Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Sejarah : UAS Genap Terbaru

Latihan Soal Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru


Latihan Soal Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru


Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan lagi tambahan referensi soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X. Adapun yang menjadi fokus materi dalam soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X yaitu :
a.   Wujud Akulturasi Kebudayaan Hindu Buddha dengan Kebudayaan Nusantara
b.   Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara
c.   Perkembangan dam Akulturasi Islam di Nusantara

Soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X terdiri dari dua jenis, yaitu soal pilihan ganda dan soal esai. Berikut soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X.

Soal Pilihan Ganda Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru

1.      Berdasarkan berita dari Marcopolo, Islam telah berkembang di Nusantara disimpulkan berasal dari kunjungan Marcopolo di …
a.    Demak
b.    Aceh
c.    Kutai
d.    Malaka
e.    Samudra Pasai

2.      Berdasarkan makam Sultan Malik Al Saleh, disimpulkan bahwa Islam masuk ke Nusantara pada abad ke …
a.    11
b.    12
c.    13
d.    14
e.    15

3.      Golongan pembawa Islam ke Nusantara yang pertama adalah …
a.    kaum ulama
b.    para raja
c.    kaum sufi
d.    kaum pedagang
e.    kaum bnagsawan

4.      Di abwah ini yang menjelaskan mengenai kondisi sosial politik di nusantara pada masa kedatangan Islam adalah …
a.    masyarakat nusantara hidup dalam keanekaragaman penjajah bangsa barat
b.    banyak berdiri kerajaan-kerajaan hindu
c.    masyarakat masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme
d.    kerajaan-kerajaan hindu di nusantara silih berganti mengalami kemunduran
e.    kondisi masyarakat pendalaman sangat terbuka terhadap pengaruh asing

5.      Sultan Malik Al Saleh merupakan raja dari kerajaan …
a.    Pidie
b.    Sriwijaya
c.    Samudra pasai
d.    Aceh
e.    Malaka

6.      Pada masa pemerintahan Iskandar Sani, ilmu pengetahuan tentang Islam di kerajaan Aceh berkembang sangat pesat. kemajuan ini didukung oleh kehadiran …
a.    Kamalat Syah
b.    Sri Ratu Naqiyatuddin Nurul Alam
c.    Safiatuddin Tajul Alam
d.    Inayat Syah
e.    Nurudin Ar Raniri

7.      Kerajaan Demak mengalami kemunduran pada masa pemerintahan Sultan Prawoto disebabkan …
a.    banyak lerajaan kecil di Demak yang melepaskan diri
b.    terjadinya perebutan kekuasaan
c.    terjadinya bencana alam
d.    masuknya bangsa Portugis di Jawa
e.    mendapat serangan dari kerajaan Mataram

8.      Pada tahun 1651, Abdul Qadir mangkat dan tahta Banten diduduki oleh …
a.    Sultan Baabullah
b.    Sultan Ageng Tirtayasa
c.    Sultan Haji
d.    Sultan Khairun
e.    Sultan Hasanuddin

9.      Wilayah yang termasuk persekutuan sembilan (uli siwa) di Maluku adalah …
a.    Ambon
b.    Obi
c.    Bacan
d.    Seram
e.    Jailolo

10.   Para sultan dan pejabat tinggi rupanya juga menimba ilmu dari para ulama. Seperti halnya yang terjadi di kerajaan Islam yaitu kerajaan …
a.    Samudra Pasai
b.    Pajajran
c.    Kutai
d.    Majapahit
e.    Maluku

11.   Keberhasilan kerajaan Malaka dalam waktu singkat melakukan perubahan sikap dan konsepsi masyarakat terhadap agama, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan merupakan dampak dari kegiatan yang dilakukan yaitu …
a.    melakukan pertukaran pelajaran antara pelajar dari nusantara dengan pelajar dari Arab
b.    giat melaksanakan pengajian dan pendidikan Islam
c.    melakukan revolusi pemerintahan
d.    mengangkat para ulama sebagai perangkat pemerintahan
e.    rajin mendatangkan para ulama mancanegara

12.   Perhatian kerajaan Malaka yang tinggi terhadap pendidikan Islam menyebabkan …
a.    banyak sultan dari kerajaan Islam di Asia Tenggara yang datang ke Malaka
b.    roda pemerintahan berjalan baik dan lancar
c.    didirikan lembaga pendidikan Islam
d.    banyak ulama dari mancanegara yang datang ke Malaka
e.    menarik para penuntut ilmu dari berbagai kerajaan Islam di Afrika

13.   Ulama yang terkenal sebagai pelopor pendidikan Islam di Minagkabau adalah …
a.    Syekh Muhammad Baha’udin
b.    Syekh Abdul Muhyi al Garuti
c.    Syekh Yusuf al Makassari
d.    Syekh Abdurrahman Assegaf
e.    Syekh Burhanuddin Ulakan

14.   Ulama yang berjasa menyebarkan pendidikan Islam di Jawa Barat adalah …
a.    Syekh Muhammad Baha’udin
b.    Syekh Abdul Muhyi al Garuti
c.    Syekh Yusuf al Makassari
d.    Syekh Abdurrahman Assegaf
e.    Syekh Burhanuddin Ulakan

15.   Kerajaan-kerajaan Islam di nusantara telah merintis terwujudnya idiom kultural yang sama sebagai pendorong terjadinya interaksi budaya yang makin erat, yaitu …
a.    Islam
b.    jaringan
c.    akulturasi
d.    kesultanan
e.    integrasi

16.   Banten sudah menjadi pusat ilmu pengetahuan Islam di pulau Jawa pada abad ke …
a.    14
b.    15
c.    16
d.    17
e.    18

17.   Pendidikan agama cukup menonjol ketika Belanda datang untuk pertama kalinya pada 1596 dan menyaksikan bahwa orang-orang Banten memiliki guru-guru yang berasal dari Mekkah.  Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
a.    Fransen van der Putte
b.    Martin van Bruinessen
c.    B.D van Rietschoten
d.    Jan Huygen Linshoten
e.    JC van Leur

18.   Banyak sultan Palembang yang mendorong perkembangan intelektual keagamaan, salah satunya adalah …
a.    Sultan Muhammad Bahauddin
b.    Sultan Iskandar Muda
c.    Sultan Ahmad Burhanuddin
d.    Sultan Burhanuddin Ulakan
e.    Sultan Hasanuddin Muda

19.   Perhatian Sultan Palembang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan Islam tercermin pada …
a.    keberadaan pondok pesantren dan masjid di daerah karaton
b.    datangya para ulama besar dari mancanegara terutama Timur Tengah
c.    giat melaksanakan pengajian dan pendidikan Islam
d.    keberadaan perpustakaan keraton yang memiliki koleksi yang cukup lengkap dan rapi
e.    dilakukannya pertukaran pelajar muslim antar kerajaan atau kesultanan di nusantara

20.   Semua ilmu yang diberikan di lembaga pendidikan Islam di nusantara ditulis dalam aksara …
a.    Palawa
b.    Jawi
c.    Arab
d.    Pegon
e.    Jawa

21.   Sebutan untuk aksara Arab di Melayu adalah …
a.    huruf Palawa
b.    huruf Jawi
c.    huruf Arab
d.    huruf Pegon
e.    huruf Kawi

22.   Tujuan pembentukan kasta dalam agama hindu yaitu …
a.    pengaturan upacara keagamaan
b.    agar ada perkawinan dalam satu kasta
c.    agar jelas perbedaan antar kasta
d.    untuk menjaga kemurnian ras bangsa Arya
e.    agar murni tidak campur aduk antar kasta

23.   Fungsi-fungsi dari masjid di nusantara yang berada dalam pemukiman penduduk dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat adalah …
a.    pemberian berbagai pesan dan ajaran tentang kehidupan beragama
b.    tempat untuk beribadah dan bersosialisasi antar masyarakat
c.    pengajaran dan pendidikan untuk keluarga kurang mampu
d.    tempat untuk bersembunyi dan berlindng dari serangan penjajah
e.    pengajaran dan pendidikan untuk masyarakat umum

