8 Dampak Positif dan Negatif Gunung Berapi Meletus

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Dampak positif dan negatif gunung berapi meletus. Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan terjadinya bencana gunung berapi karena Indonesia mempunyai jumlah gunung berapi lebih banyak dari pada negara lain di dunia. Setidaknya, negara Indonesia mempunyai 400 an gunung berapi, dan lebih dari 100 gunung masuk dalam kategori aktif. Beberapa gunung berapi yang masih aktif dan sering menunjukkan aktifitasnya antara lain : Gunung Merapi (Jawa Tengah - DIY), Gunung Rinjani (Lombok, NTB), Gunung Semeru (Jawa Timur), Gunung Agung (Bali), Gunung Batur (Bali), Gunung Sundoro-Sumbing (Jawa Tengah), Gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Gunung Anak Krakatau (Selat Sunda, Banten), dan Gunung Kerinci (Jambi).

Dampak Letusan Gunung Berapi Terhadap Kehidupan

Gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang harus diwaspadai, karena ada banyak dampak letusan gunung berapi terhadap kehidupan. Dalam hal ini, dampak letusan gunung berapi dibagi menjadi 2, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Adanya dampak positif dan negatif gunung berapi menunjukkan bahwa kita sebagai manusia harus selalu ingat dan sadar tentang kekuasaan Allah Swt melalui bencana alam gunung berapi. Bahwa manusia bukanlah apa-apa bila dibandingkan dengan kekuasaan Allah Swt.

Meskipun demikian, Allah Swt tidak membuat bencana tanpa adanya hikmah. Dengan adanya dampak positif atau keuntungan gunung berapi, kita juga harus bersyukur. Untuk lebih mendalami tentang dampak gunung berapi meletus terhadap kehidupan, berikut ini kami rinci tentang beberapa dampak positif dan negatif gunung berapi meletus.

1. Dampak Negatif Gunung Berapi Meletus Terhadap Kehidupan
Dampak gunung berapi meletus yang pertama kita bahas adalah dampak negatifnya. Sesuai dengan namanya, bahwa setiap bencana alam pasti akan menimbulkan kerugian atau dampak negatif terhadap kehidupan. Beberapa dampak negatif gunung berapi antara lain :
a. Dampak negatif gunung berapi di bidang kesehatan
Selain magma, dalam bencana gunung berapi juga mengeluarkan berbagai gas yang dapat membahayakan kesehatan, terutama pernafasan,  mata, dan kulit seperti gas Hidrogen Sulfida, Sulfur Dioksida, dan Nitrogen Dioksida (NO2), dan partikel debu.

b. Dampak negatif gunung berapi di bidang ekonomi
Adanya bencana gunung berapi akan membuat sektor perekonomian lumpuh karena masyarakat fokus pada keselamatan jiwa. Selain itu, banyak juga masyarakat yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaannya.

c. Dampak negatif gunung berapi di bidang lalu lintas (perhubungan)
Debu yang keluar dari meletusnya gunung berapi akan membuat jarak pandang berkurang, baik di darat, laut, dan udara. Hal ini dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

d. Dampak negatif gunung berapi di bidang keseimbangan alam
Akan ada banyak tumbuhan dan hewan yang mati karena terkena letusan gunung berapi berupa magma, lahar dingin, dan awan panas.

e. Dampak negatif gunung berapi di bidang lain
Ada juga dampak letusan gunung berapi di bidang lain, misalnya : adanya pengungsian besar-besaran hingga terjadinya relokasi penduduk, kebakaran hutan, banjir, hancurnya sektor pertanian, dan rusaknya sarana dan prasarana (seperti rumah, dan bangunan lain)

Dampak Positif dan Negatif Gunung Berapi Meletus

2. Dampak Positif Gunung Berapi Meletus Terhadap Kehidupan
Selain memberikan dampak negatif, letusan gunung berapi juga memberikan dampak positif. Berikut ini merupakan keuntungan atau dampak positif terjadinya gunung berapi meletus.
a. Dampak positif gunung berapi di bidang ekonomi
Keuntungan yang paling dapat dirasakan oleh terjadinya letusan gunung berapi yaitu di sektor ekonomi, antara lain : munculnya pekerjaan baru berupa penambang pasir mutilan, penambang batu, dan penambang belerang. Selain itu, bermunculan tempat wisata baru yang dapat meningkatkan perekonomian daerah, seperti wisata pendakian gunung, wisata air panas, dan wisata pendidikan.

b. Dampak positif gunung berapi di bidang pertanian
Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa abu letusan gunung berapi dapat menyuburkan tanah da meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.

c. Dampak positif gunung berapi di bidang lain
Di daerah gunung berapi dapat dibangun pembangkit tenaga listrik, yang berasal dari energi panas gunung berapi. Selain itu, di daerah vulkanis memungkinkan banyak turun hujan melalui hujan orografis.

Tanda Tanda Gunung Berapi Sebelum Meletus

Selain dampak letusan gunung berapi, kita huga harus mengetahui tentang tanda-tanda yang terjadi ketika gunung berapi akan meletus, antara lain :
1. Mata air menjadi kering.
2. Suhu di sekitar gunung naik karena adanya kenaikan aktifitas Merapi.
3. Tumbuhan di sekitar gunung layu
4. Sering mengeluarkan suara gemuruh, kadang disertai getaran (gempa)

Usaha-Usaha Untuk Mengurangi Bahaya (Dampak) Gunung Berapi Meletus

Setelah membaca dampak-dampak gunung merapi meletus di atas, kita jadi tahu bahwa gunung berapi bukanlah bencana alam yang kecil. Bahkan jika kita ingat dampak meletusnya gunung krakatau yang membuat sebagian besar bumi mengalami kegelapan karena diselimuti abu letusan gunung krakatau. Oleh karena itu, sbagai manusia, ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir dampak negatif gunung berapi meletus, antara lain :
1. Pemetaan wilayah rawan bencana
2. Membuat pos-pos pengamatan gunung berapi
3. Membuat terowongan-terowongan air pada kepunden yang berdanau
4. Memantau terus aktivitas gunung berapi yang masih aktif
5. Mengungsikan penduduk yang bertempat tinggal di sekitar gunung yang akan meletus

Demikian artikel tentang dampak positif dan negatif gunung berapi meletus. Semoga dengan mengetahui dampak letusan gunung berapi terhadap kehidupan, kita menjadi semakin waspada.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon