Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu dan Gambar + Penjelasan

Alat-alat manusia purba pada zaman batu beserta gambarnya dan penjelasannya. Zaman prasejarah adalah zaman manusia belum mengenal tulisan dan dimulai sejak adanya kehidupan di permukaan bumi hingga manusia mengenal tulisan. Jadi, masa prasejarah tidak meninggalkan bukti-bukti tertulis pada benda-benda peninggalannya. Lalu bagaimana para ahli sejarah mengetahui tentang zaman prasejarah? Para ahli mempelajari zaman prasejarah melalui alat peninggalan manusia purba (zaman batu)

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang alat manusia purba pada zaman batu dan gambarnya. Namun, sebelum kita mempelajari tentang alat manusia purba zaman batu, kita bahas dulu tentang pembagian zaman prasejarah. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman batu. Zaman-zaman tersebut merupakan periodisasi zaman batu terbagi menjadi 4 zaman yaitu : palaeolithikum (zaman batu tua), mesolithikum (zaman batu tengah), neolithikum (zaman batu muda), egalithikum (zaman batu besar).

Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu dan Gambar

Masing-masing zaman batu mempunyai alat peninggalan yang dibuat manusia purba. Berikut ini akan kami jelaskan secara rinci tentang 12 alat manusia purba pada zaman batu beserta gambarnya. Penjelasan dan gambar alat peninggalan manusia purba zaman batu ini kami dapatkan dari berbagai sumber.

Alat Peninggalan Zaman Batu 1 : Kapak Genggam
Alat manusia purba zaman batu ini disebut juga dengan Chopper, memiliki bentuk yang sama seperti kapak, tetapi tidak memilik pegangan. Cara menggunakan benda ini adalah dengan digenggam. Kapak genggam terbuat dari batu yang salah satu sisinya diasah hingga menjadi tajam, sedangkan sisi lainya tidak diasah untuk dijadikan tempat genggaman.

Alat ini digunakan untuk menguliti dan memotong hewan buruan dan juga digunakan sebagai alat penggali tanah dalam mencari umbi – umbian. Kapak genggam ini banyak ditemukan di daerah Pacitan.

Alat Peninggalan Zaman Batu 2 : Kapak Perimbas
Kapak perimbas adalah alat manusia purba yang berbentuk kapak, tetapi dengan bentuk yang lebih kecil dari ukuran kapak pada saat ini. Benda ini digunakan untuk, memahat, merimbas kayu, dan tulang untuk dijadikan senjata. Alat ini digunakan oleh manusia Pithecanthropus dan banyak sekali ditemukan di daerah Pactitan, Jawa Tengah oleh Ralp Von Koenigswald, sehingga disebut juga dengan alat peninggalan kebudayaan Pacitan.

Selain di temukan di Pacitan, ternyata alat ini juga ditemukan di daerah Gombong (Jawa Tengah), Sukabumi (Jawa Barat), lahat, (Sumatra selatan), dan Goa Choukoutieen di Beijing.

Alat Peninggalan Zaman Batu 3 : Flakes
Flakes adalah peralatan manusia purba zaman batu yang berukuran kecil dan terbuat dari batu Chalcedon. Alat ini merupakan hasil dari kebudayaan Ngandong, kebudayaan yang alat – alatnya terbuat dari tulang hewan. Flakes digunakan untuk mengupas makanan. Selain itu, alat ini juga dimanfaatkan sebagai alat untuk berburu binatang, menangkap ikan, dan mengumpulkan ubi dan buah-buahan.

Alat Peninggalan Zaman Batu 4 : Pebble (Kapak Genggam Sumatera)
Pebble disebut juga dengan kapak genggam sumatera. Alat manusia purba zaman batu ini digunakan oleh manusia purba pada zaman mesolitikum dan dimanfatkan sebagai alat untuk memotong. Pabbel ditemukan oleh Dr. P.V. Van Stein Callenfels yang melakukan penelitian di bukit kerang pada tahun 1925. Alat ini terbuat dari batu kali yang dipecah – pecah menjadi pipihan – pipihan kecil yang tajam pada bagian ujungnya.
Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu dan Gambar

Alat Peninggalan Zaman Batu 5 : Peralatan dari tulang binatang atau tanduk rusa
Selain dari batu, alat peninggalan manusia purba zaman batu juga ditemukan ada yang terbuat dari tulang binatang dan tanduk rusa. Alat – alat ini digunakan oleh manusia purba pada masa paleolithikum yang menghasilkan kebudayaan Ngandong.