24.   Bahasa dari negara India yang pengaruhnya paling kuat terhadap bahasa di Nusantara adalah …
a.    Pallawa
b.    Saka
c.    Pali
d.    Sansekerta
e.    Hindi

25.   Ajaran agama Islam yang masuk dan berkembang di Nusantara adalah mengajarkan …
a.    semangat gotong royong dalam hal kebaikan di lingkungan kelompoknya
b.    perbedaan antara agama Islam dan agama lain
c.    kebersamaan dan mengembangkan toleransi dalam kehidupan beragama
d.    kebebasan dalam berekspresi dan pergaulan
e.    kebersamaan dan kebebasan dalam menikmati kegidupan

26.   kegiatan perdagangan dan pelayaran pada umumnya berlangsung dalam waktu yang lama sehingga menimbulkan …
a.    pergaulan dan hubungan kebudayaan antara para pedagang satu dan pedagang lain
b.    pertengkaran dan perselisihan antara para pedagang dengan penduduk setempat
c.    ketertarikan penduduk setempat dengan para pedagang mengenai ilmu dagang
d.    pergaulan dan hubungan antara pedagang dan penduduk setempat
e.    kecurigaan penduduk setempat terhadap para pedagang asing

27.   Pengaruh kebudayaan India terhadap kebudayaan nusantara tampak pada kepercayaan masyarakat, berupa …
a.    anggapan setiap benda mati memiliki roh
b.    anggapan bahwa roh nenek moyang selalu berada di sekelilingnya
c.    seni menciptakan tempat pemujaan
d.    cara bercocok tanam
e.    adanya anggapan bahwa raja sebagai keturunan dewa

28.   Di Asia Tenggara, bandar perdagangan terbesar pada saat itu adalah …
a.    Malaka
b.    Sunda Kelapa
c.    Aceh
d.    Tuban
e.    Pasai

29.   Pengaruh kebudayaan Hindu Buddha di nusantara dalam bidang politik adalah …
a.    pemilihan raja didasarkan pada kasta
b.    hubungan penguasa dan rakyat adlalah hubungan manusia dengan dewa
c.    pergantian pimpinan masyarakat didasarkan pada keturunan
d.    gelar yang dipakai pemimpin adalah datuk
e.    pemimpin masyarakat dipilih berdasarkan kastanya

30.   Jika tidak memiliki kesamaan bahasa, persatuan tidak terjadi karena di antara suku bangsa timbul …
a.    perbedaan kebutuhan dan kebudayaan
b.    ketertarikan menguasai bangsa lain
c.    kecurigaan dan prasangka lain
d.    perpecahan dan peeprangan antarsuku
e.    rasa iri dan ingi menang sendiri

31.   Bukti penggunaan bahasa sansekerta di nusantara dapat dilihat dari …
a.    bahasa sansekerta digunakan sebagai bahasa resmi istana
b.    penulisan prasasti peninggalan kerajaan Hindu Buddha yang menggunakan bahasa sansekerta
c.    banyak naskah kuno yang ditemukan di nusantara berbahasa sansekerta
d.    banyak kitab dari zaman Hindu Buddha yang menggunakan bahasa sansekerta
e.    bahasa sansekerta digunakan sebagai bahasa pengantar

32.   Sebelum agama Hindu dan Budha masuk, penduduk nusantara menggunakan bahasa daerah atau lokal, yaitu bahasa …
a.    sansekerta dan sidddham
b.    prenagari dan melayu kuno
c.    nagari dan jawa kuno
d.    jawa kuno dan melayu kuno
e.    pallawa dan melayu kuno

33.   Pengaruh Hindu Buddha dalam sistem pemerintahan, salah satunya adalah konsep pendeta ratu, yang artinya adalah raja …
a.    yang nomor satu di antara sesamanya
b.    biasanya menghormati para Brahmana
c.    berasal dari diangkat dari kepala suku
d.    dianggap sebagai wakil tuhan di dunia
e.    merupakan titisan dewa

