7 Hadits Tentang Menuntut Ilmu Lengkap (Artinya, Penjelasannya)

Loading...
Hadits tentang menuntut ilmu lengkap dengan artinya dan penjelasannya. Pada kesempatan ini kami akan membagikan artikel tentang kumpulan hadits tentang menuntut ilmu. Menuntut ilmu merupakan salah satu keharusan yang harus dilakukan oleh semua umat islam. Mengapa? Hal ini karena hampir semua aktivitas yang kita lakukan di dunia ini pasti menggunakan ilmu.

Misalnya kita akan menjalankan ibadah salat, tentu ada ilmu tentang salat yang harus kita ketahui, mulai dari syarat slalat, wajib salat, sunnah salat, hingga apa saja yang membatalkan ibadah salat. Salat tanpa ilmu akan percuma. Selain di lihat dari aspek agama atau ibadah tersebut, pentingnya menuntut ilmu juga dapat kita lihat dari kehidupan sosial.

Contohnya adalah jika seseorang ingin meningkatkan statusnya dalam kehidupan masyarakat, maka salah satu cara yang paling efektif untuk dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan standar keilmuan yang dimiliki (jenjang pendidikan). Orang dengan lulusan sarjana akan lebih dihormati di masyarakat dibandingkan dengan orang yang hanya lulusan SLTP. Dengan keilmuan yang dimiliki, seorang sarjana lebih dimudahkan dalam meningkatkan kedudukan di masyarakat.

Al Quran dan Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Keharusan menuntut ilmu diatur oleh agama islam. Ada dua dasar yang bisa kita gunakan untuk mengkaji keharusan menuntut ilmu, yaitu ayat alquran dan hadits. Dengan mempelajari ayat alquran dan hadits tentang menuntut ilmu, diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi kita dalam menuntut ilmu.

1. Ayat Al Quran Tentang Menuntut Ilmu

Karena yang akan kita bahas dalam artikel ini yaitu tentang hadits menuntut ilmu, tentu akan ada banyak hadits tentang menuntut ilmu yang akan kami sampaikan. Namun, sebelum kami sampaikan hadits menuntut ilmu dan artinya, tidak ada salahnya kita juga mengetahui ayat alquran mana yang mengatur tentang menuntut ilmu. Salah satu ayat alquran tentang menuntut ilmu yaitu QS Al Mujadalah ayat 11,

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Arti/ Terjemahan Ayat QS Al Mujadalah 11
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Penjelasan QS Al Mujadalah 11
Surat Al Mujadalah ayat 11 di atas membandingkan kedudukan atau status antara orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu. Orang yang berilmu (berpendidikan) mampu mengelola sesuatu dengan baik, oleh karena itu dihormati oleh orang lain. Orang yang tidak berilmu akan tersesat karena tidak tahu apa-apa.

hadits tentang menuntut ilmu artinya

2. Hadits tentang menuntut ilmu

Nah, setelah kita membahas salah satu ayat al quran tentang menuntut ilmu, maka selanjutnya yang akan kita bahas adalah kumpulan hadits tentang menuntut ilmu. Hadits tentang menuntut ilmu ini terbagi menjadi beberapa bagian pembahasan, mulai dari kewajiban menuntut ilmu hingga manfaat dari menuntut ilmu.

a. Hadits tentang kewajiban menuntut ilmu
Menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban. Ada dua hadits yang bisa kita gunakan sebagai dasar tentang pendapat ini, yaitu :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
Artinya : “Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَىْ كُلِّ مُسْلِمٍ 
Artinya : Rasululloh Bersabda : " Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim" (H.R. Ibnu Majah)

b. Hadits tentang sampai jangka waktu menuntut ilmu
Sebagai seorang muslim, sampai kapan atau seberapa lama kita akan menuntut ilmu? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan terjawab pada hadits di bawah ini.

 أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّلحْدِ

Artinya :”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Berdasarkan hadits di atas, dapat kita simpulkan bahwa selama kita masih hidup, kita mmepunyai kewajiban untuk terus menuntut ilmu. Jadi tidak hanya sampai sarjana. Tapi hingg seumur hidup.

c. Hadits tentang pahala menuntut ilmu
Menuntut ilmu akan mendapatkan pahala yang mmebatu kita di akhirat nanti. Pahala menuntut ilmu disamakan dengan jihad dan dapat dijadikan aset kelak di akhirat. Berikut ini hadits penjelasannya.

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya : Apabila matinya seorang anak Adam itu, maka akan terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariah, atau ilmu yang dimanfaatkan dengannya (oleh orang lain), atau anak soleh yang mendoakannya (HR Muslim)

تَعَلَّمُوا الْعِلْمَ فَإِنَّ تَعَلُّمَهُ لِلَّهِ خَشْيَةٌ، وَطَلَبَهُ عِبَادَةٌ، وَمدَارَسَتَهُ تَسْبِيحٌ، وَالْبَحْثُ عَنْهُ جِهَادٌ، وَتَعْلِيمَهُ لِمَنْ لاَ يَعْلَمُهُ صَدَقَةٌ، وَبَذْلَهُ لأَهْلِهِ قُرْبةٌ، وَهُوَ الأَنِيْسُ فِي الوَحْدَةِ، وَالصَّاحِبُ فِي الخَلْوَةِ

Artinya : Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntutnya kerana Allah adalah satu bentuk ketakwaan, mencarinya adalah ibadah, mengulangkajinya adalah tasbih, mengkajinya adalah jihad, mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sedekah, menyampaikannya kepada ahlinya adalah mendekatkan diri kepada Allah. Dia adalah teman kala keseorangan dan sahabat ketika bersendirian.”

مَنْ خَرَجَ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ، فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِع

Artinya : Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka dia di dalam sabilillah sehinggalah dia pulang. (HR At-Tirmizi)

Demikian artikel tentang hadits tentang menuntut ilmu dan artinya serta penjelasannya. Semoga penjelasan di atas dapat memotivasi anda dalam belajar dan menuntut ilmu.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Hadits Tentang Menuntut Ilmu Lengkap (Artinya, Penjelasannya)"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan (Tutup KI!k 2x)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan (Tutup KI!k 2x)

Iklan Bawah Artikel

Link Download Soal/Materi