dimaksud dengan makhluk hidup? Pertanyaan ini tidak bermaksud meremehkan pengetahuan anda tentang apa itu makhluk hidup, hanya saja untuk mengkonfirmasi. Kami khawatir, nanti kami jelaskan tentang ciri-ciri makhluk hidup, tapi tidak tahu tentang apa itu makhluk hidup.

Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Jadi, yang dimaksud dengan makhluk hidup adalah suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya. Contoh makhluk hidup adalah mikroorganisme seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia. Intinya, makhluk hidup adalah sesuatu yang mempunyai ciri-ciri tententu. Nah, ciri-ciri itulah yang akan menjadi bahasan kita kali ini, yaitu tentang ciri-ciri makhluk hidup.

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri makhluk hidup ini, kita jadi dapat menyimpulkan sendiri, apakah sesuatu itu termasuk makhluk hidup atau makhluk yang tidak hidup (mati). Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Berikut ini kita bahas satu persatu.

1.  Bernapas
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Ciri makhluk hidup yang pertama yaitu bernafas. Bernafas adalah proes menghirup udara yang di antaranya mengandung oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon dioksida (CO2) lebih besar dari yang dihirup. Pada umumnya manusia dan hewan bernafas dengan paru-paru melalui  hidung, ikan meskipun di dalam air juga bernafas menggunakan insang, tumbuhan juga bernafas melalui daunnya. Jika makhluk hidup tidak bisa bernafas, maka akan mati. Inilah ciri dari makhluk hidup yang paling mudah kita lihat.

2.  Memerlukan Makanan dan Minuman
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Ciri makhluk hidup yang kedua yaitu membutuhkan makanan dan minuman. Bisa anda bayangkan apa yang terjadi jika anda tidak makan dan minum seharian? Pasti akan lemas bukan. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kita akan mati. Untuk contoh ciri makhluk hidup ini sudah cukup jelas ya. Contoh makanan manusia adalah roti, beras, buah-buahan, dan sebagainya. Contoh makanan hewan, ya tergantung hewannya, bisa makan rumput atau makan daging. Untuk makanan tumbuhan, salah satunya yaitu dengan cara menyerap nutrisi yang ada di dalam tanah.

3.  Bergerak
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Untuk ciri makhluk hidup yang ketiga yaitu bergerak. Setiap makhluk hidup pasti bergerak. Hanya benda mati yang tida bergerak. Bahkan tumbuhan pun juga berberak. Kamu dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuhmu dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.

4.  Tumbuh dan Berkembang
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Nah, ciri makhluk hidup yang selanjutnya yaitu tumbuh dan berkembang. Perhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan massa tubuhmu sekarang dengan tinggi dan massa tubuhmu waktu masih kecil? Tentu saja tidak sama. Tinggi dan massa tubuhmu akan bertambah seiring pertambahan usia. Proses inilah yang disebut dengan tumbuh. Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi kupu-kupu dewasa. Tidak ada mahkluk hidup yang tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

5.  Berkembang Biak (Reproduksi)
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Ciri makhluk hidup yang selanjutnya adalah berkembang biak atau reproduksi. Reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Sebagai contoh kamu lahir dari ayah dan ibu. Ayah dan ibumu masing-masing juga mempunyai orangtua yang kamu panggil kakek dan nenek, dan seterusnya.

6.  Peka terhadap Rangsang
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Bagaimanakah  reaksi  kamu  jika  tiba-tiba  ada  sorot  lampu  yang  sangat terang masuk ke mata? Tentu secara spontan kamu akan segera menutup kelopak mata. Dari contoh itu menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut irritabilitas. Tidak terkecuali dengan hewan dan tumbuhan. Contoh tumbuhan dengan ciri peka terhadap rangsang adalah mengatupnya daun putri malu ketika disentuh.

7.   Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan (Adaptasi)
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Ciri makhluk hidup yang ketujuh yaitu mempunyai kemampuan adaptasi, yaitu kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Contohnya tumbuhan yang hidup di tempat basah mempunyai daun lebar dan tipis, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat kering mempunyai daun yang sempit dan tebal, sedangkan

8. Mengeluarkan Zat-zat Sisa (Ekskresi)
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Setiap makhluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa yang bisa berbahaya dan meracuni tubuhnya, tidak terkecuali manusia. Organ ekskresi manusia antara lain paru-paru, ginjal, kulit, dan anus. Kulit mengeluarkan zat sisa berbentuk keringat yang tersusun atas air, urea, dan garam. Paru-paru mengeluarkan zat sisa yang berbentuk gas karbon dioksida dan uap air. Ginjal mengelurkan zat sisa berupa urin. Sedangkan yang paling akhir yaitu Anus yang berfungsi untuk mengeluarkan feses.

Untuk hewan melakukan ekskresi dengan cara yang sama seperti manusia. Sedangkan untuk tumbuhan mengeluaran zat sisa berupa gas oksigen melalui bagian stomata dan lentisel.

9. Melakukan Metabolisme
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Ciri khusus makhluk hidup selanjutnya yaitu makhluk hidup melakukan metabolisme. Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup, antara lain sistem pernapasan dan ekskresi. Pada sistem pernapasan tumbuhan, gas karbon dioksida dan air dipakai dalam proses kimia berupa fotosintesis. Manusia dan hewan melakukan metabolisme untuk menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk melakukan reproduksi, perkembangan, pertumbuhan, dan bergerak.

10. Memerlukan Suhu Tertentu

Untuk ciri makhluk hidup yang terakhir yaitu setiap mkhluk hidup membutuhkan suhu tertentu untuk hidup. Mengapa tertentu, karena tidak semua makhluk hidup dapat bertahan pada suhu yang sama. Contohnya jenis bakteri dapat bertahan sampai suhu 80 derajat, ikan dapat hidup pada air yang bersuhu antara 5 -30 derajat celcius. Adapun tumbuhan dapat hidup baik antara suhu 0 sampai 43 derajat celcius.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya + Penjelasan Pdf"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan (Tutup KI!k 2x)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan (Tutup KI!k 2x)

Iklan Bawah Artikel

Link Download Soal/Materi