34.   Berikut ini yang bukan termasuk bentuk peninggalan sejarah yang becorak Hindu Buddha adalah …
a.    Kaligrafi
b.    wayang
c.    candi
d.    seni sastra
e.    stupa

35.   Tradisi masyarakat nusantara yang dipengaruhi oleh kebudayaan nusantara lama dan kebudayaan Hindu Buddha adalah …
a.    berziarah
b.    bertapa
c.    memelihara anak yatim piatu
d.    berpuasa
e.    menjaga benda pusaka

36.   Letak nusantara yang strategis memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam bidang budaya, misalnya yaitu …
a.    masyarakat nusantara mengenal corak arsitektur yang baru seperti candi dan masjid
b.    masyarakat nusantara mulai membentuk kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha
c.    pulau-pulau dinusantara dikunjungi banyak pedagang asing
d.    masyarakat nusantara sering mengalami peperangan antarsesama karena perbedaan keyakinan
e.    masyarakat nusantara mulai membentuk kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha

37.   Bangunan masjid yang menunjukkan unsur budaya nusantara terlihat pada bagian …
a.    tempat imam
b.    pintu gerbang
c.    tiang penyangga
d.    atap tumpang
e.    bentuk fisik

38.   Aksara arab yang digunakan untuk menulis bahasa aceh dan melayu disebut dengan aksara …
a.    Hanacaraka
b.    Siddham
c.    Ajwa
d.    Pallawa
e.    Pegon

39.   Pada zaman Walisanga, karya sastra yang erat kaitannya dengan masalah agama, yaitu …
a.    sajak
b.    syair
c.    puisi
d.    suluk bonang
e.    naskah drama

40.   Karya sastra yang ditulis oleh Hamzah Fansuri di bawah ini adalah …
a.    Lelakon Mesda Kuminir
b.    Hikayat Cekel Weneng Pati
c.    Syair Perahu
d.    Syair Ken Tumbunan
e.    Hikayat Panji Kuda Sumirang

41.   Berikut ini yang termasuk salah satu tokoh sufi yaitu …
a.    Cheng Ho
b.    Raden Patah
c.    Hamzah Fansuri
d.    Raden Rahmad
e.    Syekh Maulana Malik Ibrahim

42.   Penganut tradisi kebatinan kebanyakan orang adalah …
a.    Arab
b.    Melayu
c.    Sunda
d.    Jawa
e.    Batak

43.   Penggunaan sesaji dan bunga tabur dalam tradisi ziarah kubur merupakan bentuk akulturasi antara …
a.    tradisi Buddha dan lokal
b.    terdisi lokal dan hindu
c.    tradisi islam dan lokal
d.    tradisi islam dan Hundu Buddha
e.    tradisi Hindu dan Buddha

44.   Berikut ini adalah contoh perayaan yang menunjukkan adanya percampuran antara unsur tradisi islam dengan tradisi lokal
a.    hari raya asyuro
b.    sekaten
c.    hari raya idul fitri
d.    ziarah kubur
e.    hari raya idul adha

45.   Sistem kalender yang diciptakan sultan agung mengganti bulan muharrom diganti dengan bulan …
a.    Pasa
b.    Mulud
c.    Sura
d.    Besar
e.    Sapar

Soal Esai Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru

1.      Jelaskan begaimana proses islamisasi di jawa salah satunya melalui dakwah!
2.      Bagaimana isi pernyataan Martin van Bruinessen tentang pendidikan agama di banten!
3.      Jelaskan bahwa bahasa juga memiliki peran yang strategis dalam proses integrasi di nusantara!
4.      Bagaimana tradisi religius lokal sebelum kedatangan agama Hindu Buddha maupun Islam!
5.      berikan contoh seni tari yang telah mendapat pengaruh dari Islam!

Demikian latihan soal mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X. Semoga bermanfat bagi para pembaca. Apabila pembaca belum puas, silahkan baca juga :

Sumber : Buku Pendamping Sejarah Indonesia karya Utami MS, Solo : CV HaKa MJ

Posting Komentar untuk "Soal Sejarah : UAS Genap Terbaru"