Pada umumnya, alat – alat yang terbuat dari tulang ini merupakan alat – alat penusuk (belati), seperti mata panah dan ujung tombak yang bergerigi. Alat – alat ini berfungsi sebagai alat pengorek ubi di dalam tanah, berburu dan menangkap ikan.

Alat Peninggalan Zaman Batu 6 : Hachecour (kapak pendek)
Hachecour atau disebut dengan kapak pendek merupakan alat manusia purba pada masa mesolitikum (zaman bat tengah). Kapak ini berbentuk setengah lingkaran yang lebih pendek daripada bentuk kapak saat ini. Hachecour juga ditemukan di tumpukan bukit kerang oleh Dr. P.V. Van Stein Callenfels pada tahun 1925.

Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu dan Gambar
Alat Peninggalan Zaman Batu 7 : Menhir
Menhir yaitu bangunan yang terbuat dari batu untuk pemujaan kepada roh – roh nenek moyang. Bangunan ini ada yang dibentuk tunggal da nada pula yang dibentuk berkelompok, seperti punden berundak – undak.

Alat Peninggalan Zaman Batu 8 : Pipisan
Selain kapak, pipisan juga ditemukan di dalam bukit – bukit kerang. Pipisan adalah batu – batuan penggiling beserta landasannya. Benda ini dimanfaatkan untuk menghaluskan makanan dan juga dipergunakan untuk menghaluskan cat merah yang terbuat dari tanah merah. Mereka menggunakan cat merah untuk kepentingan religius dan juga untuk ilmu sihir.

Alat Peninggalan Zaman Batu 9 : Punden Berundak-undak
Punden berundak-undak adalah sebuah bangunan yang terbuat dari batu dan disusun bertingkat-tingkat. Bangunan ini digunakan untuk tempat pemujaan bagi roh – roh nenek moyang.

Alat Peninggalan Zaman Batu 10 : Sarkofagus
Sarkofagus merupakan peti mayat atau keranda yang dibuat dari batu. Bentuk sarkofagus menyerupai lesung yang diberi tutup. Di dalam Sarkofagus ditemukan mayat beserta bekal kubur mereka, seperti periuk, kapak persegi, perhiasan dan benda-benda yang dibuat dari dari perunggu dan besi.
Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu dan Gambar

Alat Peninggalan Zaman Batu 11 : Dolmen
Dolmen adalah meja yang terbuat dari batu yang digunakan untuk meletakkan sesaji untuk pemujaan kepada roh leluhur. Di bagian bawah dolmen biasanya digunakan untuk meletakkan mayat, sehingga mayat tidak dimakan oleh binatang liar.

Alat Peninggalan Zaman Batu 12 : Arca batu
Arca/patung-patung dibuat dari batu – batu yang dibentuk menyerupai binatang atau manusia. Benda ini digunakan untuk keperluan upacara keagamaan pada zaman megalitikum.

Alat Peninggalan Zaman Batu 13 : Waruga
Waruga merupakan peti kubur pada zaman megalitikum. Di dalam waruga ditemukan bermacam – macam benda yang berupa tulang- tulang, dan gigi manusia, periuk dari tanah liat, benda- benda yang terbuat dari logam, seperti pedang, dan tombak, dan perhiasan.

1 komentar untuk "12 Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu dan Gambar + Penjelasan"

  1. wow ternyata itu toh peninggalan peninggalan pas jaman baru tapi keren keren banget aku suka
    makasih pembuat data ini semoga ilmu yang kupelajari dari data ini berkah amiin dan yang buat data ini sehat selalu ya

    BalasHapus